8.16.2016

Makna Sebuah Penghargaan Dalam Kesederhanaan


Makna Sebuah Penghargaan Dalam Kesederhanaan. Semarak nuansa merah putih memenuhi setiap sudut kota, hampir disemua tempat dilengkapi dengan atribut merah putih lengkap dengan tulisan” Dirgahayu Republik Indonesia” bulan agustus merupakan bulan yang sangat istimewa bagi bangsa Indonesia karena 71 tahun yang lalu pertama kali diikrarkannya proklamasi kemerdekaan republik Indonesia. Semua warga sangat antusias menyambut moment berharga ini, berbagai acara sengaja diadakan untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun RI. Didaerahku sudah dua minggu ini diadakan lomba sepakbola antar RW, kemudian lomba MTQ, cerdas cermat, lomba Adzan dan lainnya yang diikuti anak-anak setara SD dan SMP. Semua antusiasme ini adalah penghargaan sederhana para warga untuk menghormati perjuangan para pahlawan demi meraih kemerdekaan.
“ Bangsa Yang Besar adalah Bangsa yang Menghargai Jasa Pahlawannya”
Masih ingatkan Quotes dari Presiden Soekarno? Apalah jadinya kita sekarang tanpa para pahlawan yang berjuang mengorbankan jiwa dan raga demi kemerdekaan bangsa Indonesia, jadi sudah selayaknya kita memberikan penghargaan sebesar-besarnya untuk perjuangan para pahlawan misalnya dengan cara belajar yang rajin bagi yang masih sekolah atau kuliah, dan bagi yang sudah bekerja kita bisa menyumbangkan keahlian kita untuk kemajuan bangsa Indonesia.

Tapi apakah teman-teman pernah berfikir sejauh mana kita memaknai suatu penghargaan dalam kehidupan sehari-hari, sudahkah kita memberikan penghargaan pada orang-orang terdekat kita, atau mungkin kita sering diberi penghargaan dari orang lain?
Saat ditanya pentingkah suatu penghargaan diberikan kepada seseorang? Aku akan jawab Ya, penghargaan memang penting diberikan pada siapapun yang layak untuk mendapatkannya.

Jujur aku sendiri sering mengharapkan mendapat penghargaan dari berbagai hal, seperti hadiah saat mendapat rangking pertama atau saat mengikuti perlombaan pasti berharap ingin menang dan mendapat hadiah. Aku rasa itu hal yang wajar bagi setiap orang selama masih dalam takaran normal, memang setiap orang layak diberi penghargaan untuk prestasi yang sudah dia capai.

Memangnya apa pentingnya sih suatu penghargaan bagi orang yang mendapatkannya ?
  • Penghargaan membuat orang merasa percaya diri
  • Penghargan membuat orang lebih bersemangat untuk terus menjadi lebih baik
  • Penghargaan membuat orang merasa disayangi dan dicintai
Penghargaan dari Keluarga
Siapa disini yang gak seneng kalau dikasih apresiasi sama keluarga sendiri, ahh aku bisa menangis terharu kalau membahas penghargaan dari keluarga. Keluarga adalah tempat terdekat kita untuk berbagi suka dan duka dan tidak ada salahnya memberikan suatu penghargaan pada sesama anggota keluarga. Doa dari orangtua adalah penghargaan tidak ternilai bagiku, karena dengan doa dari orangtua aku percaya pintu-pintu rezeki akan dibukakan lebar oleh Alloh SWT.

Penghargaan Saat Bekerja
Aku sendiri bekerja sebagai call center yang notabene harus berkecimpung dibidang pelayanan publik, dari judulnya pun sudah jelas call center adalah pusat informasi yang pasti akan dihubungi oleh konsumen atau nasabah saat membutuhkan informasi atau mengalami kendala dengan produk atau jasa yang digunakan dari perusahaan tempatku bekerja, nah apresiasi terbesar adalah saat aku bisa membantu nasabah dan si nasabahnya ini merasa terbantu setelah menghubungi dan menerima informasi yang dia butuhkan. Saat mendengar ucapan terima kasih dari nasabah apalagi dengar diberi embel-embel doa “selamat bekerja ya mba” atau “ semoga harinya menyenangkan” itu saja sudah menjadi kepuasan tersendiri bagiku, ucapan doa mereka sudah cukup untuk meninggalkan senyum bahagia karena telah berhasil membantu orang lain.

Voucher Belanja Sebagai bentuk Penghargaan
Zaman sekarang media pembayaran tidak melulu dengan uang cash sudah banyak media yang bisa dijadikan alat pembayaran salah satunya adalah voucher belanja. Kertas sakti yang jadi favorite ibu-ibu ini sekarang sedang menjadi primadona dimana-mana, coba aja sebutin voucher belanja gratis pasti matanya pada berbinar-binar semua deh pas denger.. hhee *guebanget*

Sekitar 2 minggu lalu aku mengikuti sebuah event yang saat pulang kami para peserta diberikan goodie bag sebagai buah tangan, saat sampai rumah surprise banget aku dapat Sodexo Gift Pass senilai Rp. 300.000. dalam hati ya ampun ini rezeki banget Alhamdulillah.
Sejenak aku bingung wah mau dipake belanja apa nih vouchernya karna aku belum tahu dimana aja merchant yang bisa terima penukaran Voucher Belanja Sodexo, lalu aku cari deh list Merchant Sodexo untuk melihat nama-nama merchantnya, dan sekarang ganti deh bingungnya yang tadinya bingung karena gak tahu merchant mana saja yang bekerja sama, sekarang bingung karena banyak banget ternyata merchant yang kerjasama dengan sodexo, dan semuanya merchant-merchant Favorite, secara Sodexo ini adalah Voucher Belanja No.1 di Indonesia yang dapat digunakan di lebih dari 14000 outlet di Indonesia.

Akhirnya aku putuskan buat pakai Voucher Belanja Sodexo ini di salah satu tempat makan dekat kantor dan aku bermaksud ngajak temen-temen buat makan bareng, sekali-sekali berbagi rezeki dengan sahabat karna ini juga suatu bentuk penghargaan bagi mereka yang selama ini menjadi orang terdekatku diperantauan.

Nah ini penghargaan versiku yang begitu sederhana bagiku, masih jauh dari memberikan emas permata atau intan berlian, tapi berbentuk apapun penghargaan itu apabila kita berikan dengan tulus pasti akan berarti bagi orang yang menerima. 

20 komentar:

  1. wahh arti penghargaan yang menyentuh mbaa, penghargaan kepada sahabat saat da rezeky voucher makan tdk lupaa untuk turut ikut menghargai penghargaan yang pernah dicapai.

    sukses selalu ya mba,, untuk dapat penghargaan penghargaan lainnnya..

    😍😃

    BalasHapus
  2. Inget bulan lalu mamih gw dapet voucher sodexo dari BEC.. dipake belanja beli sembako k alfamart.. hihii~ super sekali pdhl anak2nya pengen tuker beli makanan mahal..xD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba dibanjarsari ada merchant yg bisa tukar sodexo,ahh bahagia si mamah

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  3. Yang anak kecil pun juga butuh dihargai apalagi kita. Dan penghargaan tidak melulu dengan barang atau materi. Hanya diucapkan terimakasih plus doa saja kita sudah merasa dihargai. :)

    BalasHapus
  4. Mauu dong traktiranya heheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hhee.. Bisa diatur mba nurul

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  5. Jadi inget dulu saya pun pernah dapet voucher makan 500ribu dari Festival kuliner. Saya bawa 3 teman buat ngabisin bareng, haha... Walau hadiah, tentu teman2 kita happy karena udah diajak berbagi bahagia :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Senang ya mb bisa berbagi sm teman dekat

      Hapus
  6. waah banyak juga ya outlet yg bisa terima sodexco, jd inget pernah dpt voucher dr tahun lalu msh nyisa krn mmg hanya di merchant atau otlet tertentu aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kalo jarang merchant yg kerjasama sayang juga ya mba

      Hapus
  7. jadi pengen juga dapat voucher soxedo-nya :)

    BalasHapus
  8. aku suka deh sama voucher sodexo ini, soalnya bisa dipake dimana aja, kalau soal penghargaan, ucapan terimakasih aja saya udah seneng mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mb ev itu juga udh alhmdulillah

      Hapus
  9. alhamdulillah rejeki gak kemana ya mba

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkomentar yang positif yaa.. Jangan ragu untuk memberi saran dan tanggapan positif, untuk curhat pengalaman juga boleh feel free selama masih sopan
Salam hangat dari Mojang Ciamis

COPYRIGHT © 2017 · MUDRIKAH STORIES | THEME BY RUMAH ES