Fashion Life Style

Indonesia Muslim Lifestyle Festival, Dukung Pertumbuhan Industri Produk Halal di Indonesia

Saat mendengar kata halal apa sih yang biasanya terlintas dipikiran teman-teman? Aku yakin jawabannya pasti banyak dan beragam, pasti ada yang baper juga nih kalau dengar kata halal, terutama buat yang masih single xixixii.

Bagi aku sendiri kata halal sangat identik dengan Islam, Islam dan Halal adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Halal sendiri berasal dari bahasa arab yaitu dari kata “Halaal” yang artinya “dibolehkan atau diizinkan”, dan lawan katanya adalah haram yang artinya tidak diperbolehkan. Oke sampai sini clear ya man-teman pengertian dari halalnya.

Di dalam Al-Qur’an sendiri ada beberapa ayat yang menerangkan mengenai halal, salah satunya adalah Q.S Al-Maidah ayat 88 yang berbunyi :

”Dan makanlah makanan yang halal lagi baik dari apa yang Allah telah rezekikan kepadamu, dan bertakwalah kepada Allah yang kamu beriman kepada-Nya.”

(Q.S. al-Maaidah:88)

Indonesia Muslim Lifestyle Festival

Sebelumnya aku menganggap halal ini hanya berkaitan dengan produk makanan dan minuman yang kita konsumsi, padahal sebenarnya kata halal ini sangat luas cakupannya, melingkupi semua aspek kehidupan umat islam. Sebagai seorang muslim dan muslimah, sudah selayaknyalah kita harus paha

Sebagai muslimah aku pun berusaha untuk mengaplikasikan ajaran islam ini ke dalam gaya hidup sehari-hari, dengan cara mengkonsumsi makanan dan minuman halal, mulai menggunakan produk kosmetik halal, kemudian mulai menggunakan pakaian yang dianjurkan serta memilih produk-produk jasa yang sudah menerapkan konsep halal didalamnya.

Yuk Terapkan Halal Lifestyle Untuk Mendukung Pertumbuhan Industri Halal di Indonesia

Disadari atau tidak saat ini gaya hidup halal sudah menjadi bagian dari industri di berbagai dunia, tidak hanya di negara muslim loh tapi di negara yang mayoritasnya non muslimpun sudah sangat digalakan.

Bagi Indonesia sebagai negara dengan penduduk islam terbesar di dunia hal ini adalah kesempatan emas untuk memajukan perekononian kita. Tapi sayang berdasarkan data dari Global Islamic Economy Report 2016/2017 dan 2017/2018, Indonesia menempati peringkat 10 dari 15 negara dalam bidang ekonomi syariah. Selain itu, perkembangan ekonomi dan keuangan syariah Indonesia juga tertinggal dari negara mayoritas nonmuslim seperti Thailand dan Australia.

Aku sangat menyayangkan hal tersebut, tapi hanya komentar saja tidak cukup, perlu aksi nyata untuk mendukung pertumbuhan ekonomi syariah di indonesia. Aku mau sedikit berbagi pengalaman tentang langkah yang sudah aku lakukan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi syariah di indonesia.

1. Memilih Makanan dan Minuman Halal

Meskipun kita tinggal di daerah mayoritas muslim, tetap kita harus bisa memilah produk apa saja yang kita konsumsi. Contoh daging ayam, kalau misalkan ayamnya kita pelihara sendiri lalu dipotong sendiri sesuai syariat islam, tentu aman. Tapi kalau daging ayamnya beli dari pasar, kita tidak bisa memastikan 100% bahwa cara pengolahannya sesuai syariat, nah jadi minimal sebelum makan aku baca bismillah dan doa sebelum makan.

2. Menggunakan Pakaian Busana Muslim Lokal

Saat ini fashion muslim mulai bisa diterima diberbagai kalangan, model-model pakaian muslim pun dikemas dengan elegant dan stylist. Jadi buat para muslimah gak ada lagi tuh namanya mati gaya, kita tetap bisa tampil cantik dalam balutan busana muslim yang sesuai syariah. Nah aku biasanya membeli baju busana muslim dari produk lokal, selain kualitasnya tidak kalah dengan produksi luar negeri, hal ini juga bisa membantu UMKM untuk maju.

3. Memilih Kosmetik Halal

Di Indonesia siapa yang tida kenal produk kecantikan Wardah, brandingnya sebagai Kosmetik Halal menjadikannya salah satu produk lokal yang sangat diminati oleh masyarakat. Selain wardah masih ada beberapa produk yang juga sudah mendapatkan sertifikasi halal dari MUI. Jadi saat aku memilih produk kosmetik selain dari manfaat dan harganya, sertifikasi halal menjadi salah satu bahan pertimbangan aku untuk menentukan produk yang akan aku beli.

Indonesia Muslim Lifestyle Festival

Sumber : http://www.halhalal.com

4. Investasi Halal

Ini yang masih jadi PR besar nih, harus kencangkan ikat pinggang biar bisa investasi lebih banyak lagi. Aku sudah mulai investasi saham nih ceritanya dan alhamdulillah sudah tersedia saham syariah dibeberapa sekuritas yang aku ikuti, jadi lebih tenang saat berinvestasi.

5. Memilih Paket Wisata Halal

Aku jadi ingat saat pengalaman traveling ke Manado dan Pontianak, dua kota ini mempunyai kultur yang cukup berbeda dengan kota dimana aku tinggal, aku tinggal di ciamis dengan kultur sunda dan didominasi oleh warga muslim. Sedangkan Kota Manado di dominasi oleh warga non muslim dan kota pontianak lebih beragam lagi, ada melayu, chinese dan warga suku asli dayak.

Aku membayangkan akan agak susah mencari makanan halal dan tempat ibadah, tapi alhamdulillah saat di pontianak aku beruntung kenal dengan beberapa teman disana sehingga aku punya tour guide yang siap sedia mengantar ke tempat-tempat yang ramah untuk wisatawan muslim.

Sedangkan saat di manado aku menggunakan tour and travel sehingga semuanya sudah diatur oleh pihak travel, meskipun disana mayoritas warga non muslim tapi alhamdulillah makanan dan tempat solat pun aman.

Saat ini sudah banyak kok tour and travel yang menyediakan paket wisata halal, baik didalam maupn diluar negeri, jadi insya alloh aman.

Indonesia Muslim Lifestyle Festival, Pameran Lengkap Untuk Mendukung Halal Lifestyle

Bicara mengenai halal lifestyle aku ada info penting nih man-teman, pada tanggal 30 Agustus – 1 September 2019 akan diadakan acara pameran industri dan gaya hidup halal terbesar dan terlengkap di Indonesia yaitu Indonesia Muslim Lifestyle Festival, yang berlokasi di Jakarta Convention Center.

Acara ini diselenggarakan oleh LIMA Event berkolaborasi dengan Komunitas Pengusaha Muslim Indonesia (KPMI), Perkumpulan Lembaga Dakwah dan Pendidikan Indonesia (PULDAPII) dan Yayasan Alumni Pesantren Islam Al Irsyad Tengaran (YAPIAT).

Indonesia Muslim Lifestyle Festival

Technical Meeting Indonesia Muslim Lifestyle Festival

Acara ini diadakan dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap industri halal dan membangun kesadaran menjalankan gaya hidup halal.

***

Di acara pameran industri dan gaya hidup halal terbesar dan terlengkap di Indonesia ini akan menampilkan produk-produk halal dari 8 sektor yaitu sekolah berbasis islam, modest fashion, halal food, halal travel, sharia property, halal cosmetic, halal media dan startup berbasis syariah. Dengan area seluas 13000 m2 tersedia kurang lebih 300 stand, wa lengkap banget ya. Duh ceuceu jadi pengen kesana deh, semoga ada waktu deh ya ke jakartanya.

Industri halal

Rangkaian acara di Indonesia Muslim Lifestyle Festival

5 Hal Menarik Yang Bisa Diikut Di Indonesia Muslim Lifestyle Festival

Apa saja sih yang bisa kita nikmati di acara Indonesia Muslim Lifestyle Festival ini ?

1. Pusat Jajanan Halal

Untuk makanan dan minuman, ada Pusat Jajanan Halal. Yang unik di sini, pengunjung akan diperkenalkan profesi khusus untuk peracik makanan halal yang ternyata juga telah mendapatkan sertifikasi kompetensi food handler. Seluruh tenant yang terlibat di Pesta Jajanan Halal produknya telah memiliki sertifikasi Halal MUI atau sedang dalam proses finalisasi pengurusannya.

2.  Pameran Sekolah Berbasis Islam

Bagi para orang tua yang ingin mengenal lebih dalam tentang pendidikan Islam yang berorientasi global, PULDAPIA menghadirkan Islamic Education Fair yang menampilkan lebih dari 50 sekolah berbasis Islam. Pameran ini diharapkan dapat mengajak masyarakat untuk mengenal lebih dalam pendidikan tinggi Islam yang kini berkembang dinamis untuk menjawab kebutuhan lapangan kerja yang lebih meluas lagi.

3. Job Fair

Sejumlah perusahaan muslim juga membuka kesempatan “Job fair” bagi pencari kerja yang ingin menimba karir.

4. Olimpiade Halal

Sedangkan LPPOM MUI mengadakan Olimpiade Halal bertajuk “Produk Halal Pilihan Generasi Millenial” yang rencananya akan diikuti oleh 2000 siswa SMA/sederajat se-Jakarta.

5. Hijabbers Gathering

Untuk kalangan muslimah, bisa bergabung dalam kegiatan hijabbers gathering yang akan mengupas tuntas soal karya dan kreativitas muslimah dalam menghidupkan gaya hidup halal. Mengingat bisnis busana muslim memiliki prospek yang sangat cerah.

Acara ini sekaligus juga sebagai wahana edukasi dan sosialisasi umat Islam mengenali kembali esensi konsep halal yang sepenuhnya dapat diaplikasikan dalam segala sendi kehidupan. Karena faktanya ekonomi halal telah diakui dunia dapat menggerakan perekonomian secara signifikan.

Selain itu, pameran ini diharapkan dapat memberikan peluang dan kesempatan yang luas bagi pengusaha yang ingin berkembang lewat forum bisnis, investor forum dan business matching dengan internasional buyers. Bagi para startup, bisa memanfaatkan kesempatan mengikuti ajang kompetisi social entrepreneurship.

Jangan lupa ya kunjungi Muslim Lifestyle Festival pada tanggal 30 Agustus – 1 September 2019, dari mulai pukul 09:00 sampai 21:00 WIB. Kita cukup mengeluarkan uang senilai Rp. 25.000,- untuk tiket Muslim Lifestyle Festival ini dan khusus hari Jumat tiketnya FREE loh.

Dont Miss It ya Man-teman.

Salam

Mudrikah.com

14 Comments

  1. Khoirur Rohmah 27 Agustus 2019
  2. Marfa 27 Agustus 2019
  3. Ruli retno 28 Agustus 2019
  4. Kang Alee 28 Agustus 2019
    • Diah Kusumastuti 28 Agustus 2019
  5. April Hamsa 28 Agustus 2019
  6. Rani Yulianty 28 Agustus 2019
  7. Sugi Siswiyanti 28 Agustus 2019
  8. Tukang Jalan Jajan 28 Agustus 2019
  9. Nurul Fitri Fatkhani 28 Agustus 2019
  10. Peri Hardiansyah 28 Agustus 2019
  11. Dikki Cantona Putra 28 Agustus 2019
  12. Eni Martini 28 Agustus 2019
  13. Eko Prasetyo 28 Agustus 2019

Leave a Reply

Follow Me on Instagram