2.01.2017

Mau Hidup Sehat, Yuk Pilih Minyak Goreng Yang Baik

When You are Healthy You are Happy. Kesehatan merupakan salah satu nikmat dari Alloh yang tidak bisa kita pungkiri menjadi hal yang sangat penting bagi setiap orang. Bayangkan saja makanan seenak apapun, tempat seindah apapun tidak bisa kita nikmati ketika tubuh kita sedang tidak sehat. Salah satu faktor penentu kesehatan tubuh kita adalah asupan makanan yang sehat dan bergizi.

Siapa disini yang mempercayai bahwa makanan yang diolah sendiri dirumah adalah makanan yang paling baik untuk kita konsumsi dibandingkan dengan makanan cepat saji di restauran atau tempat makan umum? 
Aku termasuk salah satu yang pro dengan pernyataan tersebut, iya dong setuju secara kita tau bahan makanannya dibeli dari mana, kita sendiri yang nyuci, dan juga cara masaknya seperti apa. Tapi apakah kita yakin makanan yang dibuat dirumah benar-benar sudah mencukupi kebutuhan gizi untuk tubuh kita, dibahasan selanjutnya aku mau cerita tentang pengalaman mengikuti simposium gizi di Rs. Pertamina. 

Pada Rabu (25/01/17) aku berkesempatan mengikuti acara simposium gizi di Rs. Pertamina, Nah di acara ini kita diberikan pengetahuan bagaimana cara mengatur makanan yang kita konsumsi agar sesuai dengan kebutuhan tubuh kita. Tema dari simposium ini adalah "Masakan Rumah, The Silent Killer?", ngeri gak tuh temanya teman-teman. 

Acara simposium ini di bawakan oleh Moderator: Muhammad Zulkifly Msi. 
Pembicara pertama adalah Dr.  Entos zainal DCN, Sp, Mphm Sekretaris Jendral Persagi. Beliau menyampaikan bahwa pentingnya asupan gizi bagi tubuh kita terutama 1000 hari pertama adalah waktu yang paling penting untuk menentukan kecerdasan anak dimasa depan. Kandungan protein yang mempersiapkan membentuk Sumber energi, Vitamin Memberikan kekuatan, Mineral memepercepat sel tubuh saraf. Dan info yang gak kalah penting adalah bahwa Ubi Jalar Merah Mengandung Betakarotin paling tinggi, wah aku sih baru tau ini. 

Pembicara selanjutnya adalah Ibu Theresia Irawati, beliau menggaris bawahi untuk tubuh yang sehat kita memerlukan pola makan yang sehat juga. Apa sih sebenarnya pola makan sehati itu?
Pola makan yang sehat adalah pola yang seimbang tergantung kebutuhan masing-masing orang, contohnya saja Antara ibu hamil, bayi, anak kecil dan orang dewasa pasti berbeda kebutuhannya. Sehingga kita harus pintar-pintar mengatur makanan yang dikonsumsi oleh tubuh kita. 

Menurut penelitian ada perubahan pola penyakit di abad 19 dan abad 20 perubahan tersebut dari penyakit menular menjadi penyakit tidak menular. Maksudnya apabila sebelumnya penyakit yang diderita masyarakat adalah penyakit menular seperti flu, batuk, disentri atau diare. Zaman sekarang penyakit yang diderita lebih banyak yang disebabkan kolesterol jahat seperti jantung, stroke, kanker dan lainnya.

Ini lebih disebabkan dari pola makan kita yang kurang terkontrol, lebih suka makanan cepat saji, jarang makan sayuran dan buah-buahan, terutama sudah kebiasaan makan gorengan, kayaknya gak lengkap gitu kalo sehari tanpa gorengan.
Ada juga tips dr Dr. Tirta prawita Sari
  1. Batasi konsumsi makanan pangan manis asin, dan berlemak
  2. Bijaklah dalam memilih makanan, gunakan minyak goreng yang baik
  3. Bergaya hidup sehat
  4. Lakukan aktivitas sehat
  5. Perbanyak makan buah dan sayur
  6. Cek kesehatan secara berkala
Tadi diawal aku sudah menyinggung masalah makanan rumah vs makanan restauran kan ya, nah baik makanan rumah atau di restauran pasti tidak lepas dari bahan yang bernama minyak goreng.

Secara masak tumis-tumisan pakai minyak, sayur lodeh pakai minyak, ayam goreng udah jelas di goreng pakai minyak. Maka dari itu kita harus tau minyak goreng yang baik untuk digunakan, ciri minyak goreng baik mudah dikenali sebagai berikut: dikit nempel di makanan, bening, tidak mudah beku, nampak lebih encer dan tidak serik di tenggorokan.

Dan juga apabila minyak goreng sudah berubah warna jangan dipergunakan lagi, lebih baik langsung kita ganti dengan yang baru, karna minyak goreng yang sudah digunakan berkali-kali akan membuat lemak jenuh yang berlebihan dan tidak baik untuk kesehatan. 

Dan kabar baiknya bahwa ada Minyak Goreng yang memenuhi ciri-ciri yang sudah disebutkan diatas, yaitu Minyak Goreng Sunco. Jadi si Sunco ini adalah #MinyakGorengBaik, Sunco #DikitNempel Di Makanan.
Sumber: minyakgorengsunco.com
Saat acara simposium selain para pembicara hadir juga Christian Sugiono sebagai brand ambassador nya minyak goreng sunco, dia beneran coba minum minyaknya lhoh buat buktiin bahwa sunco tidak serik ditenggorokan. 
Selain Christian kita juga diajak demo masak sama Chef Nanda, keren banget pokoknya pas liat dia masak, sederhana tapi hasilnya luar biasa. 
Nah bagi temen-temen yang mau tau lebih lengkap tentang minyak goreng sunco bisa kunjungi websitenya Sunco dan dapatkan resep-resep masakan sehat disini.


Juga Fanpage Sunco Indonesia

Mari kita lebih cerdas dalam memilih bahan-bahan makanan yang akan kita gunakan agar kandungan gizinya tetap terjaga dan bisa sampai dengan selamat ditubuh kita ya teman-teman. 

9 komentar:

  1. Mencegah jauh lebih baik daripada mengobati ya mba... apalagi kalau sampai dirawat biayanya sangat mahal... semoga kita selalu sehat ya mba...

    BalasHapus
  2. Pernah beberapa kali ketemu dan ngobrol ma chef Nanda. Tapi belum pernah lihat dia demo masak hehehe. Saya penasaran sama minyak Sunco ini. Belum pernah cobain. Cari, ah :)

    BalasHapus
  3. Sunco ternyata menunjang kesehatan ya...kayaknya nanti harus coba pakai sunco kalau mau masak

    BalasHapus
  4. Walaupun iklannya bilang bisa diminum, kadang2 masih suka ragu buat nyobain minum. Hehehe. Btw, kadang-kadang kalau berhemat dan males beli minyak lagi, terpaksalah pake minyak yang sudah berubah warna itu. Padahal gak sehat ya mbak :-(

    BalasHapus
  5. Jadi Minyak goreng juga sangat berpengaruh dengan kesehatan ya

    BalasHapus
  6. Wah, minyak goreng harus dipilih juga ternyata

    BalasHapus
  7. sunco emang terbukti higienis .......

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkomentar yang positif yaa.. Jangan ragu untuk memberi saran dan tanggapan positif, untuk curhat pengalaman juga boleh feel free selama masih sopan
Salam hangat dari Mojang Ciamis

COPYRIGHT © 2017 · MUDRIKAH STORIES | THEME BY RUMAH ES