Cari Pinjaman Uang Tunai Tanpa Jaminan dan Slip Gaji

Cari Pinjaman Uang Tunai Tanpa Jaminan dan Slip Gaji. Jika tidak merencanakan keuangan secara baik dan sejak jauh-jauh hari, bisa-bisa semua kebutuhan yang sudah jatuh tempo akan membuat kantong menjerit. Bahkan, tidak jarang beberapa orang memilih untuk meminjam dana ke orang lain atau lembaga khusus peminjaman uang agar bisa menutup kebutuhan-kebutuhannya.



Apalagi jika kita hendak mengajukan pinjaman konvensional ke bank, maka sudah pasti akan turut dibutuhkan barang jaminan atau agunan. Kita harus menyiapkan tidak hanya setumpuk dokumen namun juga barang atau surat berharga sebagai jaminan. Hal ini bisa jadi memberatkan karena barang akan disita pihak bank jika kita tidak dapat melunasi pinjaman sesuai dengan batas waktu yang ditetapkan. 

Pilihan lain adalah memanfaatkan produk Kredit Tanpa Agunan atau KTA yang juga biasa disediakan oleh bank-bank swasta. Akan tetapi, cari pinjaman uang tunai tanpa jaminan juga bukan tanpa masalah. Banyak dokumen yang harus disiapkan, salah satunya adalah bukti penghasilan dalam bentuk slip gaji. 

Masalahnya adalah, bagaimana dengan mereka yang tidak tercatat bekerja di sektor formal ataupun kantornya tidak memiliki slip gaji? Akankah mereka masih dapat mengakses produk KTA dari bank? Ternyata, ada beberapa bank yang tidak mensyaratkan slip gaji dalam pengajuan KTA. Aneka bank ini bisa jadi pilihan kita dalam mengajukan pinjaman tanpa jaminan. 

1. Tunaiku – Amar Bank
Bank Amar Indonesia atau kerap disebut juga sebagai Amar Bank menyediakan produk pinjaman KTA tunai dengan nama Tunaiku. Plafon pinjamannya sendiri mulai dari Rp2 juta sampai dengan Rp10 juta. Syarat-syarat yang harus dipenuhi terbilang mudah. Berikut adalah syarat-syaratnya.

  • Warga Negara Indonesia berusia minimal 21 tahun dan maksimal 60 tahun saat pelunasan
  • Pendapatan minimal per bulan Rp2 juta
  • Lama bekerja minimal adalah 3 bulan, baik status kontrak ataupun permanen
  • Memiliki nomor telepon tetap atau nomor telepon kantor
  • Tidak membutuhkan kepemilikan kartu kredit
  • Tidak perlu melampirkan slip gaji atau bukti penghasilan
  • Dokumen yang dibutuhkan antara lain Fotokopi KTP,  Kartu Keluarga atau keterangan telah menikah jika statusnya menikah, Fotokopi buku tabungan ataupun rekening bank.
  • Jangka waktu pinjaman Tunaiku di Amar Bank ialah mulai dari 6 hingga 12 bulan. 

2. Dana Cinta CTBC – Bank CTBC
Pinjaman KTA yang tanpa harus melampirkan slip gaji juga ditawarkan Bank CTBC Indonesia. Namanya adalah Dana Cinta CTBC Indonesia serta Dana Cermat CTBC Indonesia. 
Dana Cinta CTBC Indonesia menyediakan pinjaman tunai KTA yang plafonnya mulai dari Rp. 5000 000 hingga Rp. 200.000.000 atau 8 kali penghasilan per bulan. 

Tenor atau periode pinjaman ialah hingga 60 bulan atau sama saja dengan 5 tahun. 
Berikut adalah syarat-syarat pengajuan KTA di Bank CTBC:
  • Status peminjam bebas apakah karyawan, profesional atau wiraswasta
  • Usia mulai dari 21 tahun sampai dengan 55 tahun
  • Pendapatan minimal adalah Rp2.5 juta per bulan untuk peminjam di wilayah Jabodetabek serta Rp2.1 juta bagi peminjam di luar Jabodetabek apabila peminjam telah memiliki riwayat peminjaman sebelumnya
  • Pendapatan minimal Rp5 juta per bulan jika peminjam sebelumnya tidak memiliki riwayat peminjaman. 

3. Dana Bantuan Sahabat – DBS Indonesia
KTA DBS dengan nama Dana Bantuan Sahabat termask juga dalam kategori KTA yang tidak mensyaratkan slip gaji. Produk ini juga akan memberikan pinjaman dana segar hingga Rp.200.000.000  untuk nasabah yang kelak dianggap layak. 

Sementara lama cicilan mulai dari 12, 24 hingga 36 bulan lamanya. Peminjam yang dapat mengakses produk ini tidak hanya terbatas pada mereka yang berstatus karyawan. Kalangan wiraswasta atau mereka yang pendapatannya tidak tetap juga bisa mengajukan KTA. 

Berikut syarat-syarat pengajuan KTA di Dana Bantuan Sahabat:
  • Usia minimal 21 tahun dan maksimal 55 tahun saat pelunasan
  • Penghasilan minimal Rp3 juta per bulan bagi karyawan dan Rp5 juta per bulan bagi wiraswasta atau profesional. 
  • Harus memiliki pinjaman berjalan, misalnya kredit rumah atau mobil
  • Memiliki kartu kredit yang limitnya 8 juta
  • Tidak wajib melampirkan slip gaji bagi calon peminjam yang hendak mengajukan pinjaman. 
  • Dokumen yang harus dipenuhi di antaranya: KTP elektronik, Nomor telepon pemimjam
  • Nama perusahaan tempat peminjam bekerja.

4. KTA Plus KEB Hana Bank
Kredit Tanpa Agunan KEB Hana Bank juga tidak mensyaratkan slip gaji. Plafon yang disediakan mulai dari Rp.5000.000 hingga Rp.200.000.000. Tenornya sampai 3 tahun. Bunganya juga cukup menarik karena ada di kisaran 0.95%. 

Persyaratan yang harus dipenuhi juga cukup mudah, diantarany : 
  • Warga Negara Indoensia berusia minimal 21 tahun atau sudah menikah dan maksimal 55 tahun. 
  • Penghasilan tetap per bulan minimalnya aalah Rp3.5 juta dan telah menjadi pegawai tetap selama minimal 1 tahun. 
Kita bisa menghubungi call center doctor rupiah untuk mendapat keterangan lebih lanjut terkait produk KTA dari bank serta lembaga peminjaman uang non bank. 

Secara umum syarat-syarat yang dibutuhkan dari tiap bank penyedia produk KTA adalah sama, diantaranya:
  • Usia minimal peminjaman 
  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi bku tabungan
  • Status Warga Negara Indonesia 
  • Serta penghasilan minimal per bulan dalam jumlah tertentu seperti yang ditetapkan. 
  • Persyaratan lain seperti slip gaji, NPWP, nomor telepon dan lain-lain bisa berbeda-beda antara lembaga peminjaman. Ada yang mensyaratkannya dan ada pula yang tidak. 

Peminjaman uang bahkan bisa dilakukan secara online. Seiring makin majunya teknologi, kini meminjam uang dapat dilakukan hanya dengan bermodalkan KTP saja serta melalui media online seperti website. Hal ini akan semakin memudahkan kita yang membutuhkan pinjaman secara mendesak dan dalam jumlah yang tidak terlalu besar. 

Walau meminjam uang semakin mudah sekarang ini, namun bukan berarti kita bisa mengajukan pinjaman seenaknya dan sesuka hati. Pinjamlah hanya ketika kita benar-benar membutuhkannya dan yakin akan bisa mengembalikannya tepat waktu.

Ingat bahwa dana yang diterima adalah hutang dan hutang tentu harus dibayarkan kembali. Jika tidak mengembalikan dana secara tepat waktu, akan ada biaya penalti yang dibebankan. Ini tentu akan membuat kita semakin repot karena harus mengeluarkan lebih banyak uang guna membayar pinjaman. 

Pinjaman dana juga tidak direkomendasikan apabila kita termasuk orang yang sukar mengatur keuangan ataupun gemar menghambur-hamburkan uang.

Pikirkan benar-benar apabila hendak mengajukan pinjaman. Pastikan dana tersebut memang dibutuhkan dan akan segera digunakan. Hindari meminjam uang hanya untuk membeli barang-barang yang diinginkan sesaat, seperti smartphone baru, pakaian baru dan lain-lain.

Selain itu, pinjamlah dana dalam jumlah yang dibutuhkan saja. Hindari meminjam dana secara berlebihan, bahkan walau sisa uang akan ditabung. Pinjaman yang terlalu besar akan memberatkan kita saat melunasinya nanti. Demikian adalah beberapa hal yang harus diperhatikan saat mengajukan pinjaman di bank ataupun lembaga peminjaman lain. 

Tidak ada komentar

Terimakasih sudah berkomentar yang positif yaa.. Jangan ragu untuk memberi saran dan tanggapan positif, untuk curhat pengalaman juga boleh feel free selama masih sopan
Salam hangat dari Mojang Ciamis