11.17.2017

Puncak Acara Hari Kesehatan Nasional

Hallo teman-teman, apa kabar nih, sehat-sehat kan ya. Ngomong-ngomong masalah kesehatan temen-temen udah tau GERMAS belum? Itu lhoh Gerakan Masyarakat Hidup Sehat, yaitu program dari pemerintah yang terus digalakan oleh kemenkes agar masyarakat indonesia bisa menerapkan pola hidup sehat. Salah satunya adalah rutin mengkonsumsi buah dan sayur, olahraga teratur, hindari bergadang, rutin periksa kesehatan, jaga kebersihan lingkungan dan tidak merokok.


Ada yang berbeda dari Car Free Day ku pada minggu 12 Nov 2017, biasanya aku ikut senam atau zumba didaerah monas. Tapi kali ini pagi-pagi aku sudah sampai di bundaran HI untuk mengikuti puncak acara dari Hari Kesehatan Nasional yang ke 53.

Dengan mengusung tema “Sehat Keluargaku Sehat Indonesiaku" Kementrian kesehatan juga menggalakkan Program Indonesia Sehat melalui Pendekatan Keluarga yang menekankan keluarga sebagai bagian penting dalam  mendorong  masyarakat yang mandiri untuk hidup sehat.

Puncak peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-53 diawali dengan dimulainya kegiatan Karnaval Sehat Gerak Jalan dari titik start Patung Kuda Silang Monas pada pukul 06.15 WIB, hingga sampai di Bundaran Hotel Indonesia.

Kemudian kegiatan bersepeda yang dimulai dari kantor kementrian kesehatan, senam peregangan dan juga ada bazaar buah dan sayuran. Saat acara hadir Mentri Kesehatan Indonesia Ibu Nila Moeloek dan juga Bapak Wakil Presiden Bapak Jusuf Kala. 


Aku sendiri mulai sadar bahwa konsumsi buah dan sayur itu sangat penting, karena saat aku jarang konsumsi sayur dan buah pasti saja pencernaannya terganggu, BAB gak lancar.

Pola hidup yang kurang baik sangat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh kita, apalagi sekarang sedang marak-maraknya makanan instant ini sangat beresiko terhadap terjangkitnya Penyakit Tidak Menular seperti jantung koroner, kanker, dan juga tumor. Gak mau kan ya kalo keluarga kita terjangkit penyakit tersebut. 

Lingkungan keluarga memberikan dasar bagi seseorang untuk memiliki kebiasaan, perilaku dan gaya hidup yang sehat. "Oleh karena itu, kita perlu terus berupaya untuk membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat pada masyarakat mulai dari lingkungan keluarga", pesan Menteri Kesehatan Nila Moeloek.

Bpk Jusuf Kalla juga menyampaikan bahwa "Jangan menjadikan Rumah Sakit sebagai Icon kesehatan, karna RS adalah pilihan terakhir untuk penyembuhan, jadi semakin sepi RS di suatu kota semakin sehatlah kota tersebut"

Peringatan HKN saat ini, merupakan momentum untuk meneguhkan kembali komitmen, menguatkan tekad serta menggugah semangat kita semua, agar senantiasa memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat serta terus berupaya menyadarkan masyarakat agar mandiri dalam aspek kesehatan. 


Ini dia para pemenang Karnaval Sehat GERMAS dalam rangka Hari Kesehatan yaitu: Juara III diraih oleh Lembaga Administrasi Negara (LAN). Juara II diraih oleh BPPK Jakarta. Sementara itu, juara karnaval sehat GERMAS HKN ke 53 diraih oleh Kementerian Pertahanan. Selamat ya kepada para pemenang.

Nah jadi harus benar-benar diingat dan diterapkan ya teman-teman gerakan masyarakat hidup sehat agar kita bisa terhindar dari penyakit-penyakit, lebih baik mencegah dari pada mengobati. Salam sehat.

1 komentar:

  1. Yap benar makan buah dan sayuran bab lancar, pagi pagi udah bab. Gak takut kena wasir

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkomentar yang positif yaa.. Jangan ragu untuk memberi saran dan tanggapan positif, untuk curhat pengalaman juga boleh feel free selama masih sopan
Salam hangat dari Mojang Ciamis

COPYRIGHT © 2017 · MUDRIKAH STORIES | THEME BY RUMAH ES