5 Hal Yang harus Diketahui Backpacker Sebelum Travelling Di Korea Selatan

Saat kecil salah satu cita-citaku adalah bisa mengunjungi negara yang mempunyai 4 musim, bagi aku yang hidup didaerah tropis dengan dua musim yaitu musim hujan dan musim kemarau, tentu saja aku sangat penasaran dengan pergantian musim dinegara-negara subtropis.

Rasanya sangat menakjubkan membayangkan bisa melihat dan menyentuh langsung butiran-butiran salju, meskipun pada kenyataanya aku tidak tahan dingin.. hhee
Korea Selatan adalah salah satu negara yang menjadi wishlist negara yang ingin aku kunjungi, setelah diperkenalkan dengan drama korea sekitar 5 tahun yang lalu oleh seorang teman, Korea Selatan mempunyai tempat khusus dihatiku.


Korea Selatan memang terkenal dengan K-Pop serta K-Dramanya, selain itu Korea Selatan saat ini menjadi salah satu tujuan wisatawan yang sangat diminati karna keindahan alam serta keunikan negaranya.

Korea sendiri terkenal dengan negara yang ramah turis, Hal ini terlihat dengan pelayanan dan fasilitas wisata yang terus dikembangkan guna mendorong wisatawan untuk mengeksplorasi tempat wisata korea selatan serta menikmati Korea dengan semaksimal mungkin. Bagi para wisatawan yang menggunakan Travel Agent mungkin tidak terlalu kesulitan, karena bisa mengandalkan tour leadernya untuk bertanya berbagai hal. Tapi bagi yang Backpacker mungkin akan menemui sedikit kenadala misal kesulitan menuju tempat wisata tertentu, apalagi bagi yang terkendala masalah bahasa.
Jadi Sebelum berangkat ke Korea sebaiknya kita menyiapkan beberapa hal yang wajib diketahui agar travelling kita di korea selatan lancar dan aman.

Tentukan Tujuan Objek Wisata Yang Akan Dituju

Tentukan pilianh ya akang-teteh, nanti mau kemana aja pas di korea. Objek wisata di Korea Selatan itu buwanyak banget, semuanya bagus-bagus, semuanya seperti wajib kita kunjungi. Tapi saat travelling kita pasti terkendala waktu dan biaya  apalagi buat backpacker kayak aku, so kita harus tentukan pilihan objek wisata mana saja yang akan kita kunjungi.

Mencari Informasi Transportasi di Korea Selatan

Korea Selatan memang terkenal dengan kemudahan akses transportasinya, tetapi tetap saja berkunjung ke tempat baru pastilah agak sedikit kikuk. Nah untuk mengurangi kerugian waktu dan tenaga akibat belum memastikan transportasi yang akan digunakan ke tempat tujuan, sebaiknya kita mencari tahu rute dan transportasi apa yang bisa kita gunakan. 

Melakukan Penukaran Uang Asing

Penukaran uang asingnya yang pasti dengan mata Uang Won ya. Beberapa tempat belanja seperti tempat makan atau kios-kios kecil biasanya tidak menyediakan fasilitas mesin EDC, sehingga transaksi masih dilakukan secara manual.

Menghafal istilah-istilah Umum di Korea Selatan

Bagi yang sering menonton Drama Korea mungkin sudah hafal beberapa istilah yang sering digunakan di Korea, seperti Annyeong haseyo (hallo/selamat pagi/selamat siang/selamat malam), Gamsahamnida (Terimakasih), Mian Ham nida (Maaf), dan beberapa istilah umum lainnya. Dengan bisa mengucapkan bahasa korea warga setempatpun akan lebih respek pada kita.

Cari informasi Tentang Penyewaan Handphone, Sim Card atau Modem di Korea

Internet adalah hal yang sangat penting  saat kita travelling, Jaman Now kebutuhan akses informasi sangatlah penting, selain itu pastinya kita juga ingin mengabadikan momen kita saat travelling.  Update status di sosial media seolah sudah menjadi keharusan, meskipun tidak untuk semua orang ya. Nah karna No Telpon yang kita pergunakan biasanya No Lokal dan beberapa provider belum bisa digunakan di Korea, maka mau tidak mau kita bisa menggunakan Sim Card yang sudah disediakan di Korea, bisa sih ngandelin Wifi tapi kan belum tentu semua tempat yang kita kunjungi ada fasilitas wifi nya. So lebih baik kita prepare buat sewa modem atau beli Sim card baru di korea selatan.

 #AKUDANKOREA MUDAHNYA JALAN-JALAN DI KOREA!

Nikmati mudahnya mendapatkan informasi wisata ke Korea melalui microsite terbaru KTO Jakarta
Pada 4 Mei 2018 aku menghadiri acara launching microsite www.akudankorea.com bersama Korea Tourism Organization 

Untuk memberikan pelayanan lebih kepada wisatawan, khususnya wisatawan dari Indonesia, Korea Tourism Organization (KTO) Jakarta Office meluncurkan kampanye baru #AKUDANKOREA sekaligus merilis microsite www.akudankorea.com. 

Kampanye ini merupakan sebuah aktivitas promosi yang dijadikan sebagai pusat informasi wisatawan, terutama wisatawan FIT (free independent traveler). Microsite www.akudankorea.com menyediakan semua informasi wisata serta update mengenai kegiatan yang tersedia pada kampanye #AKUDANKOREA, dan diharapkan dapat menjawab segala pertanyaan seputar wisata ke Korea, sehingga wisatawan Indonesia tertarik untuk berkunjung dan menjelajahi Korea. Kampanye ini juga sebagai bukti bahwa Korea akan terus menjadikan negaranya semakin ramah terhadap wisatawan dan sangat mudah untuk dijelajahi oleh wisatawan FIT, khususnya dari Indonesia.
Terdapat beberapa kanal pada microsite untuk mempermudah wisatawan dalam mencari informasi yang mereka butuhkan seperti, 

Event Terbaru berisikan info terkait beragam acara menarik seperti festival, acara terbaru yang diselenggarakan di Korea, atau acara di Indonesia yang diselenggarakan KTO Jakarta;
Destinasi berisikan info destinasi-destinasi yang paling dicari, destinasi baru, dan info wisata menarik seperti wisata Hallyu, tradisonal dan destinasi unik lainnya yang cocok untuk wisatawan FIT;
Penawaran Khusus berisikan informasi berbagai promosi atau diskon yang ditawarkan oleh berbagai pelaku wisata seperti hotel, restoran, transportasi, took-toko, tiket pesawat, dan lain-lain.

Selain informasi lengkap untuk wisatawan, terdapat beberapa aktivitas online seru untuk meningkatkan awareness #AKUDANKOREA yaitu
Photo challenge, yang akan dilakukan dalam dua fase. Fase pertama pada Mei – Juli 2018. Terdapat hadiah utama berupa tiket PP ke Korea. Pengumuman pemenang akan diumumkan di www.akudankorea.com. Untuk info detail tentang aktivitas ini, silahkan cek di www.akudankorea.com
Trivia quiz juga akan menjadi salah satu aktivitas utama di www.akudankorea.com selama 3 bulan, yaitu pada Agustus - Oktober 2018. Hadiah utama kuis ini adalah 4 tiket PP ke Korea yang akan diumumkan di akhir periode quiz. Info detail tentang syarat dan ketentuan untuk mengikuti trivia quiz ini dapat dilihat di www.akudankorea.com

KTO juga bekerjasama dengan Asiana Airlines, Garuda Indonesia dan Korean Air dengan memberikan harga spesial bagi wisatawan FIT Indonesia yang membeli tiket melalui ketiga maskapai tersebut. Bagi FIT yang membeli tiket langsung di salah satu maskapai penerbangan tersebut, akan mendapat #AKUDANKOREA coupon book yang berisi diskon-diskon menarik dari hotel, restaurant dan tempat wisata, tiket CGV dan Seoul Discover Pass (1 kartu yang dapat digunakan untuk berbagai hal seperti transportasi saat di Korea dan diskon spesial ke tempat wisata di Seoul).

Saat acara hadir artis dan influencer diantaranya Atiqah Hasiholan, Marisca Prudence, Janine Intansari dan Fifi Alvianto. Mereka berbagi pengalaman saat mengunjungi korea dan bagaimana kesan-kesan saat jalan-jalan di korea.

Atikah bercerita dia paling berkesan saat mengunjungi busan, busan salah satu kota pelabuhan, kota yang dikelilingi oleh laut ini begitu ramah dan menyenangkan.

Marischa Pru yang juga beberapa kali pernah mengunjungi korea selatan bercerita sangat senang bisa berkunjung ke korea, pru dan kakaknya pernah mengunjungi beberapa tempat yang anti mainstream salah satunya animal cafe.

Janine Intasari juga bercerita bahwa Korea Selatan surganya Kosmetik dan Make up, bahkan janine sempat share pengalamannya saat melakukan operasi kecantikan di korea.

Vivi Alfianto seorang ibu dengan dua orang anak menceritakan kekagumannya pada korea selatan sebagai tempat wisata yang sangat ramah untuk family trip, transportasi pun sangat mudah sehingga  meringankan bagi para orang tua yang ingin travelling bersama anak-anaknya.

Wah seneng banget ya bisa mengunjungi korea selatan, aku juga pengen banget bisa travelling kesana. Mulai dengan doa dan menabung.

1 komentar

  1. Mpo belajar bahasa korea karena ada pengobatan dari negri korea. Gingseng titip ya mude kalau ke korea

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkomentar yang positif yaa.. Jangan ragu untuk memberi saran dan tanggapan positif, untuk curhat pengalaman juga boleh feel free selama masih sopan
Salam hangat dari Mojang Ciamis