5 Destinasi Wisata di Banyuwangi Untuk Liburan Tahun Baru

Percayakah kamu sebuah film bisa menjadi media promosi pariwisata bagi sebuah objek wisata? kalo aku sih percaya pake iyes.
Saat menonton sebuah film selain kita disuguhi alur cerita yang menarik, aktor dan aktris kesayangan kita juga bisa mendapatkan pengetahuan baru tentang tempat-tempat yang dijadikan latar seting cerita di film tersebut.

Sekitar 2 Bulan yang lalu, tepatnya saat akhir Bulan suci Ramadhan aku sempat melihat film Jilbab Traveller Love Sparks In Korea yang di adaptasi dari novel Asma Nadia dengan judul yang sama. Dari judulnya kalian pasti sudah membayangkan latar seting filmnya pasti di korea, iyuupss betul banget salah satu daya tarik film ini adalah mengambil seting cerita dikorea. Aku sih kebayang oppa-oppa yang ganteng dan klimis gitu, ditambah musim salju yang menambah syahdu suasana.

Tapi yang membuatku kagum di film ini adalah diawal cerita sang sutradara mengangkat cerita yang berlatar seting di salah satu kota diindonesia yang begitu mempesona, Taman wisata baluran dan kawah ijen menjadi tempat  dimana rania (bcl) dan hyun geun (morgan oey) pertama kali bertemu. Dan diceritakan bahwa ayah dan ibu rania juga pertama kali bertemu disana dan kemudian saling berjodoh. Aku yang cuma pernah dengar sekilas tentang kawah ijen tanpa tau lokasinya dimana selesai nonton film langsung deh browsing tentang kawah ijen ternyata lokasinya berada di kota Banyuwangi Jawa Timur. Sejak saat itu aku punya destinasi baru di daftar tempat yang ingin aku kunjungi.

Nah berhubung jatah cuti aku udah miris jadi aku berencana buat ngabisin sisa cuti aku ini saat liburan akhir tahun, pas bangetkan momment pergantian tahun kita lewati di tempat-tempat yang istimewa. Ini dia tempat-tempat istimewa versiku yang berlokasi di banyuwangi.
5 Tempat Wisata Banyuwangi yang cocok untuk melewatkan momment tahun baru.
1. Pantai Pulau Merah

Sumber: www.banyuwangibagus.com


Pantai yang dulunya bernama Pantai Ringin Pitu ini adalah salah satu pantai terindah dibanyuwangi, akan sangat disayangkan kalau kita berkunjung ke Banyuwangi tapi tidak bertandang ke pantai Indah ini. Beberapa ratus meter dari pantai terdapat sebuah pulau kecil yang bisa kita capai dengan berjalan kaki saat sore hari ketika air laut surut. Kebayang dong menyusuri pantai ini sama si doi, di bawah birunya langit dan disambut oleh ombak manja yang seolah mendekat tapi kemudian menjauh lagi. Pokoknya mau banget ke sinii titik.
2. Pantai Tabuhan

Sumber: www.banyuwangibagus.com


Kamu suka scuba diving atau cuma ciprat-ciprat main air tapi pengin ketemu sama nemo ditepi pantai, ini dia tempat yang cocok banget yaitu pantai tabuhan. Dipantai tabuhan kita bisa snorkeling melihat pemandangan bawah laut yang menakjubkan, terumbu karangnya pun masih sangat terjaga karena dipantau secara berkala oleh para penggiat terumbu karang di pantai tabuhan.

Sumber: www.banyuwangibagus.com


Dipantai tabuhan ini juga kita disuguhkan aktivitas yang sangat menakjubkan yaitu kitesurfing, kitesurfing adalah kegiatan surfing yag dilengkapi dengan alat tambahan berupa parasut yang digunakan untuk menjalankan dan menarik papan surfing. Buat pecinta surfing pantai tabuhan ini pasti surga banget deh, kalo aku sih pastinya Cuma jadi tim hore yang akan terkagum-kagum di pinggir pantai melihat kelincahan para surfer beraksi.
3. Pantai Suka Made

Sumber: www.banyuwangibagus.com


Melihat penyu bertelur kemudian menetas dan kembali menuju laut untuk mulai hidup mandiri merupakan pemandangan yang sangat mengagumkan, bagi aku yang lahir dan besar dikawasan pedesaan melihat penyu atau kura-kura bukanlah hal yang lumrah ini sesuatu yang cukup mewah untuk didapatkan. 

Sumber: www.banyuwangibagus.com


Di pantai Suka Made ini kita bisa menyaksikan alur kelahiran penyu dari mulai sang induk bertelur , telur menetas dan menjadi tukik, kemudian tukik ini merangkak bersama-sama menuju lautan tempat mereka akan berpetualang. Membayangkannya saja sudah bikin aku merinding disco, yuuk sama-sama kepantai ini teman-teman.

4. Kawah Ijen
sumber: dutawisata.co.id
Ini lhoh tempat yang buat aku langsung jatuh hati sama banyuwangi pas pertama kali lihat dilayar film, Kawah Ijen adalah kawah danau terbesar di pulau Jawa, Kawah ini berada pada ketinggian 2.443 m dpl, dengan kedalaman kawah 200m. Sebenarnya kawah ijen ini lokasinya masuk di 3 kabupaten, yaitu Bondowoso, Situbondo, dan Banyuwangi. 

Sumber: www.dutawisata.co.id


Apa sih yang membuat kawah ijen istimewa dari kawah-kawah yang lainnya? Jadi dikawah ijen ini kita bisa menyaksikan blue fire dan air danau yang berwarna tosca. Dan Fyi Blue Fire ini Cuma bisa kita saksikan di dua tempat didunia, yaitu di islandia dan di Indonesia yaitu dikawah ijen

Pemandangan istimewa ini karena Kawah Ijen ini diselimuti asap belerang, jadilah perpaduan warna yang sangat sedap dipandang. Kita bisa menyaksikan pemandangan istimewa ini pada saat malam hari hingga menjelang subuh.
5. Taman Nasional Baluran

Sumber: Diastikabella.wordpress.com


Taman Nasional Baluran sebenarnya berada di daerah Situbondo, akan tetapi aku memasukannya diwisata Banyuwangi karena tempatnya berada diperbatasan antara situbondo-banyuwangi, jadi aksesnya lebih dekat dari banyuwangi. 

TNB dikenal dengan istilah little africa atau Africa Van Java, ini karena tempatnya sangat mirip dengan Padang savana di Afrika hanya saja bedanya hewan yang tinggal di padang savana baluran tidak seliar hewan di afrika. Nama Taman Nasional Baluran diambil dari nama gunung yang ada didaerah ini yaitu gunung baluran.
Aduuh gak sabar rasanya merasakan sensasi jalan-jalan di alam liar ini, ala-ala jane gitu di film tarzan.

Tuh kan objek wisata dibanyuwangi tidak kalah mengagumkan dengan objek wisata didaerah lainnya.
Karena waktu yang terbatas menyesuaikan sisa jatah cuti aku menggunakan waktu se-efektif mungkin, sebelum berangkat aku sudah mempersiapkan semua keperluan disana jauh-jauh hari sebelum berangkat seperti transportasi dan penginapan. 

Untuk penginapan aku mengandalkan Traveloka untuk memilih penginapan mana yang kira-kira cocok buatku nanti. Dari mulai harga, lokasi juga fasilitas semuanya lengkap tersedia di Traveloka
Kita tinggal pilih mau hotel yang bintang berapa, yang pinngir pantai atau yang ditengah kota semua bisa kamu pilih di Traveloka.
Naah tunggu apalagi ayo mulai rencanakan liburan tahun baru kamu mau kemana, pasti maukan berkunjung ke tempat-tempat yang tadi aku ceritain. Bisa ajak keluarga, teman atau gebetan kamu yang pastinya gak bakalan nolak kalau diajak ke tempat romantis di banyuwangi.
Sekian cerita impian liburan tahun baruku, sambil nulis sambil berdoa tiba-tiba dapat rezeki nomplok buat ajak keluarga berlibur dibanyuwangi, siapa tau tiba-tiba ada yang mungut jadi mantu… *selftoyor*

 bhahahh.. *ngaareupciin*

**sponsored post

Leave a Reply

Follow Me on Instagram