Kisah Inspiratif Seorang Onggy Hianata Dalam Film "Terbang Menembus Langit"

Pernahkah terlintas dibenak kita sekali saja dalam hidup, ingin mengakhiri hidup kita atau bunuh diri, karena ada masalah ataupun tanpa ada masalah apapun ? Seingat aku, alhamdulillah sih belum pernah sampai seperti itu. Kalau cuma nangis sesegukan dan gak doyan makan sih mungkin pernah, tapi kalau bunuh diri, its Big Big No, sayang hidup cuma sekali masa iya belum waktunya selesai udah mau ngeduluin kuasa tuhan sih. Tapi Setiap orang pastinya mempunyai permasalahan yang berbeda dalam hidupnya, penerimaan seseorang pada suatu masalah juga pastinya berbeda-beda. Ada yang bisa menerima masalah yang dihadapinya dengan legowo, ada juga yang bisa langsung terpuruk saat menghadapi suatu masalah. Dukungan dari keluarga dan lingkungan sangat berpengaruh pada proses penyelesaian masalahh tersebut, mempunyai keluarga yang care dan bisa menjadi tempat berbagi merupakan suatu kekuatan yang bisa membuat seseorang lebih kuat.


Seperti Siang itu tanggal 14 Maret 2018 bertempat di EV Hive Menteng aku mendengar beberapa cerita suram masalalu beberapa orang, yang dengan lapang dada mau sharing bagaimana beliau-beliau ini bisa bangkit kembali dari keterpurukan. 

Pertama kita mendengar cerita dari Dra. Ary Hellya Kurniati, Apt yang sebelumnya sudah hampir akan bercerai dengan sang suami Ir. Sudarmono Djoko Nugroho. Beliau berdua bercerita bahwa dalam rumah tangganya saat itu saling mendahulukan ego masing-masing, bahkan anak mereka sempat kecanduan games karena merasa tertekan dengan perlakuan dari orangtua yang menuntut anaknya selalu menjadi yang terbaik di sekolah. 

Kemudian ada Dr. Erry Gautama dan sang istri Dr.dr. Anggraini Dwi S., Sp.Rad.(K) yang juga mempunyai cerita yang hampir sama dengan Dr. Ary, rumah tangga mereka hampir berantakan karena ego masing-masing yang menyebabkan hubungan keduanya makin menjauh dan memutuskan untuk bercerai. 

Selanjutnya ada Bpk. Yulianto SE seorang pengusaha muda yang juga pernah mengalami masa kelam dalam hidupnya, pernah mengalami kerugian dalam usaha sekitar 200 juta, dan yang membuat di alebih stress adalah uang tersebut bukanlah modal sendiri tapi hasil dari meminjam. Sampai pada disuatu titik paling lemah dia merasa ingin mengakhiri hidup dengan cara loncat dari kereta.

Saat beliau-beliau ini bercerita kisah mereka pastinya sudah dalam keadaan stabil dan tidak dalam keadaan yang terpuruk, pasangan yang tadinya akan bercerai saat ini menjadi keluarga yang harmonis, dan orang yang tadinya sudah tidakk tahan dengan kehidupannya sekarang sudah menjadi seorang kepala rumah tangga yang bahagia dengan keluarga kecilnya.

Dan taukah teman- teman alasan dari bisa bangkitnya mereka dari keterpurukan adalah karena pernah mengikuti Program Pembinaan Mental "A Life Changung Bootcamp".

Edunet Global
Teman-teman ada yang pernah mendengar tentang Bootcamp sebelumnya? Jujur aku sendiri baru mendengar tentang bootcamp ini, Jadi Bootcamp ini adalah program pembinaan mental dengan cara memotivasi, menggali potensi, dan mengembangkan karakter individu sebagai kegiatannya, dan program Pembinaan Mental ini adalah kegiatan dari Edunet Global.

Edunet Global sendiri adalah suatu lembaga yang bergerak di bidang penyadaran, pembinaan dan pengembangan karakter, pola pikir dan sikap mental individu bagi masyarakat yang memerlukan.

Visi Edunet Global
  • Memandang dan berkeyakinan bahwa sebuah kepribadian matang, dinamis, kreatif penuh motivasi dan berani mengambil tantangan serta mempunyai pola pikir yang positif adalah tuntutan utama dan mendasar untk mencapai sukses hidup di masa-masa mendatang yang kian kompetitif.
Misi Edunet Global
  • Membentuk individu menjadi pribadi yang memiliki karakter dan jati diri yang sejati serta siap memberikan hal yang terbaik dari dirinya. Seorang individu yang selalu antusias dan penuh kemauan keras untuk mencapai kesuksesan hidup walaupun berkali-kali mengalami kegagalan. 
  • Memberikan Kontribusi pada masyarakat dalam bentuk pembangunan dan pengembangan karakter, pola pikir dan sikap mental individu yang kuat dan positif.

Onggy Hianata Sang Pencetur Edunet Global
Dan orang di balik Bootcamp Value Your Life ini adalah Bpk. Onggy Hianata seorang yang begitu semangat, begitu konsisten dalam hal menyebarkan pikiran positif pada orang lain. Pak Onggy sendiri lahir di Tarakan Kalimantan sebagai seorang anak ke-delapan dari 9 bersaudara, beliau hidup sangat pas-pasan bersama keluarga. Ayahnya yang seorang penjaga toko biasa tidk bisa memenuhi semua kebutuhan keluarga termasuk menyekolahkan anak-anaknya dengan layak, Pak Onggy sendiri saat sekolah langsung masuk di bangku kelas 3 SD, karna beliau masuk sekolah saat usianya sudah harus kelas 3 SD.

Sumber: Networking Times
Dari kecil pak Onggy sudah terbiasa membantu kedua orangtuanya, dengan cara mencari kayu bakar di hutan, ikut berdagang dan apa saja yang bisa ia lakukan untuk membantu keluarganya.

Setelah lulus SMA Pak Onggy memutuskan untuk pergi ke Surabaya dan kuliah disana, meskipun awalnya keluarganya menolak dengan alasan kesulitam biaya, tapi akhirnya mereka mengizinkan pak onggy berangkat ke surabaya untuk meraih cita-citanya. Hidup diperantauan bukanlah hal yang mudah untuk pak onggy, apalagi kiriman uang dari keluarganya tidak selalu lancar, ini menyebabkan pak onggy harus memutar otak berusaha sendiri untuk memenuhi kebutuhannya di Surabaya. 

Beliaupun mulai bekerja serabutan dari menjual buah-buahan sampai jualan jagung bakar untuk membiayai kuliahnya. Singkat cerita dengan kesabaran dan kegigihannya akhirnya Pak Onggy berhasil menyelesaikan kuliahnya dan kemudian mencoba usaha kerupuk, pada awalnya usahanya berjalan lancar, akan tetapi untung tak dapat diraih malang tak dapat ditolak, beliau ditipu oleh rekan bisnisnya hingga semua modal usahanya pun habis sudah. 

Akhirnya Pak Onggy pun mencoba melamar kerja di perusahaan, dan diterima di perusahaan pemintalan benang sebagai staff. Dan di Surabaya inilah Pak Onggy bertemu dengan belahan jiwanya yaitu Bu Chandra Dewi yang selalu setia dan mendukung apapun yang Pak Onggy lakukan. Suatu hari saat Pak Onggy berbicara dengan salah satu karyawan di tempatnya bekerja beliau sadar bahwa bekerja di perusahaan semakin lama hanya membuang waktunya saja, waktu bersama keluarga pasti akan lebih sedikit, maka dari itu Pak Onggy memutuskan untuk resign dan memulai usaha barunya. Namun saat beliau merintis usaha barunya tidak semulus yang beliau harapkan, jatuh bangun menghiasi perjalanannya, bahkan sempat tertipu kembali oleh rekan kerjanya. 

Hingga akhirnya Pak Onggy memutuskan menjadi pembicara yang memberikan motivasi kepada orang-orang. Pak Onggy pun memutuskan untuk hijrah ke Jakarta demi mendapatkan kehidupan yang lebih baik, meskipun jalan yang dilalui tidak mudah tetapi akhirnya Pak Onggy bisa meraih kesuksesan di Jakarta sebagai seorang motivator. Kisah beliau meraih sukses banyak menginspirasi banyak orang, hingga akhirnya tahun 2003 beliau dan tim membentuk Edunet Global yang hingga saat ini sudah memiliki jaringan di 75 Negara di 5 benua.

Beberapa prestasi dan penghargaan yang diterima oleh Bpk. Onggy Hianata:

  1. Edunet Global telah meraih 5 Guiness World Record
  2. Menjadi pembicara dalam beberapa forum dan pembinaan kelas dunia di penjuru asia dan afrika
  3. Menyandang gelar warga kehormatan dari pemerintah kamerun.
  4. Menjadi Cover Story majalah terkemuka internasional yang berbasis di Amerika Serikat, yang juga pernah memuat profil utama dari Richard Branson (CEO Virgin Atlantic), Rich Devos dan puluhan tokoh sukses dunia lainnya.
  5. Menjadi Salah satu pembicara tamu dalam program John C. Maxwell di Amerika.
Film " Terbang Menembus Langit" 
Kisah Onggy Hianata yang mengispirasi ini akhirnya diangkat ke dalam sebuah Film Layar Lebar berjudul "Terbang Menembus Langit". Film yang mengambil cerita kisah Pak Onggy mulai ditayangkan pada tanggal 19 April 2018 nanti. Film yang di sutradarai oleh Fajar Nugros ini menggandeng beberapa Aktris dan Aktor terkenal seperti Dion Wiyoko, Laura Basuki, Baim Wong, Delon, Dinda Hauw, Marcel Darwin dan masih banyak artis pendukung lainnya.


Jangan lupa ya teman apabila penasaran dengan kisah dari Pak Onggy yang diangkat ke dalam Film Layar Lebar, kalian bisa saksikan tanggal 19 april nanti di bioskop kesayangan ya.

1 komentar

  1. Film TERBANG MENEMBUS LANGIT, really really recommended utk ditonton keluarga dan anak2 muda. Biar generasi muda sekarang gak cepat menyerah. Saya sendiri ikut nobar roadshownya dua kali. Juga menjadi peserta Bootcamp thn 2011. Beneran mesti ikut Bootcamp juga lho mbak...

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkomentar yang positif yaa.. Jangan ragu untuk memberi saran dan tanggapan positif, untuk curhat pengalaman juga boleh feel free selama masih sopan
Salam hangat dari Mojang Ciamis