Women Talks

Bakso Rucan Banjarsari, Bakso Kekinian dari Banjarsari

 

Bakso merupakan makanan yang banyak digemari masyarakat indonesia, makanan yang terbuat dari daging sapi giling ini sangat mudah dijumpai diberbagai tempat. Dipinggir jalan ada, didalam gang banyak, di tempat perbelanjaan pun banyak tersedia. Makanan favorit aku dan ade’ku pun tidak jauh-jauh dari bakso, hampir setiap pulang ke banjarsari (ciamis) kami pasti jajan bakso, iyes kami jajan bakso dan ini udah kayak tugas negara kakak pada adenya yaitu nraktir tiap kali pula kerumah.. Sian deh.
Ehm buat yang belum tahu banjarsari ini adalah nama salah satu kecamatan di kab. Ciamis Jawa Barat, jadi bukan yang di jawa tengah ya gaees.. Ok clear,lanjut.

Di banjarsari ini Ada bakso urat, bakso pesat, bakso budiman, bakso dimas, bakso acip, bakso enclang, itu yang namanya udah terkenal sekecamatan kami, belum termasuk baso mang dedi yang ngider tiap sore depan rumah atau baso wa iboh yang cuma adanya setahun sekali pas lebaran aja. Mereka gak bisa disepelkan loh sebagai salahsatu tukang bakso ngeheits dikampung aku.
Dan bakso yang saat ini lagi kekinian di banjarsari adalah bakso Rucan. Memang apa sih bedanya bakso rucan sama bakso-bakso yang lain, kan sama aja bentuknya bulat. Iya memang sama bentuknya bulat, tapi bakso yang ini punya banyak pilihan rasa. Jadi di bakso rucan ini penamaan baksonya tuh kocak-kocak, bakso Bucitreuk, bakso Ceurik, bakso Nalangsa, bakso Ngagoak dan lain-lain, nanti aku buat daftarnya ya. Nama-nama bakso yang aku sebut tadi ini berasal dari bahasa sunda.

Bucitreuk = penyebutan untuk perut yang gede artinya sama dengan buncit.
Ceurik = Nangis
Nalangsa = Nelangsa
Ngagoak = Teriak

Tadi pas pulang dari pasar dan selepas nengokin emak (nenek) aku mampir deh di bakso rucan ini, lokasinya di jalan raya banjarsari-pangandaran tepatnya di samping AHASS atau di sebrang Dealer Yamaha. Kalo kalian mau ke pangandaran dari arah bandung maka si baso rucan ini nerada disebelah kanan jalan, dan sebaliknya kalo kalian dari pangandaran mau ke arah bandung adanya disebelah kiri jalan.
Balik lagi ke aku yang tadi mampir di baso rucan banjarsari, tadinya mau Dine In (kebule-bulean) makan di tempat, tapi berhubung aku pergi sama mama’ku bukan sama ade ya sudahlah jadi dibungkus aja, sekalian beli buat ade sama bapak dirumah. Pas sampai diTkp aku lihat ada beberapa kendaraan yang terparkir didepan bakso rucan, berarti bener nih rumor yang beredar tentang bakso rucan, kata temenku sih selalu ramai sampe antri-antri dan bener aja udah aku parkir motor pengunjung udah ramai aja didalem.
Aku langsung menuju meja kasir nanya pesennya dimana, gak lama muncul teteh-teteh yang bawain aku daftar menu bakso rucan, aku nanya mama’ku mau bakso yang mana, beliau mah iya-iya aja gak ngerti juga pas aku bacain menunya. Jadilah aku pesan bakso rusuk, bakso bunting, dan bakso ceurik, aku pesen 3 porsi aja karena pas dikasih liat penampakan bakso rusuk dan bakso bunting sumpah gede banget, aku yang dalam posisi lapar aja mikir gak bakalan abis ini dimakan sendiri.
Sembari nunggu pesanan aku lihat ke dalem hampir semua mejanya penuh semua, kalo meja diluar hanya isi satu meja dan meja satunya ada mama’ku nunggu pesenan. Sampai dirumah langsung deh kita serbu, dan kita ketawa pas si bakso dipindahin ke mangkok, buat keluargaku itu bakso terbesar yang pernah kita coba.
Ini dia nih penampakan si bakso bunting setelah dibelah, ada daging cincang, bakso kecil-kecil(bakso kerikil) sekitar 5pcs,dan telur puyuh 1pcs.  Rasanya lumayan enak, aku suka daging cincangnya, lebih mantap lagi kalo di daging cincangnya dikasih rawit,,hhee.. pliis ini seporsi gede banget gak abis kalo dimakan sendiri, tadi aja ini dimakan ade sama mamaku.
Bakso Bunting
Bakso rusuk bentuknya tidak bulat penuh tapi agak lonjong, menyesuaikan sama isiannya yaitu daging dan sedikit tulang rusuk, aku pernah coba bakso rusuk yang di plaza semanggi tapi kalo yg di semanggi si rusuknya di taro diluar dikuahnya, nah kalo dirucan rusuknya dibuat isian. Basonya enak sama kayak baso bunting, isiannya juga enak daging-daging yang nempel ditulang rusuk, lumayan empuk dagingnya.
Bakso rusuk
Bakso Ceurik sama kayak bakso biasa cuma kuahnya dibuat pedes, dengan rawit-rawit merah menghias dikuahnya, buat aku sih cukup pedes ya karna gak terlalu pedes, tapi kata adeku mah gk pedes si bakso ceurik ini. nah si bakso ceurik ini ada levelnya juga yaitu level nelangsa dan level ngagoak. Liat kuah bakso ceurik aku jadi inget sama sop jando yang di bekasi, kuahnya penuh sama rawit seger banget, tapi bikin kontraksi perut hahaa
Bakso Ceurik
Dan yang lucu tadi pas aku mau bayar dikasir ada pengunjung lain yang sedang bayar pesenanya baks ngagoak, terus ditanya sama teteh kasirnya “pedes gak teh ngagoaknya?” “Enggak ah biasa aja kalo buat saya mah” si teteh kasirnya langsung melongo keheranan “ya udah teh nanti kita bikin level baru, bakso kokosehan” kalo yang orang sunda pasti tahu kokosehan itu kayak gimana, kalo yang belum tahu gimana ya jelasinnya, jadi itu ekspresi nangis yang ampe terduduk jerit-jerit terus kakinya tuh gerasak-gerusuk ketanah, ahh something like that pokokna mah. Menurut aku rasa bakso rucan ini over all enak, gajkada yang aneh sama rasa baksonya, mungkin lebih mantap kalo dimakan ditempat kali ya.

Daftar harga bakso rucan banjarsari :
Bakso
– Bakso Rusuk 25K
– Bakso Sumsum 25 K
– Sumsum only 20K
– Bakso Mangkok 25K
– Bakso Bunting 25K
– Bakso Bucitreuk (isi telur ayam) 15K
– Bakso Ceurik 15K
– Bakso Nalangsa 20K
– Bakso Ngagoak 25K
– Bakso Berotot (urat) 15K
– Bakso Kecrot 15K
– Bakso Kerikil 10K

Minuman
Es / Hangat Honje  7K
Es / Hangat Jeniper 7K
Es / Hangat Jeruk  5K
Es / Hangat Lemon Tea 5K
Teh Botol / Soft drink 5K
Kopi Hitam / Indocafe 5K

Untuk ukuran harga bakso didaerahku ini termasuknya agak mahal, karena biasanya bakso paling 15 ribu didaerah banjarsari, kalau di kota besar mungkin ini harga yang normal, tapi karna penasaran sama bakso yang lagi ngehits sesekali gak papalah. Hhii
Buat teman-teman yang lagi perjalanan ke arah pangandaran atau sebaliknya menuju bandung atau jawa tengah bisa mampir dulu di bakso rucan buat nyicipin bakso yang lagi kekinian di banjarsari.
Tulisannya dibuat dengan buru-buru udah ngantuk di bus merdeka jurusan banjarsari – kalideres, semoga bermanfaat.
– Banjarsari, 29 april 2017-

Leave a Reply

Follow Me on Instagram