Life Style

5 Tips Memilih Cat Untuk Kamar Anak, Untuk Mendukung Tumbuh Kembang Anak Yang Maksimal

Disclaimer : Tulisan “5 Tips Memilih Cat Untuk Kamar Anak, Untuk Mendukung Tumbuh Kembang Anak Yang Maksimal” anggap saja doa dari aku dan suami, setuju aminkan, gak setuju keep silent aja.

Well gak terasa udah mau satu bulan aku menjalani aktivitas Work From Home, akibat dari pandemi yang melanda hampir seluruh negara di dunia.

Karena WFM ini otomatis aku lebih sering berada di rumah, terutama di kamar. Kamar tidur yang selain difungsikan untuk tidur, juga aku gunakan sebagai ruangan kerja, karena meja belajar (yang sekarang jadi meja kerja) berada di kamar tidur.

Dengan lebih banyak di kamar aku jadi lebih memperhatikan setiap sudut dari kamar, mulai dari tempat tidur, lantai, interior kamar, tembok hingga memperhatikan warna dari cat tembok kamar.

Sedikit cerita kamar tidur aku belum lama di renovasi, sekitar 5 bulan yang lalu. Gak seluruhnya di renov sih, cuma ganti warna cat, ganti tempat tidur sama ganti meja belajar.

Setelah di ganti cat nya, aku merasakan ada perubahan aura positif, terutama karena cat temboknya aku ganti, suasana kamar jadi lebih nyaman.

Tapi permasalahannya cat tembok yang aku gunakan ternyata kurang ramah perawatan, dan juga tidak ada jaminan anti bakteri atau kuman.

Padahal aku sedang merencanakan untuk merenovasi kamar untuk dijadikan kamar anak, persiapan aja siapa tahu dalam waktu dekat aku dan suami diberi kepercayaan momongan.

Kenapa kok udah ngerencanain aja buat kamar untuk anak? Kan kalau masih baby biasanya satu kamar sama ibunya. Iya dong, kami harus mempersiapkan kamar si kecil sejak dini, agar nanti bisa membiasakan anak mandiri sejak dini.

Rumah Bebas Kuman dan Bakteri Penting Dalam Proses Tumbuh Kembang Anak

Saat berbicara mengenai kebersihan rumah, pastinya akan berpengaruh pada setiap lini kehidupan, terutama saat ada bayi atau anak kecil di rumah.

Anak kecil sangat rentan terhadap serangan penyakit, yang disebabkan oleh virus atau bakteri.

Nah makanya kebersihan rumah harus sangat dijaga, biasanya kita identik dengan membersihkan lantai, furniture, dan juga peralatan rumah. Tetapi tahukah kita bahwa dinding ruangan atau tembok ruangan juga bisa menjadi sarang kuman dan bakteri.

cat-untuk-kamar-anak
Selain menimbulkan berbagai penyakit, bakteri pada dinding juga bisa menyebabkan bau tidak sedap dalam ruangan.

Dari survey independen kepada orangtua, sebanyak 76% orangtua setuju bila dinding rumah dijadikan tumpuan ketika anaknya belajar berdiri atau berjalan, dan 80% orangtua juga menyebutkan bahwa anak mereka kontak langsung dengan dinding ketika bermain.

Beberapa jenis bakteri yang berbahaya yang sering berada di dinding :
1. Bakteri Staphylococcus Aureus, penyebab penyakit kulit, infeksi luka bedah, dan radang paru-paru
2. Bakteri Escherichia Coli, penyebab diare, kejang perut, dan gagal ginjal.

Agar dinding kita awet serta terhindar dari kuman dan bakteri maka kita bisa melakukan 3 cara untuk menjaga dan merawat kebersihan dinding, berikut diantaranya:

3 Cara Untuk Menjaga Kebersihan Dinding Rumah

1. Rutin Bersihkan Dinding Rumah dari Debu

Debu memang menjadi ancaman bagi setiap barang-barang di rumha termasuk dinding, maka cobalah rutin membersihkan debu pada area dinding rumah, dan sebaiknya menggunakan kain microfiber.
Pastikan juga untuk membersihkan kotoran hingga jaring laba-laba yang menempel pada dinding rumah.

2. Bersihkan Dinding dengan Kain Lap

Untuk membersihkan dinding dari sisa kotoran dan noda yang tertinggal, gunakanlah kain lap yang diberikan sedikit air hingga lembap. Usahakan untuk tidak menambahkan produk pembersih yang mengandung alkohol, karena produk itu hanya akan merusak lapisan cat pada dinding dan justru meninggalkan noda cerah.

3. Bersihkan Dinding Dengan Air Hangat

Membersihkan cat dinding di rumah bisa juga menggunakan air hangat dengan campuran sabun. Campuran dari bahan-bahan ini mampu membersihkan sisa dan noda yang tertinggal pada dinding rumah.

Selain rutin membersihkan dinding rumah, pemilihan cat untuk kamar anak juga sangat berpengaruh pada proses tumbuh kembang si kecil.

Dari pemilihan warna, bahan, harus diperhatikan.

Baca Juga : 4 kesalahan dalam menjual rumah

5 Tips Memilih Cat Untuk Kamar Anak, Untuk Mendukung Tumbuh Kembang Anak Yang Maksimal

cat-anti-bakteri

Pilihlah Cat Kamar Untuk Anak Yang Bisa Membuat Anak Happy

1. Pilih Warna Kombinasi

Mungkin kebanyakan dari kita memilih satu warna saja untuk melukis kamar tidur si kecil, nah cobalah memadupadankan dua warna agar lebih memberikan suasana yang berbeda di ruangan.

Warna cat juga bisa disesuaikan dengan karakter sang anak, misal untuk anak yang hyperaktif bisa menggunakan cat warna biru dan warna putih. Warna biru disinyalir bisa menenangkan pikiran dan tubuh, menurunkan tekanan darah, detak jantung dan pernapasan, serta mengurangi perasaan cemas dan agresi.

2. Pilih Cat Yang Mudah di bersihkan Dengan Air

Dinding dan kertas bagi anak-anak tidak ada bedanya, sama saja. Dinding menjadi kertas raksasa yang bisa dicorat-coret kapan pun. Maka dari itu kita sebagai orangtua harus memilih cat yang mudah dibersihkan dengan air, agar coretan anak-anak tidak menjadi coretan permanen di dinding

3. Warna Tidak Mudah Pudar

Cat dengan warna yang tahan lama merupakan idaman setiap orang, tujuannya pasti untuk menghemat biaya perawatan rumah. Jika warna catnya awet dan tahan bertahun-tahun, maka kita tidak akan sering mengeluarkan biaya untuk pengecatanulang.

4. Tidak Mengandung Bau Yang Menyengat

Bagi teman-teman yang baru memasuki rumah baru, biasanya akan mencium bau khas dari cat. Mening kalau wanginya enak, seringnya buat mabok dengan baunya yang sangat maenyengat.

Nah usahakan memilih cat yang tidak berbau, agar aman untuk kesehatan pernafasan.

5. Pilih Cat Anti Bakteri dan Kuman

Cat dengan formula anti kuman dan Cat Anti Bakteri sangat penting untuk menjaga kesehatan seluruh anggota keluarga, terutama anak-anak. Kita tidak perlu bingung memilih cat anti bakteri dan kuman, karena saat ini sudah banyak produsen cat yang memproduksi cat dengan formula anti bakteri serta memerhatikan kesehatan lingkungan.

Lenkote No Odor Medicare dari Avian Brands, Cat Anti Bakteri dan Kuman

Salah satu produk yang cocok digunakan untuk cat kamar anak adalah produk Lenkote No Odor Medicare dari Avian Brands.
Lenkote No Odor Medicare merupakan cat dinding premium dengan formulasi anti bakteri dan anti kuman sehingga menciptakan ruangan yang aman dari pertumbuhan bakteri dan higienis bagi keluarga.

Selama lapisan cat masih menempel pada dinding, zat anti bakteri akan terus bekerja secara efektif dan dapat menekan pertumbuhan bakteri.

cat anti bakteri

Keunggulan Lancote No Odor Medicare :

  • Anti bakteri dan kuman
  • Aman untuk anak dan bayi
  • Mudah di bersihkan dengan air
  • Tanpa bau
  • Anti jamur dan lumut.
  • Warna tidak mudah pudar
  • Tanpa merkuri dan timbal
  • Bersertifikat Green label Singapore – Green Label merupakan sertifikasi produk ramah lingkungan dengan kadar VOC -Volatile Organic Compound rendah

Lenkote No Odor Medicare si Cat tanpa bau dan anti bakteri ini tentunya sangat cocok jika diaplikasikan pada ruangan seperti kamar bayi, kamar orangtua yang sudah lanjut usia, kamar orang yang sedang dalam pemulihan kesehatan, kamar mandi, dapur, atau ruangan lainnya yang membutuhkan suasana sehat dan bersih.

Dengan keunggulan-keunggulan Cat No Odor Medicare dari Avian kita jadi gak perlu khawatir lagi memilih cat untuk kamar anak.
Dinding kamar jadi cantik dan tumbuh kembang anak pun lebih maksimal

#NoOdorMedicare #TanpaBaudanAntiBakteri #AvianBrands #AvianUntukIndonesia

13 Comments

  1. Gita Siwi 26 April 2020
  2. Mporatne 29 April 2020
  3. demia 29 April 2020
  4. Tina Sindi 30 April 2020
  5. Uli 30 April 2020
  6. Mei 1 Mei 2020
  7. Annafi 1 Mei 2020
  8. Joko Yugiyanto 2 Mei 2020
  9. icha 3 Mei 2020
  10. Yuniari Nukti 3 Mei 2020
  11. Hida 3 Mei 2020
  12. Meilia Wuryantati 3 Mei 2020
  13. Uniek Kaswarganti 3 Mei 2020

Leave a Reply

Follow Me on Instagram