Life Style

Bukan Sekadar Membantu Menghitung Gaji, Ini Dia 5 Manfaat Software Payroll Lainnya

Salah satu impian aku adalah punya usaha sendiri yang terus berkembang semakin besar. Aku yakin sin, ini impian semua orang yang punya bisnis. Tapi kadang aku suka takut sendiri, aku kepikiran kalau usaha aku semakin besar, artinya aku akan punya banyak karyawan, artinya makin banyak urusan terkait SDM. Aku bisa enggak ya mengurus itu semua?

Kadang urusan keuangan desa yang sekarang aku pegang aja masih suka berantakan. Gimana kalau aku mengurus perusahaan besar nanti? Ah, tapi aku pasti bisa. Harus bisa sih kalau aku memang ingin mewujudkan impian aku. Toh sekarang ini jaman serba teknologi, kalau aku punya usaha sendiri sih aku harus menggunakan software payroll untuk memudahkan aku dalam menjalankan usaha.

Mengenal Software Payroll

Mungkin ada yang belum mengenal softare payroll, biar aku jelasin dulu sekilas ya. Sesuai dengan namanya, software payroll merupakan program aplikasi komputer yang membantu kita dalam mengorganisir manajemen SDM, terutama dalam mengatur penggajian karyawan. Menurut aku sih perusahaan yang sudah memiliki cukup banyak karyawan penting banget menggunakan software payroll ini, kalau enggak bisa pecah kepala rasanya mengurus SDM. Lagipula, kalau sudah ada teknologi yang bisa memudahkan, kenapa juga harus ditolak bukan?

Berkat teknologi yang semakin berkembang saat ini, software payroll yang ada saat ini semakin banyak manfaatnya dan menawarkan fitur-fitur yang lengkap dalam memudahkan kita menjalankan usaha. Manfaat software payroll bukan cuma untuk memudahkan proses penggajian karyawan saja, tapi juga untuk menunjang kinerja dalam mengelola SDM perusahaan.

Manfaat Software Payroll

Mungkin banyak yang mengira manfaat software payroll ini hanya sebatas membantu proses penggajian karyawan, padahal ada banyak manfaat lainnya lho. Bukan hanya proses penggajian karyawan, tapi perhitungan pajak hingga BPJS pun bisa jadi lebih mudah berkat adanya software payroll.

1. Menghitung gaji, PPH, BPJS karyawan secara otomatis

Manfaat utama dari software payroll sudah tentu memudahkan kita sebagai pelaku usaha dalam mengatur gaji karyawan. Berkat software payroll ini, urusan gaji karyawan bisa dilakukan secara otomatis. Bahkan bukan cuma menghitung gaji, tapi pajak dan BPJS karyawan juga bisa dihitung secara otomatis.

Tak sedikit software payroll yang menawarkan custom sesuati dengan pemotongan gaji yang diterapkan di perusahaan. Jadi Setelah jumlah gaji kotor ditentukan, sistem secara otomatis menghitung potongan seperti pajak, asuransi, dan BPJS Kesehatan/ Ketenagakerjaan.

2. Mempermudah akses data karyawan

Manfaat lain dari software payroll bagi pelaku usaha adalah mempermudah akses data karyawan secara online. Berkat menggunakan software payroll, karyawan bisa leluasa mengakses data yang mereka butuhkan secara online, seperti slip gaji, ijin atau pun cuti.

Dengan begini, kerja HRD jadi lebih mudah, tidak perlu sebentar-sebentar ditemui karyawan untuk minta data. Apalagi dalam kondisi pandemi yang masih berlangsung sampai saat ini, ada baiknya kita menjaga jarak.

3. Ijin karyawan bisa via online

Beberapa software payroll juga sudah dilengkapi fitur untuk meminta ijin, cuti, bahkan ganti shift kerja secara online. Karyawan jadi enggak perlu repot mengajukan ijin melalui formulir cetak atau menemui HRD, cukup dengan cara online. Tentunya ini akan memangkas waktu dan mengurangi kerepotan.

4. Memudahkan rekap data kehadiran karyawan

Mengurus perusahaan yang semakin besar bukan cuma soal gaji karyawan yang bikin pusing, tapi juga soal absen kehadiran karyawan. Kebayang repotnya kalau urusan kehadiran karyawan ini dibuat manual padahal jumlah karyawannya juga cukup banyak? Salah rekap? Ulang lagi. Ngebayanginnya aja aku lelah dan frustasi.

Untuk saja absen karyawan bisa diintegrasikan juga dengan software payroll. Jadi semua data kehadiran karyawan akan terekap secara otomatis, termasuk data karyawan yang terlambat atau mengajukan ijin tidak masuk kerja. Praktis banget jadinya. Untuk bikin laporan tinggal mengekspor data tersebut berupa file Excel. Enggak repot, enggak lelah, dan enggak bikin frustasi.

5. Meminimalisir jumlah HRD

Dengan begitu banyak manfaat sofware payroll dalam menunjang kinerja dalam mengelola SDM perusahaan, otomatis tugas HRD bisa lebih fokus ke hal lain dan tidak perlu banyak mengerjakan hal-hal yang berkaitan dengan administratif.

Sebagai pelaku usaha tentunya bisa menghemat jumlah HRD berkat software payroll ini. Bukan enggak mungkin kerjaan HRD bisa dikerjakan cukup dengan 1-2 staff saja.

Memang yang namanya kemajuan teknologi itu harus dimanfaatkan ya? Setuju enggak? Begitu juga dengan software payroll ini. Kalau bisa memudahkan, kenapa harus diabaikan keberadaannya? Apalagi harga software payroll juga beragam, tinggal disesuaikan dengan budget perusahaan. Kalau menurut aku sih ini investasi penting. Gimana menurut kamu?

Leave a Reply

Follow Me on Instagram