2.25.2017

Workshop Short Travel Videography 2.0 Bersama Mas Teguh Sudarisman

Selain melalui tulisan sekarang informasi bisa kita sampaikan dengan cara yang lebih atraktif yaitu dengan merekamnya dalam sebuah video, tapi membuat video yang baik dan bisa disukai banyak orang ternyata gampang-gampang susah. Buat aku sendiri sih agak susah ya, susahnya kenapa karna aku belum tau bagaimana cara membuat video yang menyenangkan, tidak monoton dan bersifat informatif. 

Good News kali ini aku mau cerita tentang pengalaman mengikuti Workshop Short Travel Videography 2.0 yang diadakan oleh Mas Teguh Sudarisman bekerjasama dengan Aston Rasuna Jakarta, saat melihat infonya di status mas Teguh aku langsung mengajukan diri untuk ikut acara ini. 
Aku berani mengajukan ikut karena Salah satu persyaratan mengikuti acara ini adalah sudah pernah mengikuti Workshop 1.0 dan aku memang sudah pernah ikut sesi pertama ini. Dan alhamdulillah aku bisa jadi salah satu bagian dari peserta yang terpilih.


Workshop ini tepatnya diadakan di the bridge room aston rasuna, sempet muter-muter sih pas nyari lokasinya karna baru pertama kali menuju aston rasuna, tapi akhirnya ketemu juga setelah bertanya beberapa kali pada security.

Meskipun sedikit terlambat dari jadwal yang ditentukan aku masih bisa mendapatkan ilmu dari trainer pertama yaitu Kang Dudi Iskandar. Saat mengikut workshop yang pertama aku juga bareng sama kang dudi, tapi saat itu kami sama jari peserta tapi sekarang beliau hadir sebagai trainer sama seperti mas Teguh. Proud of you kang dudi. Hhee
Nah ini dia beberapa tips dan trik yang kang dudi sampaikan dalam proses pengambilan video :
  • Kenali fitur kamera
Sebagus apapun kamera yang kita miliki, tapi kita tidak mengenal cara penggunanannya dengan baik tidak mustahil hasil shot yang kita dapat bisa kalah dengan fitur kamera biasa, tapi si pengguna bisa memaksimalkan cara penggunaanya.
  • Pilih Resolusi Maksimal
Disarankan menggunakan resolusi yang maksimal, Agar gambar video yang dihasilkan lebih jernih dan jelas. 
  • Atur Jarak dengan Objek, terkait suara
Baik kamera pro ataupun kamera ponsel memang terbatas dalam hal pengambilan suara, maka untuk menyiasatinya kita harus menyesuaikan jarak kamera dengan objek agar suara dari objek bisa terdengar lebih jelas
  • Atur Cahaya
Nah, cahaya ini adalah hal yang paling penting dalam pengambilan gambar baik itu untuk foto ataupun video. Sumber cahaya sendiri bisa berasal dari cahaya matahari ataupun lampu, jangan sampai terlalu terang ataupun terlalu gelap karena akan sangat berpengaruh pada hasil video. 
  • Pastikan Lensa Bersih
Harus rajin bersihin lensa kamera, minimal saat kita akan gunakan untuk mengambil gambar.
  • Coba Variasi Angel
Catatan untuk pemula seperti aku, harus sering-sering coba ambil gambar dari sudut yang berbeda. Tidak hanya mengambil darinbagian depan saja, atau lurus, kita juga bisa coba dari berbagai sudut objek agar gambar yang dihasilkan lebih bervariasi dan mengandung unsur seni. 
  • Olah Dengan Aplikasi
Agar hasil video yang nantinya kita share lebih menarik, maka kita bisa gunakan aplikasi untuk mengedit, memperbaiki kekurangan gambar serta menambahkan animasi-animasi agar video kita tidak monoton.

Ini dia nih bagian paling menyenangkan dari rangkaian membuat video, yaitu bagian edit-mengedit. Gimana gak menyenangkan coba, aku yang awam membuat video dan  bisanya cuma nonton video jalan-jalan orang-orang diiklan-iklan atau di channel youtube, terus bergumam "kok bisa sih itu videonya ada tulisan gerak-geraknya, atau ko backsongnya bisa sih di mix sama suara si pembawa acara" sekarang bisa ikutan edit-edit video, dikasih tau pakai aplikasi apa aja dan bagaimana cara gunakan aplikasinya. Ya mau banget lah gak cuma mau aja.

Diworkshop ini kita diajarkan buat mempercantik video dengan animasi-animasi yang diolah menggunakan aplikasi yang simple tapi tetap tidak mengurangi keindahan video. 

Saat pengambilan video ada beberapa cara Shoot yang digunakan diantaranya : 
  • Close up muka
  • Close up aktivitas
  • Wide shot
  • Side Shot
  • Over the shoulder shot
Tips dan Trik Shoot
  • Untuk mengambil gambar disarankan cut-to-cut, tiap syut disarankan kurang lebih 10 detik, dan sebisa mungkin harus tahan nafas agar tidak shaking, atau bisa juga menggunakan tripod agar gambar lebih stabil. 
  • Cek hasil syut, agar kiya bisa mengulang apabila ada hasil gambar yang shaking atau kurang pas.
Diawal tadi aku sempet bilang pernah bertanya-tanya ko bisa backsong video di mix sama suara si pembawa acaranya atau dubbernya, sekarang aku mau Kasih tau dulu website yang menyediakan free backsong yang ciamik buat video. 
  • Bensound.com
  • FreeMusicArchieve.org
  • JoshWoodWard.com
  • FreeSoundtrackMus.com
Sekarang waktunya praktek langsung nih, kami dibagi beberapa kelompok untuk meliput langsung kegiatan yang ada di aston rasuna Jakarta. Aku sendiri masuk dikelompok 4 dengan trainer kang dudi, tugas kami meliput aktifitas di Swarga Salon & Spa aston. Kami sangat antusias saat melakukan syut terlebih staff di swarga salon & spa juga sangat kooperatif membantu kami saat syut, malah ada yang menjadi model dadakan dan bersedia kami minta take berulang-ulang untuk pengambilan video.

Waktunya teori yang tadi dijelaskan kang dudi dan yang sebelumnya pernah dijelaskan oleh mas Teguh kita terapkan secara langsung, meskipun memang belum bisa seperti profesional tapi kami berusaha untuk menghasilkan video yang terbaik.
Pengambilan videopun berjalan sekitar 1jam, sayangnya ada beberapa tempat seperti kamar spa dan kamar mandi yang pencahayaannya agak redup sehingga tidak terlalu Bagus saat diambil gambarnya, tapi tenang saja masih banyak objek-objek menarik lainnya yang berhasil kita ambil. 

Selesai mengambil gambar kami istirahat sejenak sambil berbincang dengan peserta lain yang beberapa diantaranya belum aku kenal, ditemani juga hidangan kue-kue lezat yang sudah disediakan staff aston. 

Editing Video 
Sekarang kita belajar cara editing video menggunakan aplikasi Power Director (disarankan yang pro), Quik, dan Legend. Ketiga aplikasi ini bisa di download di playstore secara free, tetapi untuk power director yang free masih ada watermarknya jadi disarankan bisa beli yang pro saja harganya dibawah Rp. 100.000 tepatnya aku lupa, karna sudah lama beli yang pro sekitar pertengahan 2015.
  • Legend
Aku mau bahas tentang legend dulu ya, jadi aplikasi legend ini adalah aplikasi pengolahan teks menjadi animasi biasanya digunakan saat awal atau akhir video, atau kalau mau diselipkan ditengah-tengah juga tidak apa-apa, why not?! 
Pertama kita edit tulisan sesuai kebutuhan video kita, lalu klik tanda play yang berada ditengah, kita bisa bilih animasi sesuai selera, monggo dipilih-pilij mana yang kira-kira cocok sama video kita. 
Kemudian save hasil kerja kita dengan format video.

  • Quik
Aplikasi Quik ini fungsinya sebagai editor video juga, quik ini mempunyai beberapa theme video. Kalo kata kang dudi ini aplikasi video buat orang yang males mikir, tinggal insert-insert aja potongan videonya, nanti biar quik yang handle animasinya.

  • Power Director
Aplikasi Power Director ini buat aku adalah dasar dari edit-edit video, kita bisa belajar edit video secara manual seperti 
Ini hasil videoku saat ikut workshop.

Nah gimana nih, tertarik gak buat coba bikin video dengan hanya berbekal smartphone? Hasilnya gak kalah Bagus lhoh sama kamera pro.
Ini hasil video aku pas workshop kemarin
video

Oiya kalau teman-teman berminat buat ikut Workshopnya mas Teguh bisa pantengin aja di akun fbnya mas Teguh Sudarisman, beliau biasanya rajin belajar bagi ilmu tentang videography.

Sekian ceritaku tentang pengalaman mengikuti Workshop Short Travel Videography 2.0, semoga bermanfaat, hasil video lainnya bisa dilihat dichannel youtube aku ya

2 komentar:

  1. Nice sharing kak Mudrikah :) Kebetulan aku lagi seneng ngutak-ngatik fungsi ponsel supaya lebih maksimal untuk kegiatan blogging :)

    BalasHapus
  2. aku kudu follow beliau nih

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkomentar yang positif yaa.. Jangan ragu untuk memberi saran dan tanggapan positif, untuk curhat pengalaman juga boleh feel free selama masih sopan
Salam hangat dari Mojang Ciamis

COPYRIGHT © 2017 · MUDRIKAH STORIES | THEME BY RUMAH ES