12.09.2015

Rontok-Kan Karang Gigi dengan "Scalling"


Menjaga kesehatan gigi dan mulut saya rasa adalah hal yang sangat penting bagi setiap orang, bukan hanya penting bagi diri sendiri tapi ini juga penting buat orang lain. Menggosok gigi dua kali sehari adalah salah satu cara untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut, agar terhindar dari sakit gigi, bau mulut, sariawan dan penyakit mulut lainnya. Jangan sampai deh yaa kita kena sakit gigi sariawan dan penyakit gigi lainnya, meskipun terliat sepele tapi percaya deh itu bisa bikin hari kamu berantakan.

Tapi meskipun saya merasa sudah merawat gigi dengan rajin, ternyata menggosok gigi saja tidak cukup karna saya masih bermasalah dengan plak atau karang gigi. Saya sudah lama berencana pergi ke klinik gigi untuk membersihkan karang gigi, tapi selalu saja tertunda karena ternyata biaya untuk membersihkan gigi diklinik yang saya mau cukup mahal dan saat dihitung-hitung cukup menguras isi dompet. Nah kebetulan salah satu temen saya ada yang dengan antusias bercerita bahwa pada saat dia jalan-jalan di Mall yang berada dibilangan jakarta selatan dia melihat ada klinik gigi yang sedang mengadakan promo untuk scalling, Namanya juga cewe pas denger kata promo langsung deh merapat dan dengan fokus mendengarkan cerita si teman saya ini. Singkat cerita saya dan teman-teman yang lain tertariklah dengan apa yang diceritakan oleh teman saya ini dan kami berencana pergi kesana bersama-sama. Sebenarnya sudah lama sekali saya tidak pernah pergi ke dokter gigi, seingat saya terakhir kali bertemu dengan dokter gigi yaitu pas cabut gigi saat saya SD, kebayangkan udah lama banget.

Sepulang kerja berangkatlah kami menuju Mall Kalibata, tapi ada sedikit masalah ternyata kami salah masuk mall. Mall yang dimaksud teman saya adalah Plaza Kalibata Mall dan karena teman saya itu berangkat terpisah jadinya kami malah menuju ke Mall Kalibata City, Kami yang memang belum tau tempatnya dengan santai muter-muter aja didalam mall, pas teman saya telpon barulah kami tau bahwa kami salah masuk mall, untungnya Plaza Kalibata dan Kalibata City Mall tidak terlalu jauh jaraknya jadi kami bisa menuju ke plaza kalibata dengan jalan kaki.

Setelah berjalan sekitar 15 menit sampailah kami ditempat yang dituju, mall-nya tidak terlalu besar hanya 3 lantai saja sehingga kami tidak kesulitan menemukan tempat yang ditunjukan teman saya. Klinik gigi ini berada dilantai 1, tapi jangan salah di plaza kalibata mall ii lantai 1 adalah lantai paling atas, karena lantai bawahnya adalah Under Ground dan Ground. Teman saya sudah menunggu didepan klinik dengan muka sedikit panik, mungkin takut-takut kami nyasar lagi , hhee




Pada saat ditunjukan tempatnya, saya dan teman-teman yang lain cukup terkejut karena desain klinik ini cukup unik berbeda dengan klinik-klinik pada umumnya desainnya All About Hello Kitty, dari mulai papan layar didepan, pintu, kaca depan semuanya didesain dengan warna pin dan menggunakan gambar tempelam hello Kitty. Pada saat masuk ke ruangan semakin jelas pernak-pernik ruangan yang penuh dengan hello kitty, sepertinya yang punya klinik ini suka banget nih sama hello kitty, atau mungkin sengaja didesain seperti ini agar pas ada anak kecil yang datang ke klinik merasa nyaman dan tidak takut. Secara anak kecil kalo udah dengar kata Dokter Gigi langsung deh nangis jerit-jerit ketakutan.




Klinik ini bernama Friendly dental Care, dokternya hanya satu disini mungkin lebih tepat di sebut petugas kali ya, karna saya juga gk tau dia dokter atau bukan. Klinik ini terdiri dari 4 ruangan, pertama ruangan receptionistnya yang pada saat kami datang sudah pulang, lalu ada ruang tunggu pasien, selanjutnya ruang tindakan ( saya buat sendiri nama-nama ruangannya disesuaikan dengan nama-ruangan di RS dan disesuaikan juga dengan fungsinya) terakhir ruang gudang kemungkinan karena pada saat itu lampunya mati jadi tidak terlalu jelas.
Selanjutnya kami dipersilahkan satu persatu masuk keruangan, kebetulan aku dapat giliran pertama, lumayan tegang juga karena ini kali pertama aku mencoba scalling. pertama-tama gigi bawah bagian dalamnya dioles cairan obat entah apa, mungkin agar karang-karang giginya bisa rontok kali ya, dan mulailah si dokter menyalakan si scaller yaitu alat yang digunakan untuk scalling



Wooow ngilu ternyata pada saat si scaller menyentuh gigi, berasa sariawan. Dimeja kecil sudah disediakan air dia gelas plastik untuk kumur-kumur dan membuang karang gigi yang sudah rontok, proses itu dilakukan berulang-ulang sampai semua karang gigi berhasil dirontokkan.
setelah selesai gigi saya disemprot menggunakan mini semprotan angin untuk membuang sisa-sisa rontokan plak yang mungkin tertinggal disela-sela gigi.
Dan taaraaaa.. hasilnya karang-karang gigi saya rontoklah sudah, memang sii rasaanya jadi agak aneh berasa ngilu dan kayak lagi sariawan gitu. Tapi yang penting sekarang sudah tidak ada karang-karang bandek yang menghuni sela-sela gigi saya. Dokter menyarankan 6 bulan sekali harus ke dokter gigi lagi untuk check up gigi. Nah karena ini sedang Promo maka biaya yang perlu kami bayar hanya Rp.100.000 saja, lumayan murahkan.



Oke sedikit nih saya bahas dulu apa sii itu karang gigi atau yang di sebut juga Calculus apa sebagus karang-karang di tepi lautan, atau mungkim seindah terumbu karang yang ada didasar laut, jawabannya tidak bagus dan tidak indah sama sekali. jadi, Karang gigi adalah kumpulan plak dari sisa-sisa makanan yang tidak dibersihkan dan terdeposit dalam waktu yang lama. Nah karang gigi ini tidak bisa dibersihkan hanya dengan sikat gigi harus dengan alat khusus yang bernama Scaller, Proses pembersiha karang gigi sendiri disebut dengan Scalling.
Ciri-ciri dari karang gigi yaitu berwarna cokelat/ hijau/ putih biasa terlihat disela-sela gigi. 
Karang gigi terdiri dari 2 macam: 
  1. Calculus Supra Ginggiva yaitu karang yang terletak diatas gusi  atau di permukaan gigi yang tampak dirongga mulut
  2. Calculus Sub Ginggiva yaitu karang yang terletak dibawah gusi diatas permukaan akar gigi sehingga tidak tampak dirongga gigi.
Apa siih akibat yang yang timbul apabila karang gigi tidak dibersihkan ??!!
1|  Bau Mulut
     Pasti pada gak  mau kan kalo punya Bau mulut, takutnya orang-orang gak nyaman pas ngobrol sama kita.
2|   Peradangan Gusi / Ginggivitis, peradangan gusi ditandai dengan warna gusi kemerahan, mengkilat, dan sedikit pembengkakan. jika dibiarkan maka akan menyebabkan gusi berdarah pada saat gosok gigi.
3|   Peradangan jaringan Periodontal / Periodonkitis, jika peradangan sudah mengenai periodontal maka gigi akan goyah  dan terlepas dengan sendirinya.

Nah sekian dulu cerita dari saya tentang Scalling, semoga bermanfaat. Kalo ada yang mau berbagi cerita yang sama, atau mungkin mau rekomendasi tempat yang lebih ok , sok silahkan ditunggu.banget komentarnya ya.. ^
-^

4 komentar:

  1. Wiih mau juga deh pembersihan karang gigi. Udah lama gak ke dokter gigi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba boleh dicoba, aku juga baru pertama kali.. hhi
      mba anisa terimakasih mau mampir di blog aku yang masih under-construction, semoga bisa sering2 mampir ya mba

      Hapus
  2. dekorasi ruangannya bagus.gak menakutkan bagi anak2 hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya dibuat seceria mungkin mas.
      Terimakasih sdh mampir

      Hapus

Terimakasih sudah berkomentar yang positif yaa.. Jangan ragu untuk memberi saran dan tanggapan positif, untuk curhat pengalaman juga boleh feel free selama masih sopan
Salam hangat dari Mojang Ciamis

COPYRIGHT © 2017 · MUDRIKAH STORIES | THEME BY RUMAH ES