Body Rafting Green Canyon Pangandaran Mencoba Lebih Dekat Dengan Alam

Berbicara mengenai tempat wisata, Indonesia memang tidak pernah kehabisan spot-spot cantik untuk dijelajahi. Dari mulai objek wisata yang sudah terkenal dimancanegara hingga tempat wisata baru yang mungkin belum banyak masyarakat yang mengetahuinya. Tapi ada gak sih yang ngalamin kayak aku, yang lebih sering explore wisata di daerah lain, tapi wisata didaerah sendiri malah jarang dikunjungi. Duh maaf banget ya, mulai sekarang aku coba kunjungi tempat wisata di di daerahku deh.

Nah Salah satu objek wisata yang pernah aku kunjungi adalah Green Canyon Pangandaran.
Green Canyon atau yang oleh masyarakat sekitar disebut Cukang Taneuh atau jembatan tanah berlokasi di Desa Kertayasa Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran. Objek wisata yang berada di daerah Cijulang ini terkenal dengan pemandangannya yang eksotis dan menantang.

Pangandaran memang terkenal dengan wisata pantainya, tetapi Green Canyon sedikit berbeda karena disana kita tidak akan menemukan laut melainkan kita akan berwisata ke daerah dataran tinggi. Aku sendiri sudah tidak asing dengan wisata pangandaran, karena jaraknya cukup dekat dengan rumah, sekitar 3 jam perjalanan menggunakan motor atau mobil. Akan tetapi baru kali ini mencoba berwisata ke Green Canyon bersama teman kerja dari Jakarta.

Kami menggunakan mobil sewaan dari Jakarta, berangkat sekitar pukul 9 malam dan sampai di pangandaran sekitar pukul 8 pagi, perjalanan yang cukup melelahkan.

Di Green Canyon ada dua kegiatan yang bisa kita lakukan yaitu Body Rafting dan berkeliling sungai menggunakan perahu. Jadi bagi yang tidak mau mencoba Body Rafting bisa mencoba berkeliling dengan naik perahu.

Tapi saat berkunjung ke Green canyon rasanya tidak lengkap kalau gak mencoba Body Rafting, akhirnya kami semua memutuskan untuk mencoba Body Rafting meskipun belum ada bayangan sama sekali, modal nekad aja kapan lagi coba bisa merasakan keindahan alam secara langsung, udah jauh-jauh masa gak mau coba kegiatan khas Green Canyon. Setelah nego harga dengan beberapa pemandu wisata akhirnya kami deal dengan harga Body Rafting Rp. 200.000, awalnya Rp.250.000 dengan makan siang tapi kami tawar aja jadi 200 ribu.

Saat itu kami menggunakan jasa pemandu Janggala Adventure, untuk keamanan saat Body rafting semua peserta harus menggunakan safety tools yaitu helm, pelampung, pengaman lutut serta sepatu khusus. Kita juga akan di briefing terlebih dahulu sebelum nyemplung ke air, pemandu wisatanya akan menginformasikan apa saja yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan saat nanti kita sedang menyusuri sungai.

Dari lokasi wisata utama kita harus menggunakan mobil atau motor untuk menuju bagian atas hulu sungai, biasanya dari pihak travel sudah menyediakan mobil  pick up, kalau mau jalan kaki juga boleh sih, tapi mungkin nyampenya nanti sore, oia nama sungai yang akan kita arungi adalah sungai  Cijulang.

Aku kira setelah turun dari mobil kita bakalan langsung nyemplung ke air, ternyata untuk menuju ke sungai kita harus menuruni semacam bukit kecil, lokasinya yang cukup tinggi dan curam mengharuskan kita untuk berhati-hati saat menuruni bukit menuju hulu sungai.

Tibalah saat yang ditunggu-tunggu, welcome to the river. Saat kami berkunjung ke Green Canyon sekitar bulan Juni pas banget musim kemarau sehinggga airnya berwarna hijau tosca dan arusnya pun tidak terlalu besar.

Green Canyon ini berbentuk lembah atau ngarai sehingga kita bisa menikmati sejuknya air sungai yang diapit oleh dinding-dinding batu dengan ukiran yang langsung dipahat oleh alam. Sesekali terdengar gemericik air yang mengalir disela-sela bebatuan membuatku sungguh takjub dengan keindahan alam green canyon ini. Dan yang buat aku terkagum-kagum sekaligus geli dan takut, dibebatuan sekitar sungai banyak sekali kepiting-kepiting kecil yang jumlahnya mungkin ratusan atau ribuan, tapi tidak berbahaya.

Saat aliran sungai tenang kami saling sambung-menyambung dengan teman yang lain dengan cara orang yang berada didepan kita badannya bertumpu pada kaki kita, begitu seterusnya hingga membuat barisan yang cantik apabila dilihat dari atas. Saat melewati aliran sungai yang deras atau ada bebatuan yang cukup besar, maka satu persatu dari kami akan dibantu oleh pemandu wisatanya.

Kami ber-16 orang dikawal oleh 3 Pemandu wisata, ceileh bahasanya dikawal, iya deh ganti didampingi, kok malah baper ya kalo pakai kata didampingi, yowes ganti dipandu oleh 3 pemandu wisata dari Janggala Adventure. Akang-akang ini yang aku sudah lupa namanya, adalah pemandu yang sudah profesional, selain sudah mengenal medan sungai cijulang mereka juga pastinya pintar berenang, jadi kita gak khawatir.

Sekitar setengah perjalanan kami beristirahat di tempat yang menyediakan makanan dan minuman, aku sampai heran ternyata ditengah-tengah sungai ada yang jualan lhoh. Disana kami bersama rombongan lain beristirahat sejenak, untuk memulihkan energi yang jujur hampir terkuras. Untungnya kami sudah makan tadi sebelum nyemplung ke air.

Setelah selesai kamipun meneruskan perjalanan dan akhirnya tiba di spot paling menegangkan yaitu arus Blender. Dinamakan arus blender karna apabila kami melewati bagian itu maka kita akan dibawa memutar dibawah air seperti di blender. Dengan modal nekad akupun mencoba si arus blender dan dibuat muter-muter dibawah air tanpa bisa bernafas kayak lagi diblender sekitar 2-4 menit kayaknya, dan saat menyembul dari air sorak sorai dari teman-teman lainpun terdengar, seolah aku sudah memenangkan suatu permainan atau pertandingan.

Bagi yang tidak berani jangan khawatir kalian bisa menggunakan jalur lain, yaitu jalur darat dengan sedikit mendaki bebatuan disisi sungai. Tapi percaya deh kalian harus coba si Arus Blender ini, seru gila, bener-bener memacu adrenalin.

Setelah sekitar 3 jam menjelajah sungai cijulang dengan segala keindahan dan keseruannya akhirnya sampailah kita di bagian hilir sungai, dan didepan sana sebuah perahu kayu sudah menunggu untuk menjemput kami menuju ke lokasi wisata utama. Yang aku suka  juga dari Body Rafting di Green Canyon ini adalah membudayakan sistem antri. Karna buka cuma aku dan teman-temanku aja yang hari itu ikutan Body Rafting banyak juga rombonga lainnya, bahkan ada beberapa Teteh dan Akang Bule yang ikut. Maka saat rombongan lain belum menyelesaikan jalurnya, kami dengan tertib menunggu terlebih dahulu, itung-itung sekalian istirahat.

Gimana teman-teman tertarik gak buat menjelajah sungai cijulang ?? Jangan lupa kalau temen-temen main ke pangandaran harus coba Body Rafting di Green canyon, pasti menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Ada dua tips dari aku buat kalian yang memutuskan mencoba Body Rafting di Greem Canyon
  • Makan sebelum memulai permainan, karena perjalanannya ini lumayan panjang teman-teman dan banyak mengeluarkan tenaga. Selain itu kan kita berendam terus di air, pastinya dingin, kalau dingin kan cepet lapar.
  • Pakailah pakaian yang nyaman.  Jadi agak kompleks nih, jangan gunakan pakaian yang terlalu tebal karna berat gaea pas kita renang.  Pakailah pakaian yang panjang dan jangan tipis-tipis banget agar melindungi kulit, karna si batu-batu itu agak tajem gak mau kan sampai kulit kita luka-luka.
  • Siapkan koyo atau obat gosok atau apalah itu yang bisa meredakan pegal-pegal, karna setelah Body Rafting Badan kita benar-benar serasa digebukin orang se-RT, pegal-pegal semua. Ini bukan lebay atau hoax, malamnya badan berasa remuk, mungkin karna jarang olahraga kali ya sekalinya olahraga seluruh anggota tubuh bener-bener digerakin.
Nah bagi teman-teman yang kepengin coba berwisata ke Green Canyon ada beberapa alternatif kendaraan umum.
1. Mobil Umum
dari Jabodetabek naik bis jurusan Pangandaran, kemudian dari terminal bisa naik angkot menuju Green Canyon
kalau bingung bisa tanya saja pada warga sekitar insya alloh akan di bantu.
2. Kereta
Gunakan kereta Serayu nanti silahkan turun di stasiun Banjar. Kemudian naik Bus yang menuju ke pangandaran/cijulang, kemudian bisa naik ojek untuk sampai di lokasi wisata

Adeku hebat ikutan Rafting

Pengalaman menyusuri sungai cijulang ini benar-benar hal yang tidak bisa aku lupakan, rasa sejuk air sungai saat meresap dikulit, gemericik suara air mengalir disela-sela bebatuan, hijaunya air sungai berkilau diterpa sinar matahari begitu menyejukan mata serta hati siapapun yang melihatnya.

34 komentar

1. Waaa, seru banget.. Fotonya kece yang dari atas gitu lagi pada baris.. :D Jalan-jalannya sama adek juga ya Mba Mude.. :) Perjalanan dari Jakarta ke sana lama juga ternyata ya mba..

BalasHapus
  2. Keren banget...sayang gie ga brani wkwkwkwkkkk, kaga bisa berenang dan emang takut aja bawannya gegara dulu pernah di'tenggelamkan' sama sodara wwkkwkwkwkk.

3. aku pernah sekali cave tubing gitu, kalo rafting belum pernah cuma pengalaman kayak gini seru banget mbak.

4. Kangen ke Pangandaran, boleh neh next kesana lagi.

5. Aku juga pernah body rafting di sini. Segerrrr

6. Rafting selalu seruuu, btw airnya hijau gt

7. Aahhh seru banget aku belumkesampean ke green canyon, nanti ah pengen ajak keluarga kesana sekalian.

BalasHapus
  8. Terakhir ke sini malah hujan, jadi tempatnya ga bisa dipakai untuk body rafting huhu. Mupeng euy lihat ini!

9. Duuuh, GC ini jadi kebawa mimpi, suatu saat akan singgah dan menjejakkan kaki di GC. Indah bangeeet.

10. 8 kali ke pangandaran masuk GC cuma sekali... kakak mudreee ajak2 akuu donk kesanaaaaa

BalasHapus
  11. Ih seru banget sih. Jadi pengen. Bayarnya juga kayaknya standart sih yah kalo menurutku nggak terlalu mahal cuma Rp 200 ribuan. 😱😍

12. Wiiikss, seruu banget nget!
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

BalasHapus
  13. sering dengar tentang green canyon dan aktivitasnya.. mudah2an swaktu2 bisa kesini. Bagusnya rame rame ya mba kalau kesini

14. tahun 2013 pernah ngerasain serunya Green Cannyon ini, salh satu destinasi yang kalau di kesana lagi bakalan tetep suka dan pengen

15. Seru banget! Aku suka banget body rafting. memadu adrenalin. keren banget, pingin coba...tks infonya

BalasHapus
  16. Seru bangeeeet, kayaknya segaaar bermain air disini sambil memacu adrenalin ikutan body rafting :D

Cheers,
    Dee - heydeerahma.com

17. Wuaaahhh...gagal melulu nih mw ke green canyon
    Aktifitas body rafting itu ga kalah menantang..harus jadi agenda ini

18. Nggak kebayang body rafting, pasti sangat menantang. Lha saya gak bisa berenang, jadi suka keder duluan.

BalasHapus
  19. Wah seru banget, kayknya menantang, menegangkan, jadi pengen.

20. Saya tahu wisata ini udah lamaa banget, dulu dia pernah post di blog multiply. Ternyata sekarang bisa body rafting ya, seruu mbak. :)

21. Saya belom pernah ke grand canyon nih....mudah-mudahan setelah anak-anak udah gedean bisa rafting di sana :)

22. Wah ngeliat tulisan ini. Kangen pingin kesana lagi

23. Beberapa kali kalau ke pnd, cuma lewat aja nih, lain kali bisa lah tak mampir sini. Ajak teman-teman biar lebih seru ya, Teh..

24. Berama-sama itu nikmat, hehe... pakai mobil umumnya sepertinya pilihan yang baik jika ke Pangandaran

BalasHapus
  25. Keren,, Sarana buat mencintai dan menjaga alam..

26. seru liatnya, suatu hal yang baru. kapan-kapan mo coba body rafting

27. Dulu pernah rafting pake perahu karet di sungai Elo magelang. Sama sih, badan kayak digebuki, capek banget sampai seminggu baru hilang. Kalo body rafting aku belum pernah, penasaran sih tapi juga agak takut, hihii

BalasHapus
  28. Seru banget body raftingnya. Ini salah satu destinasi wisata yang kepingin aku kunjungi tapi belum kesampaian sampai sekarang. Makasih juga tipsnya mbak bisa untuk catatan aku kalau nanti berkunjung ke sana.

29. Aku pernaaaah body rafting waktu abis kuliah. Mana ujan2, arus besar. Tapi alhamdulillah selamat. Rombongan lainnya ada yang hanyut dan bareng sama rombongan kita deh akhirnya. Padahal berdua doang

30. Ini sih parah serunya.. Dari foto2 & alur ceritanya aja udah bikin excited tak terkira..

BalasHapus
  31. Aihhhhh...seru banget kayaknya,, menantang banget lebih tepatnya hehe.

32. hwaaaaa pas aku tinggal di bandung tuh sempet mau ke sini tapi gak jadi2
    sekarang udah balik ke kediri jadi ribet deh kalo mau ke sana
    pengeeeeennnn

BalasHapus
  33. Wah seru banget Mba, buat anak kecil di bawah 7 tahun bisa gak ya.....

Terimakasih sudah berkomentar yang positif yaa.. Jangan ragu untuk memberi saran dan tanggapan positif, untuk curhat pengalaman juga boleh feel free selama masih sopan