UKM Asli Indonesia Siap Go Internasional bersama Blanja.com

Saat berkunjung ke suatu daerah rasanya tidak lengkap apabila kita tidak mengunjungi sentra oleh-oleh, atau tempat kerajinan khas daerah tersebut. Seperti saat aku berkunjung ke kota Malang beruntung pak supir yang kami sewa selama disana mengantar kami ke sebuah sentra oleh-oleh yang didalamnya terdapat produk-produk kerajinan asli Malang. Di toko tersebut menjual pernak-pernik karya UKM Asli Indonesia yang pastinya kualitasnya tidak kalah dengan produk-produk buatan luar negeri. Untuk saat ini pemerintah melalui kementrian Koperasi dan UKM pun sangat mendukung program kemajuan UKM Indonesia, sebagai salah satu bentuk usaha dengan target Indonesia menjadi negara maju.

kain tenun ukm asli indonesia

Telkom Craft Indonesia 2018 "Local Heroes To Global Champion"

Jakarta, 22-25 Maret 2018 bertepat di Jakarta Convention Center Hall A dan B Telkom Indonesia menggelar sebuah acara yang tahunan yaitu Telkom Craft Indonesia 2018. Acara yang mengusung tema " Local Heroes To Global Champion" adalah salah satu bentuk dukungan Telkom Indonesia pada program BUMN Hadir untuk Negeri, khususnya dalam pemberdayaan ekonomi kerakyatan guna mendorong terwujudnya tekad pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai kekuatan ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara.

Produk-produk yang ditampilkan adalah produk hasil karya UKM Indonesia dari berbagai daerah dengan keberagaman kreatifitas didalamnya. Acara yang diselenggarakan untuk kedua kalinya ini mengangkat keunikan Tenun Nusantara yang disuguhkan bersama ragam produk khas nusantara lainnya.

Para peserta di Telkom Craft Indonesia 2018 ini adalah para pemilik UKM dari program Rumah Kreatif BUMN salah satunya binaan Telkom Indonesia yang terbagi menjadi 3 kategori yaitu Fashion, Craft dan Food. Telkom juga bekerjasama dengan beberapa pihak diantaranya E-commerce Blanja.com, Telkomsel, serta Bank Mandiri dalam rangka menciptakan digital transaction experience untuk para konsumen yang membeli produk di Telkom Craft Indonesia.

Saat aku memasuki area pameran mataku langsung di suguhkan pemandangan yang sungguh menakjubkan, berbagai jenis kain nusantara terpasang rapi di area depan pameran. Ada kain songket, ulos, tenun dan berbagai jenis kain lainnya yang bahkan aku tidak tahu namanya. Setelah berada di Hall A aku tambah takjub saat melihat deretan kain batik dengan berbagai motif yang menawan, serta kerajinan tangan yang unik mencerminkan pesona nusantara Indonesia dengan ke- Bhineka Tunggal Ika-annya.

Di acara Telkom Craft Indonesia, selain kita bisa berburu produk yang dijual di booth-booth Telkom Craft, kita juga bisa mengikuti Talkshow serta ada hiburan berupa tari-tarian daerah yang ditampilkan di panggung utama. Saat aku berkunjung ke Telkom Craft sedang diadakan Talkshow dengan pembicara Bpk Aulia Ersyah Marinto CEO Blanja.com, Yuka pemilik Brand sepatu lokal Brodo dari Bandung dan juga Mas Mame pemilik brand tas lokal Salawase dari Solo. Para pemilik brand produk lokal ini bercerita mengenai jatuh bangun membangun usaha dari Nol, tentang penjualan secara online dan offline dan juga tentang rencana mengembangkan usaha kedepannya.

Bpk Aulia sebagai CEO Blanja.com menjelaskan bahwa Blanja.com selama kurang lebih 3 tahun concern untuk ikut serta mendukung perkembangan usaha kecil menengah di Indonesia, Blanja.com sangat terbuka bagi UKM yang ingin memasarkan produknya secara online melalui flatform Blanja.com, hal ini pastinya sangat membantu untuk mempromosikan hasil karya daerah agar lebih dikenal oleh para konsumen.

Berkenalan Lebih Dekat Dengan Pengrajin Baduy Craft

Siang itu dua orang laki-laki menggunakan baju hitam, salah satunya menggunakan baju tradisional Baduy sedang berjaga di depan Stand Baduy Craft, aku dan teman kemudian menghampiri Stand Baduy Craft dan melihat motif-motif cantik hasil tenun warga baduy. Kamipun sempat ngobrol dengan Kang Narman pemilik dari Brand Baduy Craft, Kang Narman cerita bahwa Baduy Craft adalah usaha yang dirintis oleh Sang Kakek Narisa dan dilanjutkan oleh Kang Narman hingga sekarang.

ukm asli indonesia baduy craft

Semua model dan motif dari Baduy Craft di design langsung oleh kang narman, yang nantinya dikerjakan oleh bukibuk atau anak perempuan di baduy, bisa costumize lhoh warna dan motifnya.
"Semua kain dan kerajinan tangan ini hasil karya warga baduy, hasil penjualannya bisa membantu perekonomian warga" cerita Kang Narwan. 

Saat ditanya mengenai penjualan Baduy Craft, Kang Narman cerita bahwa produk baduy Craft dijual juga secara Online, aku sedikit bertanya-tanya bagaimana caranya beliau ini memproses permintaan pembelian secara online karna setau aku di kawasan baduy ini tidak diperbolehkan menggunakan alat-alat yang berbau tekhnologii modern. Kang Narman cerita bahwa beliau tetap memegang aturan yang di anut oleh masyarakat baduy, sehingga saat akan mengakses info mengenai transaksi baduy craft atau lainnya beliau pergi terlebih dahulu ke daerah yang bisa mengakses signal provider dan jaringan internet.

Dengan keterbatasan akses listrik, internet dan media gadget lainnya Kang Narman tetap berusaha untuk mengembangkan usaha Baduy Craft ini agar bisa lebih dikenal oleh masyarakat luas, salah satunya dengan mengikuti program binaan UKM dari Telkom, dan ikut serta dalam pameran Telkom Craft Indonesia 2018.

Jelajahi Produk UKM Asli Indonesia di Blanja.com

Seperti yang sudah aku infokan sebelumnya bahwa Telkom Indonesia bekerjasama dengan beberapa pihak untuk mensukseskan acara Telkom Craft Indonesia 2018, salah satunya dengan pihak Blanja.com. Blanja.com adalah salah satu flatform e-commerce yang concern dalam membantu memajukan perkembangan UKM Indonesia, bahkan Blanja.com menyediakan satu halaman khusus dengan nama Menu Asli Indonesia yang berisi produk-produk hasil karya UKM Indonesia.

Menurut data dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) melansir sebanyak 3,79 juta usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) sudah memanfaatkan platform online dalam memasarkan produknya. Jumlah ini berkisar 8% dari total pelaku UMKM yang ada di Indonesia, yakni 59,2 juta. Untuk menumbuhkan jumlah pelaku UMKM yang berselancar di dunia maya, Kemenkop UKM dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) bersama dengan para pelaku e-commerce menggagas program bertajuk 8 Juta UMKM Go Online.

Untuk saat ini memang tuntutan kebutuhan generasi milenial, hampir semua aspek kehidupan sudah terdigitalisasi, sehingga para pemegang UKM pun harus mulai melebarkan sayap dengan menggunakan promosi Media Online. Semoga geliat UKM Indonesia semakin berkembang dan bisa meningkatkan Perekonomian Indonesia.

Sumber: 
https://www.cnnindonesia.com
https://www.beritasatu.com

Salam

16 komentar

  1. aamiin, semoga UKM yang ada di Indonesia semakin bisa memanfaatkan apa-apa yang sudah terpampang nyata di dunia maya. karena dengan begitu produk mereka bisa menjangkau pasar yang sangat luas

    BalasHapus
  2. bener banget
    UKM harus melek digital
    banyak UKM yg produknya bagus tp masih minim pembeli dr luar krn marketingnya msh manual

    BalasHapus
  3. Uniknya UKM itu barangnya limited stock.
    Jadi bangga kalau make.
    Bagusnya memang digitalisasi yaa...biar makin luas pangsa pasarnya.

    BalasHapus
  4. Dengan blaja.com kalau saya perlu batik dari penjuru negeri atau craf jadi mudah, ya. Nggak perlu capek-capek keliling

    BalasHapus
  5. Belum pernah belanja di blanja.com tapi suatu saat pengen nyobain sih.
    Tentang Tenun, aku juga punya usaha sampingan jualan tenun dan sejak memuai usaha aku udah kagum banget sama jenis kain ini. Ga bisa ngebayangin prosesnya. Kok bisaaaaa gitu ya dari benang jadi kain yang bagus gitu.
    Sebenernya lebih ke aku yang tangannya kaku dan kurang kreatif sih hehe

    BalasHapus
  6. hasil hasil karya ukm ukm indonesia bagus bagus ya mba. dan seharusnya karyanya mereka ini didukung dan disupport supaya karyanya dikenal diluar negeri bahkan kancah international.

    BalasHapus
  7. Aaamiiin. Semoga UKM Indonesia bisa Go International.

    Perlu banget melakukan regenerasi pengelola. Selama ini kalau ketemu pegiat UKM, aku tanya kenapa enggak melebarkan sayap di online, katanya karena tidak faham dg dunia online. Kan sedih.

    BalasHapus
  8. Wah, senangnya bisa lihat produk hasil karya UKM Indonesia dari berbagai daerah. Pasti bagus-bagus dan unik ya..
    Semoga semakin banyak UKM yang melek internet, sehingga produk mereka bisa dipasarkan ke seluruh dunia, ya ...aamiin

    BalasHapus
  9. Hebat ya usaha Kang Narman, mau online untuk usaha UKM nya harus melipir dulu, hehe..
    Semoga UKM-UKM di Indonesia semakin berkembang dan maju, ya :)

    BalasHapus
  10. hebat tuh mba kang narman pengusaha dari Baduy. Mereka berarti bisa tiap hari 'mengasingkan' diri dari suku Baduy untuk memasarkan produk dan kerajinan asli dari Baduy..
    Besok lagi kalau ada telkom craft, saya diajak mba mud kan pengen belanja barang-barang asli Indonesia juga hehe..

    BalasHapus
  11. Aamiin. Hasil produksi UKM di Indonesia itu bagus2 ya mbak. Emang kudu disupport supaya lbh dikenal khalayak dengan beralih ke digital kyk yg dilakukan blanja.com ini TFS

    BalasHapus
  12. Waah acara ini memang gokil keren ya. Apalagi pas nyoba aneka jajanan gratis wkwkw. Keliling2 tau tau kenyang.

    Oiya, ide buat melakukan transaksi via aplikasi BLANJA.COM meski jual belinya secara offline ini cukup menarik. Kusebernanya pengin nyoba. Tapi tetep minta di anter pakai Gojek aja bisa nggak. Titik! Wkwkwkwk

    BalasHapus
  13. wow! muncul lagi market place yang siap mendukung UMKM dan salut anak negeri yang mampu membuatnya. Selamat bertanding dengan market place yang besar. ayo dukung buatan lokal :)

    BalasHapus
  14. Blanja.com keren yaa....bisa mengakomodir UKM² yang ada. Kalau bukan kita yang support, trus siapa lagi donk...

    BalasHapus
  15. Barang di Indonesia itu gak kalah bagus kok beberapa. Kadang non brandnya juga bagus. Emang udah saatnya semua go international

    BalasHapus
  16. wah ada Brodo dan Salawase. Salawase baru tahu, kalau Brodo pernah tahu sempat dengar juga kisahnya, mantap banget acaranya, sayang gak ada di bandung

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkomentar yang positif yaa.. Jangan ragu untuk memberi saran dan tanggapan positif, untuk curhat pengalaman juga boleh feel free selama masih sopan
Salam hangat dari Mojang Ciamis