9 Hal Penyebab Infeksi Saluran Kemih Yang Harus Kita Ketahui

Sekitar awal tahun 2017 aku dikejutkan oleh berita bahwa Bapak masuk rumah sakit dan harus dirawat karena terkena Infeksi Saluran Kemih, jujur aku kaget karena memang sebelumnya aku tidak tahu bahwa Bapak sempat menderita sakit kencing. Aku diceritakan bahwa bapak kesulitan untuk buang air kecil, dan karena telat ke dokter maka kondisinya makin parah. Saat itu Bapak sudah mendatangi dokter praktek dekat rumah, tapi karena bertepatan hari libur jadi dokternya pun libur. Akhirnya Bapak pergi ke rumah sakit dan diberikan pertolongan pertama, saat itu disaluran kencingnya dipasang keteter agar air kencingnya bisa keluar, sambil menunggu hasil pemeriksaan dari dokter.




Setiap ingat kejadian itu aku sangat sedih, karena teringat kondisi bapak yang kesakitan dan harus dipasang alat untuk membantu buang air kecilnya. Dari hasil pemeriksaan beliau terkena gangguan saluran prostat, salah satu bentuk dari infeksi saluran kemih. Kondisi ini bisa menyerang siapa saja, dan menurut penelitian sekitar 50%-60% Infeksi Saluran Kemih terjadi pada wanita, karena bentuk dari saluran kencing wanita yang lebih pendek dari laki-lakilaki-laki,  serta bagi yang sebelumnya pernah mengalami infeksi saluran kemih berpotensi mengalami infeksi saluran kemih berulang. 

Jangan Sepelekan Anyang-anyangan

Salah satu gejala dari Infeksi Saluran Kemih adalah anyang-anyangan atau dalam bahasa sunda aku mengenalnya dengan istilah jeungjeuriheun. Saat zaman sekolah dulu aku sering sekali mengalami anyang-anyangan, aku pun bingung kenapa, tapi setelah diingat-ingat dulu toilet di sekolah airnya sering kotor, kemungkinan itu yang menyebabkan aku sering alami anang-anyangan. Agar bisa segera melakukan pertolongan pertama pada anyang-anyangan kita harus mengetahui gejala awal yang sering terjadi pada anyang-anyangan:
  • Hasrat berlebih untuk buang air kecil.
  • Buang air kecil lebih sering, tapi dengan volume sedikit-sedikit.
  • Nyeri pada panggul jika terjadi pada wanita.
  • Jika terjadi pada pria, akan menimbulkan gejala nyeri pada anus.
  • Rasa perih ketika buang air kecil.
  • Urine berbau menyengat, lebih pekat, kadang-kadang mengandung darah.
  • Merasa lelah dan kurang sehat.
  • Demam

Kalau diantara teman-teman ada yang mengalami gejala tersebut bisa segera konsultasi pada dokter terdekat, agar bisa diperiksa dan diberikan pertolongan secepatnya.

Sabtu 26 Mei 2018 aku bisa bertatap muka langsung dengan dr. Boy Abidin di acara Blogger Gathering Uricran. Beliau banyak memberikan informasi penting mengenai penyebab dari Infeksi Saluran Kemih dann bagaimana cara mengatasinya.


Penyebab Infeksi Saluran Kemih

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan Infeksi Saluran Kemih, diantaranya : 
1. Kurang Minum 
Ukuran normal konsumsi air mineral atau air putih bagi orang dewasa adalah 8-10 gelas perhari, disarankan kita minum air putih sebelum merasa haus. Saat tubuh kita merasa haus berarti tubuh kita sudah kehilangan cairan, jadi yang lebih baik adalah minum disaat tubuh kita belum merasa haus.

2. Menahan Pipis
Menahan pipis pasti pernah dialami oleh hampir semua orang, entah itu karena tidak menemukan tempat untuk buang air kecil, tidak mau gunakan toilet umum karena kotor, atau bahkan karena sama sekali tidak menemukan toilet umum saat berada ditempat umum. Hal ini cukup berbahaya karena nantinya kandung kemih akan mengalami sedikit kram dan saat buang air kecil nantinya tidak lancar.

3. Aktifitas Seksual
Aktifitas seksual juga berpengaruh pada Saluran kemih, terutama wanita. Jadi disarankan bisa periksa ke dokter saat mengalami gejala seperti anyang-anyangan, karena dikhawatirkan itu terjadi akibat aktifitas seksual.

4. Manopouse
Bagi wanita yang sudah Manopouse Infeksi Saluran Kemih juga rentan sekali terjadi, karena kulit semakin tipis sehingga saat terjadi gesekan lebih berpotensi terluka.

5. Pasien Diabetes
Saat kadar gula darah naik pasien diabetes cenderung akan lebih sering buang air kecil sehingga berpotensi terkena infeksi saluran kemih.

6. Kebersihan organ intim
7. Toilet tidak bersih
8. Air pembasuh yang tidak bersih
9. Arah Membasuh yang salah

Infeksi saluran kemih pada wanita dan Cara alami mengatasinya
Meskipun Infeksi Saluran Kemih rentan terjadi terutama pada wanita, kita bisa mencoba mengatasinya dengan cara alami, salah satunya dengan menggunakan buah Cranberry dan ekstraknya. 

Cranberry (Vaccinium oxycoccos) adalah tanaman jenis berry yang termasuk tanaman semak atau tanaman yang biasanya tumbuh liar. Tanaman cranberry memiliki banyak kesamaan dengan blueberry, hanya saja cranberry mempunyai warna merah tua. Buah cranberry yang tergolong ke dalam tumbuhan semak-semakan pendek ini banyak ditemukan di bagian utara Amerika dan Kanada. Konon, buah ini sudah diketahui khasiatnya sejak zaman nenek moyang suku Indian kuno, yakni sebagai obat luka akibat terkena panah. Beberapa tahun terakhir ini, cranberry populer digunakan sebagai sumber vitamin untuk meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah seriawan, dan sebagai antioksidan.

Ekstrak Cranberry Hadir Dalam Prive-Uricran

Cranberry mempunyai kadar vitamin C yang cukup tinggi. Selain itu kaya serat makanan, mineral dan flavonoid antosianidin, sianidin, peonidin, dan quercetin dan memiliki senyawa fitokimia, yaitu salah satu sumber anti oksidan polifenol sehingga buah cranberry sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung dan dapat mencegah penyakit yang berbahaya seperti kanker dan penyakit jantung.

Saat ini Ekstrak Cranberry ada dalam Produk Uricran. Produk Uricran sendiri terdiri dari dua macam yaitu Prive uricran kapsul dan Prive Uricran Plus yang berbentuk serbuk. 

Komposisi: 250 mg Ekstrak Cranberry Sediaan: Kapsul Dosis: 1-2 Kapsul / Hari
Isi per Box: 30 Kapsul / Box


Komposisi: 375 mg Ekstrak Cranberry, 60 mg Vit C, 0.1 mg Lactobacillus Achidopillus,
0.1 mg Bifidobacterium bifidum. Sediaan: Powder Sachet Dosis: 1-2 Sachet / Hari
Isi per Box: 15 Sachet / Box


Produk ini bisa didapatkan di apotik serta toko kesehatan didekat rumah, dengan rasa yang enak uricran ini bisa membantu kita mengatasi masalah Infeksi Saluran Kemih.

3 komentar

  1. Aku pernah coba uricran, rasanya asem seger, dan khasiatnya bagus ya buat ngatasin anyang-anyangan.

    BalasHapus
  2. Pernah anyang-anyangan pas hamil pertama, Ya Allah rasanya nggak karuan sampai susah buat jalan. Sejak itu aku kalau kebelet pipis nggak mau nahan-nahan lagi deh.

    BalasHapus
  3. cranberry.. saya jadi ingat dialog dari film departed, bahwa cranberry juice adalah minuman yang diminum perempuan yang sedang haid.. entah fakta atau fiktif :)

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkomentar yang positif yaa.. Jangan ragu untuk memberi saran dan tanggapan positif, untuk curhat pengalaman juga boleh feel free selama masih sopan
Salam hangat dari Mojang Ciamis