Hindari Kanker Payudara Dengan Mengenali Gejala Awalnya

Memiliki tubuh yang sehat tanpa penyakit apapun pastinya adalah dambaan setiap orang, baik pria atau pun wanita pasti ingin tubuhnya sempurna tanpa cacat satu bagianpun. Terutama bagi wanita yang notabene lebih memperhatikan penampilan dari pada kaum lelaki. Salah satu bagian tubuh yang menjadi kebangga wanita adalah payudara, kalau orang-orang bilang sih sebagai asset.

Bagaimana tidak penting nantinya saat kita sudah mempunyai buah hati maka dari payudara inilah akan keluar cairan yang sungguh ajaib yaitu Air Susu Ibu yanh sangat penting untuk pertumbuhan si kecil. Maka sudah selayaknyalah kita menjaga dan merawat payudara sebaik mungkin.

Tapi taukah teman-teman bahwa didalam diri setiap manusia memiliki sel kanker yang karena beberapa pemicu bisa menjadi ganas dan mematikan. Kanker payudara adalah salah satu jenis kanker pembunuh yang sudah memakan banyak korban terutama kaum wanita. Sebenarnya pria pun berpotensi mengalami kanker payudara, hanya saja persentasenya lebih kecil dibandingkan dengan wanita.

Aku jadi ingat drama korea yang aku tonton "Jealousi Incarnate" cerita nya tentang seorang reporter laki-laki Lee hwasin yang terserang kanker payudara, dia sangat syok, malu, dan sangat tidak percaya pada diagnosis dari dokter.

Karna dalam mindset dia, laki-laki tidak mungkin terkena kanker payudara. Tapi dalam drama ini menceritakan bahwa setelah berikhtiar dengan cara berobat penyakit kankernya bisa disembuhkan.

Berbicara mengenai penyakit kanker pada tanggal 4 Februari diperingati sebagai hari kanker sedunia. Dan pada tanggal 17 Februari aku mengikuti Inspiration Women bersama K-Link, acara ini dipersembahkan oleh Ladies Beauty Club salah satu komunitas yang dibentuk K-Link sebagai bentuk kepedulian terhadap wanita Indonesia, agar wanita Indonesia bisa berdayagun .


Informasi dari Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI) bahwa kanker payudara menduduki urutan nomor 1 di Indonesia. Hal ini dikarenakan tidak sedikit kaum wanita yang kurang mengerti akan pentingnya menjaga kesehatan dan keindahan organ tubuh seperti payudara. Hal inilah yang menjadi salah satu penyebab terjadinya kanker payudara. Secara rata-rata, setiap dua menit seorang wanita didiagnosa menderita kanker payudara dan satu wanita akan meninggal karena penyakit tersebut setiap 13 menit.

Namun bukan hanya pada wanita, kanker ini juga banyak ditemukan pada pria, di tahun 2017, diperkirakan ada 255.180 kasus kanker payudara invasive (berbahaya) yang ditemukan pada pria dan wanita. Sayangnya kanker payudara di Indonesia lebih banyak ditemukan pada stadium yang sudah lanjut.

Inspiration Women bersama K-Link
Acara yang menghadirkan narasumber yang kompeten dibidangnya ini mengajak kita agar lebih aware pada kesehatan agar kita bisa menghindari yang namanya penyakit kanker, dan juga cerita ibu Indira sang survivor kanker yang mendirikan komunitas Lavender.

Di acara ini hadir para pembicara yaitu :
1. Cancer Survivor/ CEO Fortune PR, Indira Abidin S.E., M.Ed.,Apri, EPC, APP
2. Product Executive PT K-Link Indonesia, Donny Juliadi S.Si
3. Medical Consultant PT. K-Link Indonesia, dr. Arief Munandar


Ibu Indira Abidin Seorang Survivor Kanker
Ibu indira bercerita mengenai pengalamannya saat menjalani hari-hari setelah dokter mendiagnosis nya mengidap kanker payudara. Ada hal yang sungguh diluar dugaanku, beliau bercerita setelah mendengar diagnosis dokter beliau tidak merasa sedih atau pun takut malah beliau sangat excited dengan hal tersebut.

Kalau di film-film nih ya pasti adegannya sambil nangis bercucuran airmata, terus nanya tuhan apa salahku hingga kau berikan ujian ini kepadaku" Kalian tau lah ya gimana adegan lebay kalo otang di diagnosis punya penyakit cukup berat,  tapi pertanyaan Bu Indira berbeda beliau bertanya dalam hati, hadiah apa yang akan Alloh berikan dibalik penyakit kanker yang saat ini menimpanya. Ibu Indira berpiki bahwa Alloh ingin menaikan derajatnya melalui penyakit kanker yang dideritanya.

Beliau sungguh berbesar hati menerima keadaan tersebut, pada awalnya beliau menyatakan ini sebagai anugerah dan beliau adalah penerima anugerah tersebut, tapi saat konsultasi dengan seorang dokter, disarankan ibu indira merubah pola pikir kanker sebagai anugerah karena apabila kanker ini dianggap sebagai anugerah takutnya si pasien akan berpikir "tidak apa-apa meskipun tidak sembuh kan ini anugerah" maka sang dokter menyarankan agar menggunakan istilah "penerima kurikulum kanker", nah kalau penerima kurikulum kan ada tujuannya yaitu harus lulus.

Akhirnya Ibu Indira memutuskan menjadi vegetarian, dan memperbaiki pola hidupnya, seperti tidak pernah begadang dan istirahat yang cukup. Sebagai seorang survivor kanker ibu indira juga terketuk hatinya untuk membantu orang lain yang sama nasibnya. Beliau mendirikan Komunitas  Lavender Cancer Support Group, sebuah yayasan sosial, wadah konunikasi dan edukasi bagi para penerima kurikulum kanker dan para pendukungnya.

Alhamdulillah tahun 2015 beliau dinyatakan sembuh dari kanker payudara, tapi beliau tetap konsisten dengan program pola hidup sehat serta komunitas lavendernya.

Saat mendengar cerita dari Ibu Indira aku merasa takjub dengan kebesaran hatinya, tentunya Juga kepada keluarga beliau yang Setia mensupport dalam proses penyembuhan.

Akan tetapi aku sadar tidak semua orang bisa sehebat dan seikhlas beliau saat mendapatkan penyakit kanker,  pengaruh dari lingkungan dan kondisi seseorang pastinya sangat berpengaruh para pola pikir orang dalam menerima sebuah penyakit.

Maka dari itu Dr . Arief munandar kali ini menerangkan bagaimana cara pencegahan agar kita tidak beresiko tinggi menderita kanker payudara. Karena lebih baik mencegah daripada mengobati toh.

Usaha Pencegahan Kanker

1. Menerapkan pola hidup sehat
Pastinya untuk mendapatkan rubuh yang sehat kita pun harus berusaha menerapkan pola hidup sehat dong ya, seperti berolahraga dengan teratur, makan makanan dengan gizi seimbang, menghidari rokok dan minuman keras, hindari begadang dan istirahat yang cukup, dan Juga hindari stress.

2. Pakailah Bra sesuai Ukuran Payudara
Mengetahui ukuran yang sesuai dengan payudara adalah hal yang sangat penting, jangan sampai karna kita misalnya ingin tampil sexy kemudian menggunakan ukuran yang tidak sesuai dengan payudara kita, contohnya ukuran bra terlalu kecil maka nantinya bisa menyebabkan sirkulasi udara dan darah tidak lancar dan bisa saja menyebabkan kanker payudara.

3.  Periksa Payudara Sendiri (SADARI) 
Lakukanlah pemeriksaan payudara secara rutin, terutama setelah menstruasi. Caranya mudah kok, kita bisa lakukan sendiri bisa saat atau setelah mandi dengan cara menekan lembut payudara kita, pastikan tidak ada benjolan di area payudara.

Apabila beberapa hal tidak biasa terjadi pada payudara kita, seperti:

  • Munculnya benjolan di payudara
  • Warna kulit payudara berubah
  • Puting terasa sakit
  • Muncul benjolan pada ketiak 

maka segeralah periksakan pada dokter dikhawatirkan itu adalah gejala awal dari kanker payudara.


4. Minum Multivitamin untuk daya tahan tubuh
Tidak bisa dipungkiri saat ini banyak sekali faktor external yang bisa merusak daya tahan tubuh kita, seperti polusi udara, cuaca ekstrim, dan juga fenomena makanan cepat saji. Agar anggota badan kita tetap bisa bekerja dengan normal maka perlu diberikan tambahan vitamin.

Bpk. Donny Juliadi selaku Product Executive PT K-Link Indonesia memberikan beberapa informasi mengenai produk dari K-link yang sangat cocok dikonsumsi untuk membantu menjaga daya tahan tubuh kita. Salahsatu produk yang baik untuk tubuh adalah Propolis Platinum. Propolis Platinum imi adalah minuman kesehatan yang mengandung senyawa resin, yang dihasilkan dari air liur lebah Brazil. Air liur lebah Brazil imi memiliki antibiotik alami karena mengandung senyawa aktif Bioflavonoid.

Propolis Platinum efektif menghambat pertumbuhan bakteri jahat, jamur dan virus.  Salah satu diantaranya virus tipe A dan tipe B yang menyebabkan Flu, Corona virus dan jenis-jenis virus lainnya. Selain itu, Propolis terbukti merangsang berbagai macam enzim, metabolisme sel, sirkulasi dan pembentukan kolagen, serta mempercepat proses penyembuhan pada luka bakar.
Apabila daya tahan tubuh kita kuat insya Alloh sel kanker yang terdapat dalam tubuh kita bisa tetap dalam keadaan normal.

Berbicara mengenai produk multivitamin, K-link merupakan salah satu perusahaan yang banyak sekali memproduksi vitamin ataupun obat yang bersifat herbal dan aman u tuk dikonsumsi. PT. K-Link Indonesia didirikan pada 2 Mei 2002, dengan kantor awal di kawasan Mall Mangga Dua, Jakarta Barat.

Dan sejak bulan Juli 2011, PT K-Link Indonesia pun kini semakin memantapkan posisinya dengan mendirikan gedung 25 lantai di salah satu jalan terkemuka di Jakarta, tepatnya berlokasi di K-LINK Tower, tepatnya di Jl. Gatot SubrotoKav 59A, Jakarta Selatan yang tentu akan menjadi tonggak sejarah bahwa K-Link Indonesia serius dengan komitmen terhadap semua distributornya bahwa K-LINK akan menjadikan K-Link Indonesia sebagai multi level nomor satu di Indonesia.


Seperti yang dikatakan oleh Presdir K-Link Indonesia Dato Radzi Saleh bahwa : "Klink berkomitmen membangun bisnis yang saling menyejahterakan sesuai prinsip syariah. Kami berharap K-Link Indonesia bisa menjadi MLM syariah nomor satu. Kami juga sangat memperhatikan peran perempuan yang banyak memberikan kontribusi bagi kemajuan bangsa. Bangsa yang maju hanya bisa terbentuk dari keluarga. Dan, perempuan berperan vital untuk membangun keluarga yang sejahtera.

Karena itu, kami memiliki banyak program untuk mengoptimalkan dan memberdayakan perempuan, salah satunya Rumah Cantik K-Link yang baru saja kami luncurkan di Bandung. Menyusul kemudian di Medan, Yogyakarta dan kota-kota lainnya."

K-Link Indonesia merupakan salah satu anak perusahaan K-Link Internasional yang bergerak di bidang MLM berbasis syariah dan memiliki jaringan di 46 negara. Di Indonesia, K-Link beroperasi sejak tahun 2002 dengan 2,4 juta member yang tersebar di puluhan kota. K-Link menjual aneka produk kesehatan, kecantikan, perawatan tubuh dan rumah tangga. K-Liquid Chlorophyl, salah satu dari 180-an item produk yang terkenal dan menjadi legenda.

Dalam perkembangan bisnisnya, K-Link fokus dalam tiga program utama LSO  yaitu :
L : Ladies ( membuka peluang bagi perempuan untuk maju dan sukses, agar bisa membantu perekonomian keluarga) / Market Ladies. K-Link banyak memiliki program pemberdayaan perempuan dan sosial di seluruh jaringan K-Link di seluruh Indonesia.
S : Syariah, maksudnya memakai prinsip syariah dalam kegiatan bisnis di bidang MLM. Menerapkan bagi hasil dengan rumus perhitungan yang jelas dan sesuai dengan prinsip syariah.
O : On Line, K-Link sudah mulai memasarkan produknya secara online, menuju MLM yang memberikan layanan terbaik dengan mengoptimalkan teknologi digital.

Ternyata Apabila kita Menjadi member dari K-link banyak keuntungan dan kemudahan yang bisa dapatkan, diantaranya bisa mendapatkan potongan harga 20%. Untuk menjadi membernya pun tidak sulit, kita cukup daftar secara online atau datang langsung ke kantor K-link. Apabila ingin daftar secara online bisa daftar disini ya teman-teman.

Semoga dengan tersampaikannya informasi mengenai cara pencegahan kanker payudara ini bisa menekan jumlah angka penderita kanker payudara di dunia terutama di Indonesia, kita harus bersama-sama menyelamatkan diri dari bahayanya kanker payudara

Salam

42 komentar

  1. Mudah-mudahan kita juga terhindar dari penyakit kanker ini ya mbak. Btw, aku kagum banget sama Ibu Indira. Semoga kesabaran dan paradigma beliau menghadapi ujian hidup bener-bener bisa kita contoh.

    BalasHapus
  2. Pernah ikut periksa melalui mamografi. Alhamdulillah baik. Duh kalau ada kisah-kisah yang kena kanker itu bacanya gimana gitu. Semoga semua makin pulih ya

    BalasHapus
  3. Yang nomor tiga seru tuh wkwkwk kaburrr 😆🏃‍♂🏃‍♂🏃‍♂

    BalasHapus
  4. aku suka ngenes kalau dengar cerita yg menyentuh. apalagi akibat sebuah penyakit. semoga kita terhindar dari penyakit kanker

    BalasHapus
  5. Semoga kita terhindar dari kanker payudara ya, serem banget sama penyakit ini.

    BalasHapus
  6. ga begadang tuh kayaknya susah buat saya yang masih punya balita... jadi harus banyak minum vitamin!

    BalasHapus
  7. Informatif banget nih... Semoga kita semua sehat selalu yaaa

    BalasHapus
  8. Semoga kita sehat selalu, amiin

    BalasHapus
  9. soal kanker payudara ini, laki2 pun bisa kena, maka itu harus menjaga pola hidup sehat dari skrg

    BalasHapus
  10. Kannker payudarra jadi nomer wahid di indonesia untuk penyakit tidak menular? ������ dan bisa kena pria juga ya. Jarang yang tahu ini.

    Aku salut sama para survivor. Salut karena mereka bisa berdamai dengan diri mereka, menerapkan pola hidup sehat, hingga akhirnya dinyatakan sembuh. Nhomong soal K-Link, MLM yang satu ini emang lengkap ya produknya. Utamanya dalam mencegah PTM seperti kanker.

    BalasHapus
  11. Dengan mengenali kita bisa menghindari kanker payudara yah mba, semoga kita semua selalu sehat. Amien

    BalasHapus
  12. Aaakkk drakor yang itu! Ak masih kebayang bayang loh sama pemainnya yg sahabatnya si reporter. Wkwkwk

    Nah ini nih seremnya. Setiap org itu punya sel kanker di dlm tubuhnya. Tinggal gimana pola hidup kita. Apakah akan mengundangnya muncul atau bisa kita jaga supaya gak muncul.

    BalasHapus
  13. wah lengkap banget tipsnya mba, makasih yaaa...

    BalasHapus
  14. Tipsnya informatif dan penting dibaca oleh kaum hawa.

    BalasHapus
  15. Memang kalau ada yang janggal ditubuh kita harus kita periksa, saya ada kelenjar diketiak sudah di USG Alhamdulillah hanya kelenjar susu tapi harus rutin periksa setahun sekali.

    BalasHapus
  16. Info yang wajib banget diterapkan, semoga kita terhindar ya dari penyakit ini. Amien yang Allah

    BalasHapus
  17. Bapaknya mely goeslow juga sakit kanker payudara. Bisa menyerang siapa saja wanita dan pria. Waspadalah

    BalasHapus
  18. Semoga kita selalu sehat ya dan terhindar dari penyakit ini

    BalasHapus
  19. Saya benar-benar tidak menyangka ada orang seperti ibu Indira yang menganngap penyakit adalah anugerah. Luar biasa. Kalau saya untuk pola hidup sehat membiasakan sebisa mungkin puasa senin kamis. Dan untuk asupan madu sangat penting bagi saya.

    BalasHapus
  20. K-Link semakin populer di masyarakat dengan produk-produknya... semoga acaranya yang poritif juga digelar di Malang

    BalasHapus
  21. Kemarin habis baca produk-produknya K-Link, ternyata kalau jadi member keuntungannya lebih banyak lagi yaa.

    BalasHapus
  22. Pola makan ternyata sangat berpengaruh ya mbak, ga nyangka ternyata si ibu memilih menjadi vegetarian karena kanker. Semoga kita semua terhindar dari penykit ini, aamiin

    BalasHapus
  23. udah lama saya tidak melakukan Sadari
    dulu sering
    pemilihan bra memang harus yang tepat ya
    saya di rumah malah ga pake bra hehehe
    Lebih nyaman gitu

    semoga dijauhkan dari penyakit kanker ini


    BalasHapus
  24. nutrisi yang baik memang sangat penting untuk penderita kanker, saya sering menemukan pasien kanker yang tetap sehat bugar karena dia bersemangat untuk menerapkan pola hidup sehat. nah bagi kita yang sehat jangan tunggu sakit dulu baru deh sadar untuk hidup sehat

    BalasHapus
  25. Terkadang para wanita enggan bercerita tentang payudaranya apabila ada kendala sakit dllnya.

    Hemm, produk klink semuanya bagus bagus ya mba dan sehat sehat gitu

    BalasHapus
  26. Jadi teringat almarhumah tante yang juga pernah mengidap kanker payudara. Terima kasih ulasannya, saya jadi tahu manfaat dari propolis platinum yang bisa bantu menghambat pertumbuhan bakteri jahat, jamur dan virus. Jadinya saya tau kalo produk ini sangat recommended untuk yang mengidap kanker. Sayang sekali, dulu, pas tante saya mengidap kanker saya belum tau khasiat dari propolis ini. :(

    BalasHapus
  27. Aku baru tau kalo di setiap diri manusia terdapat sel kanker, kok sereeeeeemmmm? :(

    Kagum juga sama Bu Indira yang begitu legowo sama keadaan yang diberikan Tuhan padanya. Keikhlasannya juga pasti berpengaruh begitu besar buat sembuh. Salut!

    BalasHapus
  28. hhm,,, ternyata ukuran bra yang kagak sesuai juga berpengaruh *ga nyangka. TFS ya mbak. sangad bermanfaat

    BalasHapus
  29. Penyakit yang berbahaya dan banyak membunuh para wanita. Perlu diketahui bener bener pemicu dan harus ngejaga banget. Penggunaan bra pun harus diperhatikan bener-bener buat para mommy. luar biasa banget ya.

    BalasHapus
  30. Produk K-Link beberapa waktu lalu sempat ramai disini tapi meredup lagi. Yang jualan berangkat jadi TKW dan downlinenya (eh gimana ya nyebutnya) ga telaten buat ngelanjutin.

    Sadari penting sekali ya mbak, tapi kebanyakan orang termasuk saya paling takut kalau disuruh periksa ke dokter jika menemukan sesuatu yang tidak biasa di tubuh kita. Semoga dijauhkan dari penyakit ini ya mbak. Amin

    BalasHapus
  31. sama mba mude aku juga takjub dengan kebesaran hatinya.. beliau benar-benar menginspirasi ya

    BalasHapus
  32. Event k-link sangat penuh inspirasi ya..
    Apalagi produknya macem2 semua untuk kesehatan..sukses aja buat K-LINK semoga kita semua terhindar dari semua penyakit mengerikan ini.

    BalasHapus
  33. Cancer survivor memang perlu utk berikan kesaksian ya agar smua orang dpt aware dgn bahayanya

    BalasHapus
  34. Kalau ngelihat penderita yang kurang beruntung dan meninggal karena kankee payudara rasanya sedih banget, harus menahan sakit dulu. Semoga semua wanita terhindar dari kanker ini dan selalu menjaga kesehatan.

    BalasHapus
  35. Penyakit pembunuh no 2 di Indonesia untuk wanita selain kanker serviks. Aduh aku ga kuat bayanginnya. Hebat banget ini Ibu Indira, kuat banget menghadapi penyakit ini.

    BalasHapus
  36. Iyaaa bener. Banyak juga kasus kanker yang berlanjut stadium berikutnya karena telat tahunya ya. Penting banget deteksi dini.
    Ternyata angka penderita kanker pria besar juga ya. Selama ini org kalau nyebut kanker selalu ingatnya ya perempuan yang jadi penderita..
    Makasih mba info bermanfaatnya.

    BalasHapus
  37. Kadang kita suka lupa, kaum pria juga bisa terkena kanker payudara. Meski angkanya tidak sebesar wanita.
    Baik wanita maupun pria jadi harus rajin-rajin ngecek juga ya.

    BalasHapus
  38. Huhu, mamah saya meninggal gegara ini.

    BalasHapus
  39. iya banget nih kak, aku juga lagi pengen tau lebih mendalam tentang kanker payudara. btw kalo bobo baiknya bra dilepas nggak ya?

    BalasHapus
  40. Wah tipsnya bagus. Bisa kasih tau gebetan nih

    BalasHapus
  41. Salut sama para survivor kanker. Tidak hanya melawan sakit, tapi juga melawan paradigma yang beredar di masayarakat

    BalasHapus
  42. Dulu kalau pas melakukan SADARI, suka parnoan bila kerasa ada benjolan takutnya kanker. Alhamdulillah ternyata gak dan semoga gak sampai kena kanker payudara. Btw bulek sy juga ada yg kena dn menjalani pengangkatan payudara.

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkomentar yang positif yaa.. Jangan ragu untuk memberi saran dan tanggapan positif, untuk curhat pengalaman juga boleh feel free selama masih sopan
Salam hangat dari Mojang Ciamis