10.16.2016

Ketika Pra Menstruasi Syndrome Tidak Lagi Jadi Momok Yang Menakutkan

Image source : kompasiana
Menstruasi atau haid atau datang bulan adalah perubahan fisiologis dalam tubuh wanita yang terjadi secara berkala dan dipengaruhi oleh hormon reproduksi baik FSH-Estrogen atau LH-Progesteron. Periode ini penting dalam hal reproduksi.
Pada manusia, hal ini biasanya terjadi setiap bulan antara usia remaja sampai menopause. 
(Sumber:wikipedia)

Menstruasi adalah suatu hal yang tidak bisa dipisahkan dari seorang wanita. Datangnya menstruasi menandakan bahwa gadis kecil anak mama kini sudah menjadi dewasa dan baligh apabila dalam agama islam. 

Siklus normal menstruasi adalah setiap bulan, tapi tidak semua wanita mengalami siklus normal menstruasi, ada yang selang 3 Bulan baru menstruasi lagi atau mungkin busa sebulan lebih dari satu kali. Aku sendiri alhamdulilah masih mengalami siklus normal sebulan sekali, paling cuma maju atau mundur waktunya. Tapi kadang-kadang saat hari pertama menstruasi atau haid aku sering sekali mengalami sakit, mungkin inilah yang disebut Pra Menstruasi Syndrome atau PMS.

PMS adalah kumpulan gejala fisik, psikologis, dan emosi yang terkait dengan siklus menstruasi wanita. Sekitar 80 hingga 95 persen perempuan pada usia melahirkan. 
(Sumber: wikipedia)

Sebenernya ada beberapa tanda-tanda normal saat akan pms, seperti badan terasa sakit, datangnya keputihan, terkadang perubahan emosional, juga rasa lelah yang berlebih.

Disini aku mau bercerita tentang hal yang kurang menyenangkan yang pernah aku alami saat PMS,  sekitar tahun akhir 2014 sampai 2015 akhir saat aku meneruskan kuliah S1, aku cukup sering mengalami kejadian buruk saat PMS. Kebetulan aku bekerja sambil kuliah sehingga harus mengeluarkan energi ekstra. Aku juga gak tau ya penyebab pastinya apa, karna sebelumnya saat kuliah D3 akupun kuliah sambil kerja tapi tidak mengalami hal-hal ini. 

Salah satu pengalaman yang cukup buat aku selalu ingat kalo sehat itu penting adalah saat aku harus mengalami drama jatuh setengah pingsan dipinggir jalan, tanpa ada yang ku kenal disana. 

Jadi ceritanya saat hari pertama haid aku antar teman yang mau tes kerja didaerah dharmawangsa Jakarta Selatan dan sesampainya di tkp tiba-tiba perutku sakit melilit dan benar-benar gak kuat meskipun posisinya duduk, aku kirim pesan aja sama temenku yang lagi tes didalam bahwa aku pulang duluan karena sakit perut. 

Ditengah jalan perutku tambah sakit disertai mual, kemudian ditengah jalan aku minta berhenti sama kondekturnya dengan niatan akan naik ojek saja biar bisa lebih cepat sampai kosan.

Saat itu aku berhenti didepan ratu plaza yang banyak tukang ojek mangkal, langsung aku dekati salah satu tukang ojek dan menyebutkan alamat tujuan, tapi sebelum aku naik dimotor kepalaku langsung pusing dan aku hampir kehilangan keseimbangan untungnya ada pegangan tiang-tiang pinggir jalan aku langsung jongkok sambil pegangan tiang itu,waktu itu aku masih cukup kuat dan sadar tapi benar-benar udah gak ada tenaga buat jalan.

Bapak ojek yang tadi mau aku tumpangi langsung menghampiri "kenapa neng? " aku cuma bisa menjawab "pusing pak" "ya udah duduk dulu" aku ingat waktu itu aku duduk sebentar di tembok dan itu gak lama karena punggungku berasa panas dan gak kuat duduk, tanpa pikir panjang aku langsung rebahan di tembok dan itu posisi di pinggir jalan Raya.

Aku juga masih ingat saat itu aku gak pingsan, aku masih bisa mendengar bapak ojek teriak-teriak pada temannya bilang ada yang pingsan, tapi aku gk bisa ngomong apa-apa, kemudian aku dipindahkan ke tembok yang agak sepi dari pejalan kaki dan temboknya sudah dialasai kardus bekas. 

Dalam keadaan itu aku cuma bisa berdoa dalam hati, cuma bisa istigfar, aku paksakan membuka mata tapi saat membuka mata kepalaku pusing sekali, seingat aku tanganku posisinya megangin perut dan saat ada suara-suara disekitarku aku cuma bisa gerakan tanganku tanpa sadar dalam hati itu niatnya menghalangi orang-orang yang mau nyentuh aku, karna aku masih bisa dengar suara mereka suara laki-laki, mungkin bapak-bapak ojek dan teman-temannya. 

Mungkin bapak itu merasa saat tanganku gak mau diam (itu seingat aku ya, tapi pastinya aku gak tau tangaku bergerak atau tidak saat itu) lalu bapak itu bilang "tenang neng, ini orang baik-baik kok, jangan khawatir kami mau membantu" Tapi aku masih merasa ketakutan dialam bawah sadarku. 

Karna aku dengar mereka nanya "mana yang sakit mana yang sakit" aku berusaha keras membuka mulut cuma untuk bilang haid dan sepertinya itu cuma dalam hati saja tidak terdengar oleh mereka, aku coba lagi dan lagi berusaha membuka mulut untuk hanya sekedar bilang haid, agar mereka tidak bingung aku kenapa, takutnya dikira aku kesurupan lagi. Dan sepertinya lama-lama suaraku muncul sendiri, aku dengar bapak itu berkata "oh iya anak gadis lagi dateng Bulan"

Oia kalau gak salah ingat setelah itu aku juga diselimuti kardus bekas, mungkin karena tanganku yg terus-terusan gak mau diam. Mungkin beliau mengerti bahwa aku takut dan juga tidak enak jadi tontonan orang-orang yang lewat.

Pertolongan alloh selalu datang disaat yang tepat, tidak lama sepertinya ada ibu-ibu dan anaknya lewat didekat tempat kejadian, aku mendengar ada suara wanita yang bertanya ada apa lalu dia mencoba membantu dengan mengoleskan balsem di perutdan dihidung, aku masih dalam keadaan gak bisa ngomong apa-apa mulutku seperti terkunci, tapi aku bisa merasakan panasnya balsem itu dioleskan dihidungku berasa kebakar panas banget. 

perut mualku seolah sudah tidak tertahan dan saat itu aku (maaf) muntah, ahh saat-saat seperti itu sepertinya semua hal menjijikan akan dengan maaf dimaklumi oleh orang-orang. 

Setelah itu aku dikasih minum teh manis pakai sendok, tapi entahlah kenapa teh manis itu gak bisa sampai diperut, lidahku tidak bereaksi untuk membantu mebelan air itu ke tenggorokan, teh manis cuma bisa meleleh manja diantara mulutku dan berakhir dengan usapan tisu dan sebagian mendarat di kerudung. 

Ibu yang menolongku tadi kemudian coba nanya siapa yang bisa dhubungin, dalam keadaan masih belum bisa membuka mata aku berusaha menunjukan hp aku ditas, kemudian si ibu nanya siapa yg bisa dhubungi, aku coba sebut nama teman kosku "dela" "dela" entahlah berapa kali aku berusaha tapi akhirnya ibu itu berhasil menghubungi temanku dan meminta dia menjemputku disana. Aku lupa seperti apa selanjutnya tapi yang pasti dela temanku datang lalu aku di angkat ke taksi karena untuk bangunpun aku gak sanggup. 

Di taksi aku cuma bisa senyum saat dela nanya kenapa, dan alhamdulillah dengan kuasa alloh setengah perjalanan aku sudah merasa enakan tanpa minum obat, barulah aku bisa cerita apa yang tadi terjadi sama temanku.

Oia sampai aku pulang dan sembuh aku tidak pernah melihat wajah ibu yang sempat menolong aku, karna memang pas disana aku gak kuat buat buka mata.

Itu adalah salah satu pengalaman burukku saat pms, kalau diceritakan pengalaman lainnya, sepertinya akan memakan waktu yang cukup panjang karena beberapa kali saat sakit ini menyerang aku sedang berada diluar rumah dan membuat aku harus merasakan drama lemas di halte busway, muntah-muntah dikantor, tidak masuk kerja karna si pms dan kejadian kurang menyenangkan lainnya. Setelah aku coba periksa ke dokter memang katanya ini siklus biasa, aku diberikan obat dan vitamin penambah darah.

Karena hal itu setiap tanggal-tanggal mendekati jadwal menstruasi jadi waktu yang sangat menegangkan, takutnya si dia datang disaat yang tidak tepat. 

Nah Ini beberapa hal yang aku lakukan untuk mencoba mencegah agar saat pms atau saat sedang menstruasi tiba sakitnya tidak terlalu parah. 

  • Makan makanan bergizi dan sehat
Menurut aku ini adalah faktor utama yang berpengaruh karena makanan yang kita makan bisa menentukan seberapa kuat tubuh kita bisa melawan virus atau penyakit yang akan menyerang kita. Aku berusaha menghindari mi instan dulu, atau makanan instan lain, menyoal makanan godaanya berat euy. 

  • Menghindari makanan asam dan pedas
Ini memang agak sulit dilakukan, karena makanan tanpa sambel seringkali terasa kurang. 
Yang doyan makanan pedas tolong hindari dulu yah teman, sangat tidak dianjurkan makan pedas, bisa-bisa perut kita bisa melilit akut. Meskipun seringkali kita merasa seperti seolah segar setelah makan makanan yang pedas dan asam tapi beneran deh lebih baik dihindari dulu. 

  • Banyak Minum Air Putih 
Meskipun lagi gak haid minum air putih adalah hal yang sangat sangat penting bagi tubuh kita, apalagi pas haid tubuh kita mengeluarkan cairan dalam bentuk darah. 
Kalo aku sih seringnya minum air hangat, juga saat pms tiba dan si sakit memang tidak bisa dicegah aku suka pakai si air hangat dibotol buat ditaro diperut, entahlah menurutku its work to my stomach.

  • Sering Makan Hati
makan hati ayam atau sapi dipercaya bisa menambah darah, maka aku juga dibiasakan makan hati, yanga aku suka ati ayam. 

  • Olah Raga Teratur
Awalnya olah raga tidak terpikirkan olehku karena aku pikir fisik aku sedang lemah dan seharusnya banyak-banyak istirahat tidak boleh cape. Ternyata kata dokter harus dirutinkan olahraga ringan, seperti joging atau senam kebugaran. Hal ini dilakukan agar otot-otot badan tidak kaku terutama otot bagian perut dan kemaluan. 

  • Minum multivitamin
Multivitamin adalah salah satu hal yang juga dianjurkan dokter, selain vitamin penambah darah aku juga perlu vitamin yang bisa membantu menjaga stamina tubuh agar saat menstruasi datang zat-zat dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh kita bisa di recovery.

Saat menstruasi otomatis kandungan mineral dalam tubuh kita pasti berkurang karena ikut terbuang saat tubuh kita mengeluarkan darah menstruasi, maka dari itu selain minum banyak minum air putih kita juga harus minum vitamin yang bisa mengganti mineral dalam tubuh kita. Kemarin aku sempat mencoba Vitamin yang bagus untuk Masa Pemulihan yaitu Theragran-M


Theragran-M adalah salah satu multivitamin yang berfungsi untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral. Multivitamin yang berbentuk tablet ini mengandung bahan-bahan yang sangat bermanfaat untuk tubuh, diantaranya : 
Vitamin :
vit A sebagai asetat, Vit D (cholekalsiferol), Vit B1 (tiamina mononitrat), Vit B2 (riboflavina), Vit B6 (piridoksina hikroklorida), B12 (sianokobalamina), Niasinamamida, Kalsium Pantotenat, Vit C (sebagai natrium askorbat), Vit E (sebagai dl-alfatokoferil asetat) 

Mineral :
Iodium (sebagai kalium iodida), Besi (sebagai fumarat), Tembaga II (sebagai sulfat), Mangan II (sebagai sulfat), Magnesium (sebagai karbonat), Seng (sebagai sulfat).
Ini berdasarkan diet 2000 kkal.
Theragran-M ini Adalah Vitamin yang bagus untuk Mempercepat Masa Penyembuhan. 


Alhamdulillah sekarang aku sudah jarang mengalami pms yang cukup melelahkan, paling cuma sakit-sakit biasa aja. Aku sudah tidak mengalami drama yang membuat aku parno keluar rumah saat pms datang. 

Nah ladies itu beberapa cara agar kita bisa meminimalisir sakit saat menstruasi, karna jujur buat aku sakit saat haid atau menstruasi cukuplah mengganggu, baik untuk kegiatan sehari-hari dan juga apabila dibiarkan takutnya akan berbahaya bagi kesehatan kita. 

Bagiku sehat itu adalah pilihan, pilihan kitalah yang akan menentukan seberapa besar kemungkinan kita bisa mencegah penyakit-penyakit datang menghampiri kita. Dan saat kita tidak punya pilihan, maka kita harus selalu siap untuk menghadapi hal-hal yang menyerang tubuh kita.
**
Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan Taisho."

15 komentar:

  1. Ya Allah mbak, smp begitu lemesnya ya gara2 pms, untung masih dlm lindungan Allah ya mbak, ngeri aku bacanya.. syukurlah mbak gak knp2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mb Lia, itu pengalaman yg ckup berharga agar aku bisa lenih perhatian sm kesehatan badan.

      Hapus
  2. luar biasahhh yang jadi wanita yaa,, Alhamdulillah teteh Siti udah dapet solusinya bermanfaat buat para ladies nieh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba rya semoga gda yg merasakan sakit kayak aku ya

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  3. Theragran-M emang membantu banget buat memulihkankondisi tubuh setelah sakit. Bahkan saat sehat pun bisa di konsumsi, karena ini bukan obat, aku juga mencobanya, rasanya manis karena di balut gula

    BalasHapus
  4. baru tahu vitamin Theragran-M mbak, kapan2 coba ah.... kayaknya bagus

    BalasHapus
  5. Wah bisa dcoba nih multivitaminnya nih

    BalasHapus
  6. Jadi inget jaman remaja, dulu ada temen samapi biru bibirnya kalau lagi PMS dan pingsan
    aku juga dulu, tapi ga sampai pingsan sih, cuma nangis2
    Alhamdullilah ya, sekarang ga lagi

    BalasHapus
  7. Wahduuhhh Mud ngeri amat yak. Aku pernah pingsan di pabrik. Karena mules juga. Keracunan tapi. Heuu

    BalasHapus
  8. Jaman masih belum punya anak aku selalu mengalami nyeri saat mens hiks. emang rasanya nyiksa banget. Pernah mau pingsan kyk mbak Mudrikah juga saat di kampus gara2 itu. Untung skrng gak pernag lg sih....

    BalasHapus
  9. Aku kalau PMS langsung drop, badan meriang, sakit perut, kembung, dll.. Suplemen apalagi yg mengandung vitamin & mineral penting wajib banget di konsumsi saat pms

    BalasHapus
  10. Mens memang ada sih ya yg sampai bikin demam juga. Untuk kembali fit, multivitamin memang baiknya dikonsumsi ya

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkomentar yang positif yaa.. Jangan ragu untuk memberi saran dan tanggapan positif, untuk curhat pengalaman juga boleh feel free selama masih sopan
Salam hangat dari Mojang Ciamis

COPYRIGHT © 2017 · MUDRIKAH STORIES | THEME BY RUMAH ES