7 Tips Mengelola Dana THR Dengan Cerdas Bagi Yang Masih Single

Tidak bisa dipungkiri menjelang hari raya ada satu hal yang pastinya sangat ditunggu-tunggu yaitu mendapatkan Tunjangan Hari Raya atau THR. Siapa yang gak seneng coba mendapatkan dana pemasukan diluar uang gaji, gak ada yang gak mau deh kayaknya kalau dikasih uang THR. Tetapi justru mendapatkan THR ini adalah suatu tantangan bagi para karyawan atau siapa saja yang mendapatkannya. Mendapatkan uang ekstra rasanya ingin segera menghabiskannya buat belanja barang-barang idaman, ini kan momen langka hanya terjadi setahun sekali lhoh. Untuk orang yang sudah berumah tangga dan yang masih sendiri tentunya mempunyai prioritas yang berbeda dong ya. Buat aku sendiri ada beberapa prioritas alokasi dana THR, dengan kondisi single dan diperantauan ya, setiap orang kan beda kondisi dan statusnya jadi jangan dipukul rata semua disamaain.

 

 Tips Mengelola Dana THR Dengan Cerdas Bagi Yang Masih Single

1. Pilih Prioritas Kebutuhan Yang Diperlukan Saat Hari Raya

Kita kan udah gede ya, pastinya udah melewati hari raya lebih dari sekali, dan pastinya sudah hafal dong ritual hari raya itu apa saja. Misal kayak aku setiap hari raya idul fitri pastinya mudik ke Ciamis dan menjelang hari raya itu harga tiket sudah bisa ditebak pasti melonjak naik. Jadi salah satu pos yang harus aku tulis adalah ongkos mudik dengan perkiraan 150% dari harga normal. Angpao untuk saudara juga harus sudah diperhitungkan, ada berapa orang yang akan kita beri angpao dan nominalnya senilai berapa per orang, ingat jangan memaksakan semampunya saja dengan niat berbagi dihari yang baik.

2. Gunakan Untuk Bayar Utang ( Apabila ada)

Buat yang punya utang tolong point ini di HighLight ya, jangan sampai kita ditegur atau dinyinyirin orang, belanja ini itu bisa tapi giliran bayar utang susah banget buat ditagih. Aku sih berdoanya semoga kita semua dalam keadaan tidak berutang ya, tapi kalaupun memang harus brurusan dengan pinjam meminjam saat THR turun ayo segerakan bayar hutangnya dulu. Nanti kalau perlu, gampang pinjam lagi *Ehh

3. Gunakan Dana THR Untuk Bahagiakan Orangtua

Namanya juga setahun sekali tidak ada salahnya kita membahagiakan orang tua misalnya dengan membelikan baju baru untuk orangtua, semampunya saja. Kita bicarakan dengan orangtua apa yang mereka butuhkan, karna biasanya orangtua suka gak enak kalau minta pada anaknya.

4. Zakat Fitrah

Sebagai muslim yang baik, karna kita sudah mempunyai penghasilan sendiri jangan lupa keluarkan dana untuk zakat fitrah, insya alloh zakat akan mensucikan harta kita.

5. Penuhi Kebutuhan Pribadi

Dana THR ini kan kita yang dapat, kita pun berhak lhoh gunain dana ini buat beli kebutuhan pribadi, sesekali tampil kece pas hari raya gak masalah. Kan kita udah setahun kerja, anggaplah ini award buat hasil kerja kita. Beli baju baru, juga pelengkapan lainnya yang kita butuhkan, ingat ya dibutuhkan bukan diinginkan.

6. Jatah Tabungan Jangan Lupa

Meskipun kebutuhan saat hari raya lumayan banyak, jangan lupa tetap sisihkan untuk tabungan, bonus buat masa depan.

7. Cadangkan Untuk Dana Tidak Terduga

Saat Hari raya biasanya selain berkumpul dengan sanak saudara pastinya ada ajakn buat reuni sekolah atau jalan-jalan bersama keluarga. Ingat kegiatan semacam itu akan memerlukan dana yang lumayan menguras dompet lho, jangan disepelekan ya.

Belajar Literasi Keuangan, Perlukah??

Bagi aku pribadi sebenarnya aku kurang tertarik belajar tentang masalah keuangan, why, alasannya karna saat SMK aku masuk kelas akuntansi dan Masya Alloh aku ngerasa hidup sangat membosankan saat aku berhadapan dengan angka-angka. Tapi ternyata pada dasarnya kita semua membutuhkan pengetahuan tentang keuangan, karna ilmu apapun pasti ada manfaatnya untuk kehidupan. Heeii, keuangan masalah vital lhoh dalam kehidupan jangan disepelekan. Dalam survei yang dilakukan Mastercard, Indonesia memiliki tingkat pemahaman keuangan yang rendah. Indonesia berada pada peringkat 14 dari 16 negara di Asia Pasifik.
Begitu juga dengan survei yang dilakukan OJK pada 2013 lalu. Bahwa hanya 21,84 persen dari masyarkat Indonesia yang telah melek keuangan, dan Indeks literasi asuransi di Indonesia pada 2016 baru mencapai 15,76% yang mana ternyata angka tersebut masih sangat rendah dibandingkan dengan negara-negara lain.
For your information “Literasi keuangan adalah pengetauan atau kemampuan untuk mengelola keuangan” dan Menurut “OJK literasi keuangan adalah rangkain proses atau aktivitas untuk meningkatkan pengetahuan, keyakinan dan keterampilan konsumen dan masyarakat luas sehingga mereka mampu mengelola keuangan dengan baik”

Sun Life Financial Indonesia Bantu Peningkatan Literasi Keuangan melalui Kampanye Komunikasi #LebihBaik Sekarang

“Selama 23 tahun beroperasi di Indonesia, Sun Life telah mendampingi keluarga Indonesia dalam mewujudkan aspirasi masa depan yang mereka impikan. Tentunya kami ingin semakin banyak masyarakat yang juga merasakan manfaat dari perencanaan keuangan yang cermat untuk mencapai kemapanan finansial. Melalui kampanye #LebihBaik Sekarang, Sun Life mengajak masyarakat Indonesia untuk tidak lagi menunda dalam melakukan perencanaan yang tepat, demi meraih kualitas kesehatan, pendidikan, dan keuangan yang lebih baik untuk diri sendiri dan keluarga,” ujar Elin Waty, Presiden Direktur Sun Life Financial Indonesia.
Dibekali pengalaman panjang dan kompetensi di industri asuransi dan finansial, Sun Life memahami literasi keuangan masyarakat dan pengelolaan keuangan bagi setiap keluarga Indonesia merupakan hal yang sangat penting, karena keluarga merupakan salah satu pilar perekonomian bangsa. Selain itu, sebagai unit terkecil dari masyarakat, keluarga memiliki fungsi untuk memperkenalkan dan menanamkan nilai baik pada individu, salah satunya terkait pengelolaan dan perencanaan keuangan.

Launching Sitcom Web Series Keluarga Surya

Kamis, 31 Mei 2017 aku berkesempatan menghadiri acara launching Sitcom Web Series Keluarga Surya persembahan dari Sunlife Financial Indonesia. Sunlife menghadirkan inovasi baru yaitu pendekatan literasi keuangan dalam bentuk Sitcom Web Series yang diproduksi sebanyak 8 episode.

 

 

Video web series ini berkisah tentang kehidupan sebuah keluarga modern dengan berbagai isu sehari-hari, mulai dari pengelolaan Tunjangan Hari Raya (THR), perencanaan pendidikan keluarga hingga pentingnya menerapkan pola hidup sehat. Berdurasi sekitar 5 menit setiap episodenya, melalui 8 kisah Keluarga Surya, Sun Life ingin menyampaikan pesan pada keluarga muda Indonesia tentang pentingnya perencanaan keuangan, pentingnya pola hidup sehat dan penetapan strategi untuk masa depan lebih baik.
Diperankan oleh aktor dan aktris muda bertalenta yaitu Edo Borne sebagai Ayah Surya, Karina Nadila sebagai Ibu Mentari, Bima Azriel sebagai Fajar dan Sandrinna Michelle sebagai Cahaya – rangkaian kisah „Keluarga Surya‟ dapat disaksikan melalui kanal resmi YouTube Sun Life Financial Indonesia (Sun Life Financial ID).

Yuk kita lihat deh sama-sama Video Eps.1 Keluarga Surya.

Hahahaa, lucukan, Kalau kalian gimana THR nya ditabung atau dihabiskan??
Gak hanya lucu setelah nonton Sitcom “Keluarga Surya” Episode 1 kita juga bisa ikutan quiznya lhoh, lumayan buat tambahan THR dengan total 5 juta rupiah. Caranya :
1. Pilih salah satu hashtag antara THR #TeamHabisin atau #TeamTabungin,
2. Ceritakan kenapa kamu memilih hashtag tersebut.
3. Tag teman-teman kamu untuk bisa bergabung dalam kompetisi ini.
4. ‎Mention akun Sun Life Financial Indonesia di Facebook & @sunlife_id di instagram.
5. Gunakan hashtag #KeluargaSurya #LebihBaikSekarang #SunLifeTHR #BagiBagiTHR
Saat Acara Launching Webseries ini hadir juga Prof. Dr. Paulus Wirutomo, M. Sc, Sosiolog sekaligus guru besar Sosiologi Universitas Indonesia. Beliau menjelaskan, “Nilai atau values yang dianut individu, memiliki peran penting dalam pengambilan keputusan seseorang, termasuk dalam melakukan perencanaan keuangan”
“Menyadari perlunya melakukan upaya yang terus menerus dalam memberikan edukasi terkait finansial, memacu kami untuk berpikir kreatif dan beradaptasi dengan zaman dalam membekali pemahaman keuangan yang memadai kepada masyarakat luas khususnya generasi dan keluarga muda Indonesia. Kami mempersembahkan video web series bertajuk „Keluarga Surya sebagai sarana edukasi literasi keuangan yang dapat dengan mudah diakses masyarakat luas dalam konten visual digital dan mengusung genre komedi situasi yang sarat akan makna,” jelas Shierly Ge, Chief Marketing Officer Sun Life Financial Indonesia.

Dari pihak Sunlife berharap melalui kampanye #LebihBaik Sekarang, serta muatan pesan yang disampaikan melalui video web series Keluarga Surya, nantinya semakin banyak masyarakat yang tergerak untuk memulai perencanaan keuangan sejak dini, hingga akhirnya terbentuk masyarakat Indonesia yang cerdas dan mapan secara finansial serta menjalani hidup yang lebih sehat.

 

Gimana nih teman-teman udah nonton kan Eps 1 Webseries Keluarga Surya, lucu kan. Udah nentuin pilihan belum perencanaan keuangan kita itu ” Nanti Gimana?” atau “Gimana Nanti?”

10 Comments

  1. Noe Traveler 9 Juni 2018
  2. Tuty Queen 9 Juni 2018
  3. Rach Alida Bahaweres 9 Juni 2018
  4. April Hamsa 9 Juni 2018
  5. Rita Asmaraningsih 9 Juni 2018
  6. Okti Li 9 Juni 2018
  7. Tetty Hermawati 9 Juni 2018
  8. Mpo Ratne 9 Juni 2018
  9. Rina 9 Juni 2018
  10. Icha Faizah 9 Juni 2018

Leave a Reply

Follow Me on Instagram