Life Style

Tips Memulai Investasi Bagi Wanita Yang Masih Single

Saat melihat saldo rekening tabungan semakin menipis, aku baru berpikir kemana ya uang-uang hasil kerja selama ini? Kok cuma numpang lewat begitu saja. Saat dikondisi seperti itu baru deh berpikir buat nabung, tapi saat uang sudah ditangan kadang kita kembali lupa pada niat awal untuk menabung.

Pernah suatu kali Mamah sampai berkata kepadaku “Kalau orang single tuh (belum menikah) susah punya kekayaan, mikirnya cuma mau main aja”, aku nyengir aja pas dengernya. Mamah berkata seperti itu bukan tanpa alasan, tapi karena melihat putrinya ini gak punya tabungan dan uang gajinya hanya habis buat main dan jajan saja.

Tapi semakin usia bertambah aku juga semakin sadar akan pentingnya menabung dan investasi, belajar dari orang tua juga sih. Aku salut deh sama orangtuaku, dari penghasilan mereka yang tidak seberapa sebagai dan petani, kok bisa menyisakan uang untuk di tabung, sehingga saat ada keperluan mendadak gak heboh harus pinjam kanan-kiri.

Dari situlah aku mulai untuk sedikit-sedikit menyisakan penghasilan untuk ditabung. Setelah punya sedikit tabungan aku pun berpikir bahwa selain menabung di bank, aku juga harus mulai berinvestasi. Mulai mengatur investasi jangka pendek dan investasi jangka panjang.

5 Tips Investasi Bagi wanita Single

1. Rutin membuat catatan pemasukan dan pengeluaran

Dengan membuat catatan pengeluaran, kita bisa mengetahui apa saja kebutuhan pokok kita sehari-hari. Dana untuk investasi juga bisa kita prediksi dengan mencatat cash flow pribadi ini.

2. Pisahkan Kebutuhan dan Keinginan

Ini nih yang kadang buat kita terkendala buat berinvestasi, karena sulit memisahkan kebutuhan sama keinginan. Dana yang kita punya jadinya habis tanpa kita sadari.

3. Mulai dari sekarang dan secepat mungkin

Saat sudah ada niat langsung deh laksanakan si investasi itu, jangan nunggu besok apalagi besoknya lagi. Karena bisa saja besok kita sudah berubah pikiran, dan malah gak jadi buat mulai investasi.

4. Ambil investasi jangka panjang dan jangka pendek

Yang namanya kebutuhan kan kita gak pernah tahu akan menyapa, jadi lebih baik kita membuat dua investasi jangka pendek dan jangka panjang.

5. Tentukan jenis investasi yang akan diambil

Saat ini banyak sekali jenis investasi yang bisa kita ikuti, dari mulai deposito, tabungan emas, reksa dana, serta jenis investasi online yang sedang banyak diminati adalah peer-to-peer lending.

Peer-to-peer Lending pilihan Cerdas Untuk Investasi

Aku sendiri sudah beberapa bulan terakhir ini berkenalan dengan peer to peer lending, tapi masih dalam proses mempelajari cara kerja P2P Lending ini .
Peer-to-peer Lending adalah kegiatan pinjam meminjam antar perseorangan. Praktisi ini sudah lama berjalan dalam bentuk yang berbeda, seringkali dalam bentuk perjanjian informal.

Kelebihan Peer-to-peer Lending

1. Menyalurkan pinjaman dana untuk kebutuhan konstruktif (bukan konsumtif) seperti pinjaman bisnis, pendidikan, kesehatan, dan sebagainya.
2. Sumber dananya berasal dari masyarakat (bukan dari perusahaan penyedia layanannya).
3. Bunga pinjaman lebih rendah dibandingkan lembaga keuangan konvensional maupun fintech balance-sheet lending.
4. Masyarakat bisa berkontribusi meminjamkan dana dan mendapatkan bunga darinya (seperti investasi).
5. Seluruh prosesnya terjadi secara online, kapan pun dan di mana pun.
6. Mampu menjadi investasi alternatif dan sumber pendapatan tambahan bagi Pendana/Investor
7. Mendapat dukungan dari OJK dan BI demi meningkatkan inklusi keuangan
8. Mampu membantu UKM berkembang dengan dukungan modal usaha yang murah dan terjangkau.

KoinWorks Platform Peer-to-peer Lending Yang Terpercaya

Ada yang sudah berkenalan dengan KoinWorks? KoinWorks sebagai platform P2P Lending, berperan sebagai penghubung antara masyarakat yang membutuhkan pinjaman dengan masyarakat yang memiliki dana untuk dipinjamkan.

KoinWorks sendiri menyediakan sebuah platform agar seluruh kegiatan pinjam-meminjamkan uang dapat terjadi sepenuhnya secara online dan mudah dijangkau siapapun.
Jadi tidak perlu khawatir harus repot daftar secara offline.

KoinWorks juga menjadi alternatif investasi bagi masyarakat yang memiliki dana untuk dipinjamkan dan berpotensi menjadi sumber pendapatan dalam jangka panjang.
Ada 3 jenis pinjaman :
1. Koin Bisnis ( Pinjaman Bisnis)
2. Koin Pintar ((Pinjaman Pendidikan)
3. Koin Sehat (Pinjaman Kesehatan)

Cara Untuk Meminjam dana dari KoinWorks :
1. Calon Peminjam mengajukan pinjaman secara online
2. KoinWorks menganalisa seluruh data dan memberikan skor kredit A1-E5
3. Pinjaman diterbitkan ke dalam platform
4. Ratusan hingga ribuan Pendana bahu-membahu memenuhinya
5. Pinjaman dicairkan
6. Peminjam memanfaatkannya dan membayarcicilan bulanan
7. Sistem KoinWorks secara otomatis menyalurkan pengembalian ke Pendana berdasarkan porsi pendanaan masing-masingPendana (Pokok+Bunga)

Kelebihan dari koinworks bagi para peminjam :

1. Prosesnya Cepat dan Mudah
2. Sepenuhnya secara online
3. Tenor 1 – 24 bulan
4. Pelunasan Lebih Awal Tanpa Biaya
5. Tanpa Jaminan

Kelebihan dari koinworks bagi para pendana :

1. Modal mulai dari Rp100ribu
2. Siapapun bisa mulai mendanai/investasi
3. Bunga tinggi, mulai dari 21,32% bunga efektif per tahun
4. Aman dan terpercaya karena terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan
5. Fintech Paling Inovatif versi BIFA, didukung oleh Mandiri Capital, Quona, Gunung Sewu dan sebagainya serta berkolaborasi dengan mitra bereputasi seperti Lazada, Tokopedia, BukaLapak, English First, BINUS, Bhinneka, Berrybenka, dan banyak lagi.
6. Memiliki Dana Proteksi, di mana bila Peminjam pailit/gagal bayar, dana yang dipinjamkan akan diganti rugi hingga 100%.
7. Belajar fundamental investasi, diversifikasi, serta efek compounding
8. Mudah, cepat, dan sangat fleksibel

Bagi temen-temen yang berminat untuk mencoba gabung di Koinworks, saat ini sedang ada promo mendapatkan 150.000 KOIN, dengan memasukan kode promo KOINWORKS150. Atau bisa langsung klik Halaman ini kemudian lengkapi data-data yang diminta, otomatis temen-temen langsung dapet deh 150.000 KOIN

Cukup mudah kan buat daftar di Koinworks, tuk ahh mulai berinvestasi untuk tabungan masa depan.

2 Comments

  1. Dedew 6 Maret 2019
  2. Reh Atemalem 8 Maret 2019

Leave a Reply

Follow Me on Instagram