7.23.2016

Cerita Lebaran Asyik Call Center

"Lebaran sebentar lagi Berpuasa sekeluarga

Sehari penuh yang sudah besar Setengah hari yang masih kecil

Alangkah asyik pergi ke masjid Shalat tarawih bersama

Lebaran sebentar lagi Berpuasa dengan gembira

Menahan lapar menahan nafsu Melatih diri sedari kecil

Membaca Qur'an Shalat Tarawih Melatih iman sedari kecil


Sesudah saling bermaafan Dengan penuh keikhlasan

Ya Tuhan mohon keridhoan Sepenuh kasih dan sayang


Lebaran sebentar  lagiTak ada miskin tak ada kaya

Semua sama di depan Tuhan Yang berbeda cuma amalnya
Semua ingin Lailatul Qadar Semoga kita mendapatkannya"
Sepertinya belum lama mendengar lagu ini diputar di mall-mall atau dinyanyikan oleh orang-orang untuk sekedar bersenandung dibulan ramadhan. tidak terasa sekarang sudah memasuki minggu ke-3 dibulan Syawal. Sekarang kita semua sudah memasuki aktivitas normal. tapi buatku momment lebaran kemarin masih menyisakan kerinduan pada rumah dan keluarga dikampung halaman.


Rasanya masih belum puas berkumpul dengan keluarga dirumah, bertemu sanak saudara jauh yang notabene kami hanya bertemu setahun sekali di momment hari raya idul fitri. Masih kurang rasanya
waktu untuk berkumpul bersama teman lama, juga merasakan berbagai makanan khas lebaran yang memang sengaja dibuat saat hari lebaran.

Ya, ini adalah cerita lebaranku tahun ini, Cerita lebaran dari seorang Call Center yang menurut tetangga dan keluargaku kurang lazim karena hanya libur 3 hari yaitu H-1, Hari H lebaran dan H+1 lebaran, besoknya aku sudah stay lagi di Jakarta. Tapi meski bagaimanapun keadaannya lebaram ini tetap sangat berarti buatku. Sebenarnya tidak selalu setiap lebaran aku dapat libur yang hanya sebentar tapi kebetulan tahun ini cuti yg bisa diajukan cuma sedikit jadi ya apa boleh buat liburnya suma seadanya.

Oke balik lagi ke cerita lebaranku tahun ini !
Dari semua hal yang mungkin menurut saudara-saudaraku kurang lazim aku masih merasa bersyukur karena aku bisa pulang kerumah H-1 jadi aku masih bisa bantu mamahku dirumah buat beres-beres rumah atau sekedar ngerecokin didapur saat masak untuk hari lebaran.
Berhubung sekarang dirumah ada nenek yang sedang sakit dan tidak bisa bangun dari tempat tidur jadi semua kebutuhannya harus dilakukan dikamar, nenekku ini sudah uzur dan sekarang menjadi tugas anak-anaknya-lah untuk mengurus beliau.

Mudik dari Serang - Banten ke Jakarta
H-3 kakak sekeluarga sudah brsiap mudik ke ciamis dan aku yang kebetulan abis main dari sana ikutlah bersama mereka sampai jakarta, meskipun hanya seperempat jalan setidaknya aku merasakan sedikit momment mudik bersama keluarga.
mudik bersama keluarga kakak
Beneran Mudik
Nah kalau sekarang aku beneran mudik nih berangkat menuju ciamis menggunkana bis budiman jurusan Bekasi-Banjarsari, kebetulan di terminal ketemu sama om sekeluarga yang juga baru mudik, jadi ada temennya deh. dan alhamdulillah perjalanan malam kami lancar tanpa macet.
Suasana Mudik Bis Bekasi-Banjarsari
Time To Cooking
Hari lebaran identik dengan ketupat yang dipasangkan dengan opor ayam, tapi kalau dirumahku jarang masak opor ayam kami punya menu favorite yaitu Lengko Ayam. Kami menggunakan ayam kampung untuk memasak lengkonya, ayamnya motong sendiri lho hasil peliharaan dibelakang rumah. Sebelumnya bapak juga sudah menangkap ikan gurame dari kolam belakang rumah, Alhamdulillah si gurame ini masih bisa tumbuh subur meskipun didaerahku sering kekeringan, kata bapak sih umurnya udah sekitar 3 tahun. Si ikannya dimasak Pindang gunung, salah satu masakan kesukaan keluarga.
Yang nyiapin bumbu-bumbu dan lainnya tentunya mama aku, aku sama ade cm bantuin bersihin bulu ayam sama bersihin si ikan guramenya.
Nah tinggal buat ketupatnya deh sekarang, oia Fyi dirumahku masih ada tungku buat masak jadi selain masak dikompor gas mamahku juga masih pakai tungku kayu bakar buat masak,  lumayan bisa menghemat gas karena di daerahku masih banyak pohon-pohonan yang bisa dijadikan kayu bakar.
ikan gurame
Kue Lebaran
Selain ketupat hal yang pasti ada adalah kue lebaran, lebaran kali ini mamahku tidak membuat banyak makanan karna yaitu tadi waktunya lebih banyak buat merawat neneku, jadi kue-kue lebarannya kebanyakn beli. Tapi kemarin mamahku masih sempat buat kue kacang sama seroja, ini salah satu makanan favorit sepupuku kalau kerumah pasti mintanya seroja. Buat yang belum tahu seroja mungkin sebagian kenal dengan nama kembang goyang, tapi kalau kembang goyang rasanya manis nah si seroja ini rasanya gurih.

Malam Takbir
Allohu Akbar Allohu Akbar Walillahilham.. suara takbir lantang berkumandang di malam takbir menyambut hari kemenangan yang besok akan segera tiba. Ini adalah malam takbir dikampungku yang jauh dari keramaian kota, yang terdengar hanya alunan takbir di setiap masjid dan mushola, sesekali terdengar suara petasan dan kembang api tapi tidak banyak hanya sebagian kecil anak-anak yang memainkannya.

Solat Ied
Solat Ied kali ini bukan rezekiku untuk bisa ikut serta solat sunah berjamaan dimesjid, kerena tamu agung tiap bulan sedang datang jadi aku bertugas jaga nenek dirumah, karena memang neneku tidak bisa ditinggal lama disambi juga dengan nyiapin makanan buat yang nanti pulang dari masjid.

Sungkeman

Saat-saat yang paling sakral dihari lebaran adalah saat kita semua saling meminta maaf atas segala kesalahan baik yang disengaja atau tidak disengaja, yang tadinya aku udah nguat-nguatin gak bakalan nangis tetep aja bocor juga bendungan airmatanya, kan sayang ya bedak sama blush on pinknya luntur . hhee
Paginya kami berkeliling ke rumah tetangga dan keluarga dekat, di jalanan riuh oleh ucapan maaf karena sebagian kita bertemu dijalanan saat berkeliling. kemudian kami menuju kerumah saudara yang agak jauh alhamdulillah ada mamang sm bibi yang gantian jagain nenek dirumah

Bakso Hunter
Diantara teman-teman aku yakin hampir semua suka bakso, iyakan. Nah begitu juga meskipun dirumah sudah masak banyak makanan tapi tetap saja masih pengen nyoba si bakso. Apalag.i krucil-krucil udah nagih bakso terus jadilah sore saat perjalanan pulang kita mampir beli bakso, antriannya cukup panjang, banyak juga teryta yang beli baksonya. Bakso memang Never Dies.
Bakso Dimas Banjarsari
H+1 Lebaran
H+1 aku gak kemana-kemana ternyata banyak saudara jauh yang datang berkunjung kerumah, lagipula aku harus siap-siap buat berangkat lagi ke jakarta nanti malam. Jadi ya dirumah aja deh sekalian istirahat, setelah bersibuk-sibuk ria dari kemarin.

Early Arus Balik - Welcome Jakarta
Perjalanan arus balik sudah menanti, oleh-oleh sudah disiapkan dari siang, sebenarnya masih banyak rencana diliburan ini, H+3 Halal bihalal keluarga besar, H+4 rencana pergi ke tempat wisata bersama ponakan-ponakan, undangan pernikahan teman SMP dan semuanya just say Goodbye Ciamis.
Perjalanan arus baliknya sedikit macet padahal belum sampai dipuncak arus balik, perjalanan yang biasanya memakan waktu sekitar 8 jam kali ini ditempuh sekitar 10 jam dan ini buat aku ketar-ketir karena jadwal masuk kerja jam6 pagi.. aduuh pliiss jangan sampai telat, bisa panjang urusannya.
Tapi alhamdulillah setengah jam sebelumnya aku sudah sampai kantor dan momment lebaranku diteruskan ditempat kerja menikmati kerja yang lumayan santai juga bisa mencicipi menu lebaran dari temen-teman yang lain.
Sering dengerkan celotehan "buat dosanya dijakarta, lebarannya dikampung", iya juga sih tiap hari becanda, saling ejek, suka main bully-bullyan sm temen2, dihari yg Fitri ini mari kitabbebaskan semua kesalahan.
lebaran bersama teman kantor
Lebaran yang biasa tapi akan menjadi luar biasa apabila kita bisa mensyukuri setiap proses didalamnya, bersyukur sebanyak-banyaknya karena salah satu tujuan dari berpuasa di bulan ramadhan adalah agar kita juga bisa merasakan saudara-saudara kita yang kekurangan dan tidak setiap hari bisa mendapatkan makanan yang layak, alhamdulillah kita semua bisa sampai dihari kemenangan.

Agar silaturahmi kita lebih lengkap Yuu ikut acara dari Diaryhijaber.com teman-teman.
Nama Acara :  Hari Hijaber Nasional ..
Tanggal 07 Agustus - 08 Agustus 2016, 
Tempatnya : Masjid Agung Sunda Kelapa, Menteng Jakarta Pusat.
Bakalan banyak acara seru buat kita semua.

Semoga kita beruntung bisa ketemu di acaranya ya, insya alloh.

Sumber :
Diaryhijaber.com
kapanlagi.com



23 komentar:

  1. Balasan
    1. Mb althaf cantiik.. blognya apa yah, aku mau berkunjung juga.. hee

      Hapus
  2. Kalo masaknya pake tungku aku malah suka, ada aroma enaknya hihi

    BalasHapus
  3. Sama ama jurnalis ya, mba. Tapi mba lumayan tuh bisa libur tiga hari. Aku dulu pas lebaran malah on duty. Tahun lalu libur pas lebaran kedua dan ketiga. Tapi tahun ini lumayan panjang hari liburannya. Hihii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya hampir sma mb, layanan publik hampir semua totalitas di waktu

      Hapus
  4. Balasan
    1. Lokasi pencarian pundi-pundi dollar ya mba Nurul.. hhee

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  5. temen2ku di call centre juga cerita mereka malah ga bisa cuti mbak, kalopun ada yg diksh cuti, itu cuma beberapa org, dan muslim.. jd pas natal nanti, ya tukeran ama yg kristen.. call centre di bankku ttp harus 24 jam ada soalnya.. kadang takjub juga dgr cerita mereka, ga kebayang pas hari di mana departemen2 yg lain bisa libur, mereka malah ga bisa.. iya sih kalo dgr ceritanya, positifnya 1, lemburannya jd gede banget hahaha ;D.. kalo di departmenku malah diusahain ga boleh lembur soalnya :D

    anyway.... mohon maaf lahir bathin ya mba... masih suasana lebarankan ini ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf lahir batin juga Mb.. Iya positifnya lemburnya jadi bnyak m. Hhee

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  6. Hehehe, temanku call center jaga kandang dia mak alias kerja hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih nungguin nasabah nelpon mba

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  7. kalo bagian CS gitu biasanya emang sebentar ya mbak liburnya. kalo kelamaan, kesian para customer mau mengadu kemana? kalian lah tempat mengadu.
    hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hhe iya mba Ratu.. Setia melayani nasabah

      Hapus
  8. saya nggak pernah beli bakso bila lebaran, langsung mampir ke rumah teman2 yang emang biasa menyediakan aja, hahaha.
    Selamat Hari Raya ya, nggak apa ya udah lewat :)

    BalasHapus
  9. Dedikasi ya Siti :)
    Pasti suatu saat bisa berlebarang lebih lama ya di kampung.

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkomentar yang positif yaa.. Jangan ragu untuk memberi saran dan tanggapan positif, untuk curhat pengalaman juga boleh feel free selama masih sopan
Salam hangat dari Mojang Ciamis

COPYRIGHT © 2017 · MUDRIKAH STORIES | THEME BY RUMAH ES