3.25.2017

Arisan Ilmu KEB : Kreatif Menulis Kisah Perjalanan


Travelling sekarang ini tidak hanya menjadi milik orang-orang kaya atau berduit saja, tetapi travelling seolah sudah menjelma menjadi kebutuhan setiap orang. Pergi liburan untuk sejenak menjauhkan diri dari padatnya aktivitas pekerjaan yang menguras tenaga, pikiran dan juga waktu, bisa menjadi recharge untuk mengembalikan semangat menyambut rutinitas berikutnya.
Saat kita pergi travelling sudah selayaknya kita persiapkan semua kebutuhan yang akan menunjang kenyamanan kita saat bepergian, dan yang terpenting momment-momment yang kita rasakan saat travelling bisa kita share kepada orang lain baik itu pengalaman menyenangkan atau mungkin pengalaman yang kurang menyenangkan sekalipun.


Tapi masalahnya tidak semua orang bisa berbagi hal-hal yang informatif saat pergi ke suatu tempat, nah kita perlu sedikit belajar caranya berbagi cerita travelling kita agar cerita itu tidak hanya untuk kita sendiri tapi bisa bermanfaat juga buat orang lain. 

Minggu 18/03/17 aku berkesempatan ikut acara Arisan Ilmu KEB yang diadakan oleh Komunitas Emak-Emak Blogger, acara ini rutin diadakan tidak hanya dijakarta tetapi juga dikota-kota lainnya seperti jogja, solo dan lain-lain.
Dok: KEB
Nah kali ini tema yang diangkat adalah Travelling, secara kita emak-emak pun butuh travelling dong yaa. Jalan-jalan kepantai, nanjak-nanjak gunung, jalan-jalan manja ditaman, biar otak kita tetap fresh dan tetap berada di zona kewarasan diantara tugas emak-emak yang bejibun yang mengharuskan kita multi skill. 
Hadir sebagai pembicara Marischaka Prudence yang akrab disapa pru, orangnya humble banget yaa, murah senyum dan gak pelit jawab kalo ditanya-tanya.

Ok jam 10 acara arisan pun mulai dibuka, meskipun sedikit mundur dari waktu yang ditentukan karena daripagi hujan ciin, jadi banyak peserta yang datangnya agak telat deh. Acara dibuka oleh JG alias Jago Gerlong suami dari Mak Annisa Stevanni yang bilangnya mau jadi Mc cuma dengan iming-iming ada potluck hehee.. 

Hadir juga Emak-emak kece dari KEB, mak Icoel (sumarti saelan) mak pon (mira sahid) dan mak efi yang jauh-jauh datang dari Bandung. Perkenalan dari masing-masing peserta pun menjadi awal keakraban kami yang kebanyakan hanya kenal via medsos tapi belum pernah bertatap muka secara langsung. Salam kenal yaa emak-emak semua, senang bertemu kalian emak-emak yang tetap semangat untuk belajar.
Dok: KEB
Kita diminta menuliskan impian travelling kita dalam waktu dekat, lengkap dengan tanggal dan dengan siapa kita berangkat. Aku sendiri menuliskan ingin sekali pergi ke Dieng Culture Festival yang rutin diadakan setiap pertengahan tahun di dieng, tahun lalu gak jadi berangkat karna ga ada persiapan yang matang. 
Dok: KEB
Waktunya si cantik pru untuk sharing pengalamannya selama jadi travel blogger, gimana caranya biar bisa eksis jadi travel blogger dan yang paling penting gimana caranya agar jalan-jalan kita bisa jadi cerita yang menarik untuk ditulis dan dibaca oleh banyak orang.

Pru mengawali karirnya disebuah televisi sebagai presenter acara jalan-jalan, kemudian memutuskan untuk resign dan beralih profesi menjadi travel blogger. Memulai hal yang baru bukan sesuatu yang mudah, butuh niat yang kuat dan konsistensi. Nah pru sudah membuktikan dengan konsistensinya dia bisa membangun personal branding menjadi seorang travel blogger. 

Travel and Share
Bagi para blogger yang mungkin saat ini niche-nya belum spesifik sebagai travel blogger tetapi ada niatan pengin jadi travel blogger nah mungkin bisa mengaplikasikan tips-tips yang dikasih sama pru. 
  • Travel writing bukan hanya cerita
Menulis selain memberikan info untuk orang lain juga memberikan kesenangan tersendiri buat kita si penulisnya. Saat kita mengunjungi suatu tempat meskipun kita melihat objek yang sama  atau mengunjungi tempat yang sama tapi apa yang tersirat dibenak kita pasti tidak akan sama persis. Jadi tidak perlu khawatir cerita kita tidak lebih Bagus dari orang lain, karena setiap tempat pasti punya cerita dan kesan yang berbeda bagi setiap orang. 
  • Memiliki informasi
Menuliskan cerita perjalanan ke suatu daerah atau tempat wisata tentunya harus informatif dong ya, misal saat kita pergi ke daerah A kita bisa infokan akses menuju kesana menggunakan apa, harga tiket masuknya berapa, mungkin tips pakaian yang cocok buat digunakan didaerah tsb dan lain-lain.
  • Berbagi Opini
Kita juga bisa menuliskan pendapat kita tentang objek wisata yang kita kunjungi, misal ditempat B menu makanannya enak, tapi hargnya cukup mahal, atau mungkin fasilitasnya kurang lengkap. Tetapi semua pendapat kita harus disampaikan dengan sopan agar tidak menyinggung pihak manapun, dan barangkali dengan adanya pendapat dari kita si pihak penanggung jawab tempat wisatanya bisa meningkatkan pelayanannya dan juga pengalaman yang kurang menyenangkan tidak terulang pada pengunjung lain. 
  • Menambahkan rasa dalam cerita
Menuangkan perasaan didalam tulisan agar bisa lebih hidup, Ini yang paling penting, menambahkan rasa dalam cerita. Perasaan senang saat tiba ditempat baru, rasa kagum melihat alam yang Indah ciptaan yang maha kuasa, rasa heran melihat kebiasaan penduduk setempat yang berbeda dengan kebiasaan kita bisa menjadi nyawa dalam tulisan kita. 

Be Unique
  • Tulis dengan gaya sendiri 
Gaya menulis setiap orang pasti berbeda, baik itu menulis di blog ataupun cerita lainnya, contohnya saja ada yang senang pakai gambar ada yang mungkin cukup dengan tulisan saja sudah bisa membuat pembaca merasakan feel yang dibuat si penulis. Tulis dengan gaya sendiri? Aku seolah bertanya pada diri sendiri, emangnya gaya tulisan aku gimana ya. Mungkin saat ini aku belum menemukan ciri khasku seperti apa tetapi seiring kita banyak menulis dan membaca ulang tulisan kita pasti kita akan menemukan ciri khas tulisan kita sendiri. 
  • Munculkan keunikan
Its all about unique!! Jadi sebisa mungkin kita harus mencoba menggali unsur magic dari keunikan tulisan kita. Ok Pr juga nih buat aku. 
  • Jujur dalam tulisan
Dalam menulis kita jangan sampai jadi orang lain atau mengikuti gaya orang lain yang mungkin gak sesuai sama kita, jujurlah dalam menulis sesuai hati nurani kita. 
  • Kreatif
Selain dengan rangkaian kata-kata kita juga bisa mempercantik konten blog kita dengan foto atau gambar, info graphis atau mungkin kita bisa menggunakan property lainnya yang masih relevan tentunya sama tulisan kita. Agar cerita kita gak monoton dan lebih enak dibaca, kalo lagi blank ide gunakan foto untuk memunculkan inspirasi. 

Nah ternyata banyak hal yang bisa kita gali lagi ya teman-teman soal penulisan blog. Selanjutnya akan dibahas gimana sih caranya mendapatkan uang dari ngeblog. 

Make Money From Blogging
Saat ini profesi blogger tidak bisa hanya dipandang sebelah mata saja, semakin banyak agency atau perusahaan yang menggandeng blogger sebagai media untuk memperkenalkan produk atau jasanya. Nah ini salah satu cara mendapatkan uang dari ngblog gaess, selain itu bisa juga dari sponsored post, blog adv, jadi pembicara di workshop atau event dan banyak lainnya. 

Nah terus gimana dong caranya dapetin semua itu, aku masih newbie lhoh kakak belum punya pengalaman segambreng kayak ka pru. 
Ini nih tips dari pru biar blog kita bisa lebih dikenal.

Boost Your traffic Blog
  • Promosi 
Kita bisa gunakan semua element sosial media buat share tulisan-tulisan atau artikel yang kita buat. Kita juga bisa rename foto atau gambar yang kita gunakan dengan  judul tulisan kita agar lebih mudah terlacak dimesin pencari. 
  • Konten menarik
Buat semenarik mungkin isi tulisan kita, tapi jangan terlalu terbebani dengan ide menarik, percayalah tulisan kita pasti akan punya pembaca tersendiri. 
  • Tag label
Berikan label pada tulisan kita untuk membedakan kategori pertulisan, seperti kategori Travel, Parenting, Beauty dan lain-lain.
  • Link share
Selain kekuatan media sosial kita juga bisa saling tukar link post, bisa dengan kita ikut komunitas atau saling menulis untuk guest post di blog yang lain.

Acara pun dilanjutkan dengan memilih kertas mimpi kita dan emak yang beruntung dapet doorprize lhoh.
Dok: KEB
Selesai foto-foto dengan para pemenang live tweet dan yang lainnya, ini sesi yang gak kalah penting yaitu makan-makan dengan menu potluck dari emak-emak peserta arisan, waah makanannya banyaak banget yaaa. 

Setelah kita mendengarkan share ilmu dari pru udah ada ide belum buat nulis pengalaman jalan-jalan kita? Wah jangan-jangan langsung ngeluarin stock foto jalan-jalan nih. 
So kapan kita mau jalan-jalan bersama??

32 komentar:

  1. Hai mba. Aku setuju bahwa tulisan perjalanan memang harus informatif agar pembaca pun mendapat informasi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tos mba alida, senang kalo tulisan kita bisa bermanfaat buat org lain ya

      Hapus
  2. Hai mbak Mudrikah :) Iya seneng deh bisa ketemu di acara ini.

    BalasHapus
  3. Mantaps mak sharingnya nih, manfaat buat yg gak kebagian dateng kayak akuh haha... Salam kenal ya mak 😊

    BalasHapus
  4. Wah reportnya lengkap banget. Makasih ya. Aku fans Prue sejak lama di twitter, skrg di IG :)

    BalasHapus
  5. Pengen jadi traveller Blogger namun apa daya,,, telat pulang saja sudah dicariin mama :(

    BalasHapus
  6. Aku paling suka nulis cerita perjalanan. Rasanya masih kebawa happy ingat pengalaman traveling.

    BalasHapus
  7. Thanks mba, tulisannya keren banget.. Byk ilmu yg bisa didapat. Pengen ikutan sih kalo ada acara Arisan seperti ini, cuma aku kejauhan di Sumatera 😭

    BalasHapus
  8. Setuju banget sama mba pru. Tapi emang gak semudah kelihatannya dalam menuliskan. Beberapa hal kadang aku tinggalkan, tp coba praktek ahhh

    BalasHapus
  9. Nah, bermanfaat banget kan emak2 ngeblog!

    BalasHapus
  10. Beberapa waktu lalu saya jg ikut acara mba Pru. Tips yang dia kasih benar² pengalaman yg dia dapat. Be Unique, itu kalimat gampang tapi susah dilaksanakan

    BalasHapus
  11. wow baru tau ada arisan keb kreatif menulis

    BalasHapus
  12. Baru sadar, arisan bukan perkara uang aja ya, ilmu pun bisa :D

    BalasHapus
  13. Memmg benar ya akan terlihat menarik jika suatu pengalaman berwisata/travelling ke suatu tempat diceritakan ulang lewat perspektif masing-masing penulis. Tentunya akan sangat menarik, apabila jika dituliskan segaya dgn gaya penulisan buku sang alkemis nya paulo coelho ...

    Selain menghibur lewat cerita, tulisan ttg pengalaman berwisata ke suatu tempat jg bisa membantu pembaca dlm mendapat seputar tempat, info wisata

    BalasHapus
  14. Arisan ilmu baru tau nih selama ini kan adanya arisan yang berduit hihi ulasannya lengkap banget nih mba bagus

    BalasHapus
  15. Meulis tentang travel itu yang sulit adalah membuat tulisan supaya tidak sekedar seperti brosur travel agent. Selain itu untuk konsisten ya harus sering jalan-jalan. Nah itu yang paling sulit, pas lagi nggak ada uang =(

    BalasHapus
  16. Lagi banyak banget nih kayaknya acara-acara yang ngebahas soal jadi travel blogger. Apalagi post blog, makin banyak lagi.

    Poin-poin yang dijabarkan menarik dan ngasih ilmu yang cukup detil menurutku. Kadang aku pengin juga sih jadi travel blogger, tapi semakin ke sini aku sadar bahwa sebenernya aku gak bakat nulis soal travel (atau lebih tepatnya gak minat) dan cuma pengin jalan-jalan plus menikmatinya aja hahaha

    BalasHapus
  17. Traveling terdekat, aku blm ada pikiran. Duitnya mau buat beli sesuatu, hihihi. Soal naikin trafik blog, masih tertatih ini

    Jd travel blogger itu pengen bgt deh

    BalasHapus
  18. Nulis jalan2 saya msh gayanya gitu2 aja. Blajar bikin sesuatu yg unik

    BalasHapus
  19. Aku pernah ikutan arisan ilmu yang di Bandung. Pengen ikutan lagi deh, kalo ada lagi jadwalnya kabarin ya mbak!

    BalasHapus
  20. Aku ingat waktu Pru masih jdi penyiar. Aku dulu suka blognya & sekarang IGnya.

    BalasHapus
  21. Seru ya acaranya. Menurutku, yang menarik dari traveller blog itu salah satunya adalah foto-fotonya yang kelihatan hidup dan berbicara. Tapi kadang, aku saking menikmatinya jalan-jalan, sampai lupa harusnya foto di spot itu. >.<

    BalasHapus
  22. saya dari dulu kepengen banget utk jadi traveler blogger, tapi apalah daya duit yang hanya pas2an dan belum menemukan waktu yang pas :(

    BalasHapus
  23. Ini acaranya manfaat banget loh, sayang sekali jika dibatasi hanya untuk "emak-emak" saja.

    Apa kami perlu membuat bapak-bapak blogger? Ehehee.

    Tapi sepakat untuk beberapa poin, dengan menjamurnya travel blogger ciri khas penulisan menjadi penting. Bercerita dengan gaya bahasa yang menarik akan lebih baik ketimbang "hanya" menuliskan catatan perjalanan belaka.

    BalasHapus
  24. Lihat foto perjalanan Marischka bikin mupeng ya mba..iya trendnya sekarang semua orang sudah sadar jalan-jalan, sudah jadi kebutuhan..dan informasi dari travel blogger sangat membantu..

    BalasHapus
  25. Dan postingan ini-pun mengingatkan bahwa saat ini aku memang butuh liburan :'D
    Selama ini tiap kali liburan, rasanya hanya 1-2 yang pernah diabadikan dalam post di blog entah sekedar untuk berbagi cerita ataupun informasi 😅

    BalasHapus
  26. Harus nabung aku huhuhu biar bisa jd travel blogger & nunggu anak gede dulu tentunya

    BalasHapus
  27. kalau misalnya pakai travel gimana cara buat nunjukin pergi ke suatu tempat ya, kadang kan sudah paketan dengan kendaraannya, itu yang suka aku bingung buat jelasin

    BalasHapus
  28. Hi mbak. Seneng rasanya nemu blog ini karena saya jadi bisa nemu postingan ini. Thank you informasinya ya mbak, hehe. Saya juga pengennya "make money from blogging", tapi apalah daya saya yg suka mood-mood an update blog kalau gak nemu inspirasi apa yg mau ditulis :( Mungkin sepertinya saya harus ikut komunitas kayak gitu jg kali yaaa, biar inspirasi ngalir terus hehe. Btw salam kenal mbak :)

    BalasHapus
  29. Wah Mba Pru roadshow ke beberapa daerah juga ya. Moga berkah berbagi ilmunya dan makin sukses ngeblognya.

    BalasHapus
  30. Biasanya aku tergoda dengan foto-foto travelling yang kece sih, jadi pengen ikutan kesana :)

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkomentar yang positif yaa.. Jangan ragu untuk memberi saran dan tanggapan positif, untuk curhat pengalaman juga boleh feel free selama masih sopan
Salam hangat dari Mojang Ciamis

COPYRIGHT © 2017 · MUDRIKAH STORIES | THEME BY RUMAH ES