Dato Radzi, Tokoh Pengusaha Sukses K-Link Indonesia Dan Cerita Dibalik Kesuksesannya

Minggu lalu setelah cukup lama direncanakan aku akhirnya bisa bertemu dengan beberapa teman lama dari tempat bekerjaku sebelumnya. Kami sama-sama memutuskan resign dan memilih untuk memulai pekerjaan lain yang hampir tidak ada hubungannya dengan bidang pekerjaan kami sebelumnya. Aku sekarang memilih menjadi freelancer blogger, Mas Khais menjadi Traineer, Mba Neni menjadi pembawa acara di salah satu stasiun televisi swasta, dan terakhir Lingga sudah satu bulan ini memulai usaha kuliner didekat rumahnya, dengan harapan bisa menjadi salah satu tokoh pengusaha sukses dibidang kuliner.

dato radzi tokoh pengusaha sukses klink
Tokoh Pengusaha Sukses K-link Indonesia

Mungkin pilihan kami termasuk pilihan yang agak ekstrem bagi sebagian orang, bahkan sampai sekarangpun masih ada yang menyayangkan pilihan kami ini. Tapi kami sepakat bahwa meskipun pekerjaan kami saat ini tidaklah menjamin setiap bulan mendapatkan gaji besar tetapi karna sesuai dengan passion, kami nyaman menjalaninya dan yakin bahwa suatu saat kami pasti sukses dengan cara yang indah, toh banyak sekali tokoh pengusaha sukses yang memulai karirnya dari yang awalnya bukan siapa-siapa menjadi seseorang yang sukses.

Tidak bisa dipungkiri saat ini sudah terjadi sedikit pergeseran pola pikir pada masyarakat Indonesia, terutama di daerah kota-kota besar yang lebih terinspirasi menjadi tokoh pengusaha sukses. Dari yang awalnya ingin menjadi pegawai kantoran, dengan jam kerja 8 jam dalam sehari dan mendapatkan libur pada hari sabtu dan minggu, saat ini banyak yang lebih tertarik pada jenis pekerjaan yang tidak terikat dengan jam kerja, bisa kerja dimana saja, kapan saja, dan kita sendiri yang mengatur waktu kerja kita. Meskipun memang tetap sih menjadi posisi menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil masih sangat diminati oleh sebagian besar masyarakat Indonesia, jangan tanya kenapa ya teman-teman, karna ku tak tahu kenapa,, hhee

Bukan tanpa alasan generasi masa kini mulai tertarik untuk memulai usaha atau berwiraswasta, karena memang banyak kisah orang-orang yang memilih menjadi pengusaha dan akhirnya menjadi tokoh pengusaha sukses. Beberapa nama seperti Chairul Tanjung, Alm. Bob Sadino, Merry Riana, Nadiem Karim, dan Gibran Rakabuming adalah beberapa nama tokoh pengusaha sukses yang menjadi banyak perbincangan di masyarakat. Tapi tahukah teman-teman selain nama-nama tersebut masih banyak sekali tokoh pengusaha sukses yang namanya jarang terekspos media tetapi kisah perjuangannya juga sangat menginspirasi masyarakat.

From Zero To Hero

Salah satu Tokoh Pengusaha Sukses yang juga menginspirasi adalah Dato Md Radzi Saleh atau yang akrab di sapa Pak Radzi. Beliau adalah Presiden Direktur K-Link Indonesia, siapa coba yang tidak mengenal K-link, salah satu perusahaan penjualan langsung terkemuka yang berbasis Syariah atau MLM Syariah di Indonesia yang saat ini memiliki lebih dari 2,4 juta anggota yang tersebar di berbagai kota di Indonesia.

Bagaimana K-link bisa menjadi perusahaan yang sangat besar dan memiliki jutaan anggota di Indonesia, pastinya karena sistem manajemen yang baik dan juga dipimpin oleh pemimpin yang profesional. Pak Radzi yang lahir pada tanggal 4 April 1959 di Kampung Rasau, Perak, Malaysia bukanlah seseorang yang terlahir dalam keadaan berkecukupan, atau bergelimang harta. Masa kecil beliau mengkin bisa dikatakan cukup miris, sejak kecil beliau sudah menjadi yatim ayahnya meninggal saat usianya masih kecil, dan saat ayahnya masih ada pun sang ayah hanya bekerja sebagai seorang penebang kayu di hutan.

Menjalani kehidupan yang serba kekurangan sempat menjadikan beliau sedikit putus asa dan berpikiran bahwa beliau tidak bisa sukses, tidak ada sedikitpun terpikir bahwa beliau suatu saat akan menjadi Tokoh Pengusaha Sukses. Tetapi berkat nasehat dari ibundanya yang mengatakan bahwa Pak Radzi harus memiliki masa depan yang lebih baik dari kedua orangtuanya, membuat Pak Radzi pun mendapatkan kembali semangat hidupnya, dan merubah pola pikir serta sikap mentalnya.

Memulai Usaha di Usia Muda

Saat berusia 20  tahun Pak Radzi mulai sebuah bisnis konstruksi bersama beberapa rekannya, modal awal usaha beliau dapatkan dari hasil menjual tanah warisan dari orangtuanya. Sayangnya karena baru memulai usaha dan pengetahuan tentang bisnis yang minim Pak Radzi dan rekannya membaca situasi perekonomian yang sedang tidak stabil. Bisnis konstruksi yang dijalankan pun tidak berjalan lancar, biaya operasional yang terus berjalan akan tetapi tidak diimbangi dengan proyek yang diterima menyebabkan mereka akhirnya menutup bisnis konstruksi tersebut.

Sisa modal yang masih ada dipergunakan untuk membeli rumah oleh Pak Radzi, tetapi cobaan kembali menghampiri, beliau tertipu rumah yang dibelinya tidak pernah jadi dibangun sedangkan uang yang beliau sudah berikan tidak dikembalikan. Susah jatuh tertimpa tangga pula, cobaan yang pastinya membuat down bagi siapapun yang mengalaminya, dan ini pun dirasaka juga oleh Pak Radzi seolah beliau berada di titik terendah hidupnya saat itu.

Menjadi Tokoh Pengusaha Sukses K-Link Indonesia 

Setelah kejadian tersebut Pak Radzi tidak patah semangat beliau mencoba bekerja di perusahaan property, dan kemudian di saat beliau berusia 26 tahun sekitar tahun 1985 Pak Radzi mulai mengenal bisnis MLM, awalnya Pak Radzi mempunya pandangan yang agak negatif pada bisnis MLM dan kurang tertarik untuk bergabung didalamnya. Tetapi setelah melihat seorang nelayan yang sukses memperbaiki hidupnya karna mengikuti bisnis MLM lambat laun pemikirannya pun berubah, dan bersedia mencoba mengikuti bisnis MLM.

Pada tahun 2001 secara resmi Pak Radzi bergabung dengan K-Link dan saat K-Link melebarkan sayapnya di Indonesia Pak Radzi di tunjuk sebagai Presiden Direktur K-Link Indonesia. Kesempatan yang menarik bagi Pak Radzi untuk membuktikan kinerjanya, meskipun karena tugas tersebut beliau harus meninggalkan keluarganya di Malaysia.

Menjadi seorang presiden direktur mungkin terdengar sangat menyenangkan tapi ternyata tanggung jawab didalamnya bukanlah hal yang ringan, dibutuhkan kerja keras dan sikap mental yang kuat untuk menjalankannya. Pak radzi pun berusaha membangun sistem yang baik, kerjasama bersama para leader K-Link dijalin dengan baik, para leader memberi masukan terbaik melalui pengalaman di lapangan, dan perusahaan menjalankan program-program yang diatur dalam support system tersebut. Sampai akhirnya saat ini K-Link menjadi perusahaan yang cukup diperhitungkan di Indonesia, hal ini adalah berkat kerja keras dari tokoh pengusaha sukses seperti dato radzi saleh. 
"Harga sebuah kesuksesan, setiap perjalanan hidup kita penuh dengan tantangan dan rintangan untuk mencapai tingkat yang disebut kesuksesan, pasti ada pengorbanan yang kita lakukan" - Dato Radzi Saleh -
Selain berhasil menjadi Presiden Direktur PT. Klink, Pak Radzi juga menerima bebeapa penghargaan  diantaranya : 
1. Honorary Doctor Of Philosophy In Marketing Management dari Interamerican University pada Mei 2007
2. Anugerah Mahkota Indra Pahang bergelar Dato' pada tahun 2009

Kepiawaian Pak Radzi tidak hanya diakui oleh keluarga saja tetapi sudah diakui banyak orang, salah satunya Darren Goh, Group Managing Director K-link International Sdn, Bhd. Beliau mengatakan :
“Pak Radzi memiliki wawasan luar biasa, rendah hati, selalu ingin maju, bertanggung jawab dan bijaksana. Karena sifat-sifat itulah, beliau ditunjuk untuk memegang jabatan Setiausaha Pemuda Bahagian dalam Parti Barisan Nasional, pada usia yang masih muda. Namun jiwanya lebih tertarik pada dunia bisnis dibanding politik, terutama bidang MLM yang sangat digemarinya.
Ketulusan beliau dalam bertindak, dan keikhlasan dalam membantu orang lain merupakan salah satu karakter beliau yang sangat dihormati dan dipercaya. Karena itu, beliau ditunjuk untuk membangun Klink Indonesia yang saat ini menjadi perusahaan MLM syariah terbesar di Indonesia."
Kepintaran beliau membaca potensi dan berani mengambil peluang yang ada telah menciptakan begitu banyak usahawan dan mengubah taraf kehidupan banyak orang, yaitu pola hidup yang lebih sukses, kaya, dan bahagia. Beliau adalah seorang yang berjiwa besar."
Baca Juga : SATU Indonesia Award : Kalian Tidak Sendiri Wahai Lilin-Lilin Kecil Penerang Bangsa

Coffee Time With Pak Radzi

Rabu, 11 April 2018 bertempat di lt. 5 K-Link Tower acara yang mungkin sangat ditunggu-tunggu akhirnya tiba, K-Link mengadakan acara Coffe Time With Pak Radzi. Rangkaian acaranya dimulai pukul 14.00 WIB yaitu Live Streaming With Pak Radzi dengan tema Future and Spirit. Hal ini disambut baik bagi member K-Link yang berdomisili di Jakarta maupun di luar jakarta bagi yang tidak sempat datang secara langsung ke K-Link Tower, bisa menyaksikan langsung Motivasi dari Pak Radzi melalui Live Streaming di Fan page Official K-Link Indonesia.

Tokoh pengusaha sukses

Dalam pidatonya beliau menyampaikan banyak hal yang sangat menginspirasi, bagaimana cara berpikir beliau yang begitu menyayangi keluarga, beliaupun menganggap para member K-link sebagai keluarga besar dan ingin sukses bersama. Dalam hidupnya Pak Radzi berkata mempunyai 3 impian yaitu " membuat ibu bahagia, membahagiakan keluarga karena bagi saya keluarga adalah sumber hidup dan energy yang tiada bandingannya. Impian ketiga adalah berharap agar orang2 yang berjuang bersama saya memahami makna perjuangan hidup ini dan berjuang tanpa pernah putus asa sehingga kita semua bisa menikmati kesuksesan di dalam hidup ini"

Banyak yang menyebut beliau sebagai seseorang yang bertangan dingin mampu membawa K-Link Indonesia menjadi perusahaan besar, tetapi yang aku salut dari beliau adalah selalu rendah hati dan sangat menghormati orang-orang yang berjasa untuknya. Beliau mengatakan bahwa dibalik kesuksesannya ada keluarganya yang selalu mendukungnya, anak dan istri yang mau berkorban waktu tidak selalu bisa bersama beliau saat harus bertugas. 

dato radzi tokoh pengusaha sukses
Perayaan Ulang Tahun Pak Radzi Tokoh Pengusaha Sukses K-link Indonesia

tokoh pengusaha sukses k-link
Pak Radzi, tokoh pengusaha sukses Klink Indonesia membacakan kartu ucapan dari member k-link
Keseruan Coffe Time With Pak Radzi tidak hanya itu saja, tapi masih berlanjut saat malam. Pukul 19.00 WIB saatnya para tamu undangan mengenal lebih dekat Pak Radzi, di acara ini juga sekaligus diadakan acara perayaan ulang tahun Pak Radzi yang ke -59. Doa serta ucapan selamat mengalir dari berbagai kalangan mulai dari leader-leader K-link, juga member Kllink yang berada di luar kota Jakarta. Kemeriahan malam iti juga dilengkapi dengan penampilan dari Band Amigos, sebuah band lawas yang cukup terkenal di masa nya, hanya saja buat aku terdengar asing dan baru kali ini aku melihat penampilan mereka.

Jadi kunci kesuksesan Pak Radzi adalah pantang menyerah, mau mencoba sesuatu yang baru, Terus belajar, tidak pernah meremehkan orang lain dan selalu menghormati orang-orang yang berjasa untuknya. 
Aku jadi awal malu sama Pal Radzi, beliau saja yang mengalami berbagai macam cobaan terus bangkit lagi dan memulai usaha-usaha yang baru, nah aku baru dikasih cobaan dikit aja udah memblee. Mengenal lebih dekat Pak Radzi membuat aku kagum dan lebih semangat untuk meraih impian, saat orang lain bisa meraih mimpinya, kenapa kita tidak ? Butuh usaha dan keyakinan agar kita bisa mewujudkan mimpi kita menjadi kenyataan. Semangat !!

Salam 

23 komentar

  1. Saya juga demikian, mbak.... pengen jadi pengusaha.... karena saya tidak suka bekerja di bawah tekanan, selain itu, saya pernah kerja di perusahaan waktunya begitu padat hingga untuk istirahat pun tidak ada :(

    BalasHapus
  2. "Harga sebuah kesuksesan, setiap perjalanan hidup kita penuh dengan tantangan dan rintangan untuk mencapai tingkat yang disebut kesuksesan, pasti ada pengorbanan yang kita lakukan"

    Wah, motivasi banget nih kata-katanya. Apalagi diusia yang muda (20 tahun) udah jadi pengusaha.
    Patut jadi salah satu contoh.

    BalasHapus
  3. Wah, orang-orang seperti pak Radzi ini menularkan semangat sekali, ya. Aku yang cuma baca aja jadi ikut semangat meraih apa2 yang kuimpikan. Hehe. Terima kasih inspirasinya, Pak Radzi. TFS, Mbak Mude :)

    BalasHapus
  4. Salam pengusaha muda... hehe

    Semangatnya luar biasa.

    BalasHapus
  5. Aku selalu suka membaca kisah2 keberhasilan para pengusaha from zero to hero begini. Selalu menginspirasi. Apalagi entah kenapa, mereka-mereka semua terlahir dengan sifat rendah hati. Hihihi

    BalasHapus
  6. Memilih menjalani sebuah bisnis memang tidak mudah, banyak tantangan yang harus dilalui. Tak banyak orang yang mau mencobanya sesuatu yang baru juga,terlebih bagi pebisnis yang memulai dari bawah rendah hati. Karena tahu bahwa tidak mudah meraih kesuksesan, butuh proses panjang dan bantuan dari orang lain juga.

    BalasHapus
  7. Membaca kepingan kisah dari Pak Radzi ini membuatku kembali berkontemplasi, siapa aku enak sekali mengeluh mulu. Terima kasih postingannya, Kak Mude, bikin semangat buat berjuang lagi dan lagi hehehe. Semoga suatu saat aku tak disangka2 bisa inspirtif juga hihi :D

    BalasHapus
  8. Saya sekarang juga sedang merintis usaha mbak. Rasanya memang luar biasa. Tetapi yang menguras hati adalah nyinyiran para tetangga. Anggap sebagai rintangan sekaligus cambuk untuk semangat meraih kesuksesan. Aamiin.

    BalasHapus
  9. Inspiratif. Kesuksesan pengusaha biasanya memang dimulai dari nol.orang lain mungkin melihatnya saat sudah sukses, tapi mereka lupa bila semua dimulai dari bawah. Penuh perjuangan,keringat dan air mata.

    BalasHapus
  10. Banyak seklai tokoh inspiratif yang bisa kita tiru ya, memangs ekarang orang-orang sudah mulai banyak yang berfikir untuk menjadi pengusaha dibanding pegawai kantoran, semoga makin banyak orang Indonesia yang jadi pengusaha sukses, aamiin

    BalasHapus
  11. Kalau baca profil tokoh2 yang inspiratif rasanya jg kepengen ya mengikuti jejaknya.
    Jd kepengen juga nih bikin usaha apa gtu :D
    Iya ya yg penting selalu mencoba jangan pantang menyerah TFS

    BalasHapus
  12. saya juga mulai berfikir tuk resign
    mau wirausaha dan terus menulis
    tapi sementara ini msh bertahan krn masih ngarep rutin gaji bulanan dr ktr
    krn masih ada tanggungan adik yg masih sekolah plus suami yg blm kasi izin tuk wirausaha
    mungkin perlu dibujuk dulu dan diyakinkan
    krn dukungan suami itu sgt penting ya

    BalasHapus
  13. Mude serius sudah resign?
    Subhanallah.

    Keberanian yang cukup besar, Mud...
    Salut aku.


    Dan kisah Pak Radzi..semoga bisa menjadi penyemangat untuk para muda-mudi di seluruh Indonesia agar tidak mudah patah arang saat dapat cobaan.
    Sukses selalu, Mud!

    BalasHapus
  14. Aku maunya gak usah kerja tapi dapat duit si mbak 😬 eh gak bisa ya?!! Hahaha
    Waktu acara K-link di sini aku juga sempat ketemu dengan Pak Radzi ini, orangnya ramah dan murah senyum ya.

    BalasHapus
  15. betul kata pak Radzi bahwa kita dalam hidup jangan menyerah berjuang dan terus belajar untuk meningkatkan kualitas pribadi mba.. K-Link ini termasuk perusahaan MLM yang terus meluncurkan banyak inovasi dibandingkan MLM lainnya

    BalasHapus
  16. Memilih kerjaan yg gak umum di masyarakat itu sering banget dinyir2rin, karena msh byk yg pikirannya kolokan. Bahwa kalau kerja itu pergi pagi pulang sore/malam


    Sekarang udah gak bs gitu lagi. Senang karena byk yg milih bikin usaha dan pastinya semua gak mudah. Kudu perbanyak ilmu dan tahan banting biar kaya Pak Radzi

    BalasHapus
  17. Inspiratif sekali perjalanan bisnis Pak Radzi ya...beliau salah satu pengusaha yang bisa sukses dari nol. Semangat berjuang dan bertahannya tinggi. Hebat!
    Saya baru tau, pemilik K-Link itu dari Malaysia, kirain dari Indonesia.

    BalasHapus
  18. Jadi segala sesuatu harus dimulai dari angka 0 terlebih dahulu agar bisa menjadi 100. Asal kita kuat dan ngikutin tahapannya pasti bisa jadi sukses. Wah.... Banyak yang ngefans pastinya

    BalasHapus
  19. Saya kira tadi orang Indonesia. Ternyata dari Malaysia ya K link ini. Sudah luas sekali jaringannya. Saya ingat dulu waktu di Kefamenanu, NTT. Ada juga K-link disana. Sempat merasa ga nyangka karena lokasi daerah.

    BalasHapus
  20. Menginspirasi banget ya mba.., kadang kalo ngeliat orang sukses keburu ngiri...padahal usaha awal juga berat.., kita ngeliatnya pas udah sukses aja...

    BalasHapus
  21. kisah yang menginspirasi, semoga kita bisa mengambil pelajaran dr pengalaman pak radzi

    BalasHapus
  22. Kisah yang mengispirasi, ketika brkerja dengan posion yg pas dengan diri itu luar biasa nyaman

    BalasHapus
  23. Perlu keberanian buat meninggalkan kenyamanan yang di miliki. Maju terus mude semangat

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkomentar yang positif yaa.. Jangan ragu untuk memberi saran dan tanggapan positif, untuk curhat pengalaman juga boleh feel free selama masih sopan
Salam hangat dari Mojang Ciamis