Life Style

Berburu Perintilan OOTD dari Produk-Produk Lokal Online di Pasar idEA

Di tempat kerja, aku terkenal sebagai orang yang sering banget dapat kiriman paket. Minimal seminggu sekali pasti ada Mamang kurir yang datang untuk mengantarkan paket, sampai-sampai hafal deh itu kurirnya jam-jam aku masih di kantor atau sudah di rumah.

Saat ini aku memang lebih memilih berbelanja online dari pada datang langsung ke toko, memang gak semua barang-barang yang aku perluin beli secara online, tapi ada beberapa produk yang memang aku lebih memilih beli online dari pada beli di toko secara langsung. Apalagi daerah tempat aku tinggal termasuk wilayah kecil, jarang ada mall atau supermarket besar, sehingga produk yang dijualpun agak terbatas.

Ehh tau gak , sampai beli emas aja aku sudah mulai beli secara online loh, gaya banget sih Mud, Eits bukan masalah gaya sih teman-teman, tapi hidup memang harus gaya sih,, eeaa

Alasan Memilih Belanja Online daripada Offline

Jadi aku memilih belanja online karena beberapa alasan :

1. Hemat Waktu dan Tenaga

Aku termasuk manusia yang paling males gerak, kalau sudah sampai rumah pengennya tuh udah aja gogoleran manja. Buat belanja kebutuhanpun aku agak males keluar rumah.

Nah dengan belanja online, kan bisa pilih-pilih produk sampil gogoleran. Dalam satu waktu bisa ngerjain beberapa hal sekaligus. Bisa istirahat sambil pilih-pilih barang belanjaan.

2. Lebih Banyak Pilihan Produk

Salah satu ritual yang wajib dilakukan saat berbelanja adalah pilih-pilih produk, apalagi kalau produknya punya banyak variant. Atau kita ingin variant tertentu yang tidak semua toko punya. Bayangkan saja kalau belanja di toko langsung harus keluar masuk toko, kan cape ya.

Nah kalau belanja online paling tinggal masukan kata kunci produk di kolom pencarian nanti akan muncul hasil pencarian yang kita inginkan.

3. Bisa Membandingkan Harga Dengan Cepat

Sebagai wanita yang mempunyai jiwa saing yang tinggi aku gak mau dong kalah saat berbelanja, kalah yang aku maksud adalah dapat harga yang lebih mahal dari orang lain. Dengan berbelanja online, kita bisa bandingkan harga satu produk di beberapa toko online, jadi tinggal sesuaikan mana yang paling murah dan menguntungkan.

4. Banyak Promo dan Diskon

Dari beberapa market place yang sering aku akses, pasti selalu ada promo yang dimunculkan, baik berupa diskon harga, flash sale, voucher gratis ongkir, atau promo cashback. Customer mana coba yang gak luluh hatinya dengan promo-promo tersebut, yang gak niat belanja pun biasanya akan tergoda. Kan lumayan bisa hemat beberapa rupiah, sisanya bisa buat jaajn cilok di abang-abang deh.

5. Pilihan Pembayaran Yang Lebih Beragam

Suatu marketplace yang baik menurut aku adalah yang menyediakan metode pembayaran yang beragam, jadi konsumen tidak terpaku dengan satu jenis pembayaran saja. Bisa melalui Bank transfer, Virtual Account, Kartu kredit, dan juga melalui fitur Uang Elektronik. Aku sendiri lebih menyukai pembayaran melaui Virtual Account dan kartu kredit, soalnya prktis otomatis terverifikasi jadi gak usah konfirmasi ulang lagi deh.

***

Memang tidak semua orang suka dengan belanja online, tapi dengan semakin berkembangnya market place di indonesia dan banyak supermarket yang menutup gerainya, berarti semakin banyak konsumen yang beralih ke online shopping.

Serunya Belanja di Pasar idEA, Festival Belanja Online To Offline Pertama dan Terbesar di Indonesia

Saat ada info bahwa akan ada Acara yang menggabungkan belanja online dan offline dalam satu acara aku sangat excited dong. Apalagi banyak banget promo yang sayang banget buat dilewatkan.

Sudah terbayang serunya berburu belanjaan, meskipun agak ngeri juga sampai khilaf bocorin dompet sih ,, hhehe

Memang apa sih Mud Pasar idEA itu ?? Jadi Pasar idEA adalah festival belanja online to offline yang pertama dan terbesar di Indonesia. Acara ini diselenggarakan oleh Asosiasi e-commerce Indonesia (idEA) bekerja sama dengan PT Traya Eksibisi internasional.

Acara yang berlokasi di Jakarta Convention Centre tepatnya di Hall A dan B ini diikuti oleh sekitar 250 peserta pameran, yang terdiri dari para unicorn, pelaku bisnis e-commerce, perusahaan logistik dan pengiriman, serta UMKM dengan mengusung produk-produk lokal sebagai produk unggulannya. Acara ini juga sebagai salah satu bentuk dukungan untuk kemajuan ekonomi digital.

Waktu penyelenggaraannya juga cukup panjang yaitu dari tanggal 15 – 18 Agustus 2019, mulai pukul 10:00 – 21:00 wib. Jadi buat yang mau ke sana sepulang kerja pun masih bisa sampai malam.

***

Aku datang kesana di hari pertama festival berlangsung, udah janjian sama beberapa temen, biar gak kayak anak ilang. Saat memasuki pintu masuk Hall A nampak Booth Tokopedia dan Blibli berdiri megah di depan pintu masuk. Sebagai sponsor utama Pasar idEA Tokopedia dan Blibli memberikan ruang kepada para sellernya untuk memperkenalkan produk-produk unggulan mereka saaf festival berlangsung, terutama bagi para penggiat UMKM.

Selain Tokopedia dan Blibli hadir juga beberapa marketplace lain, seperti Shopee, lazada.

Nah saat tiba pas banget sedang ada konfrensi pers di panggung utama, jadi ikut duduk bentar deh, kayaknya pembicaranya keren-keren. Ada Bpk. Andi Juarsa VP Marketing dari Tokopedia dan juga Ibu Theresia Magdalena VP Marketing Blibli.

Mereka berharap dengan adanya Pasar idEA ini bisa semakin mengenalkan prduk-produk unggulan dari sellernya terutama produk lokal hasil karya UMKM. Produk yang ditampilkan lengkap banget loh, dari mulai pakaian, gadget, produk makanan dan minuman, hingga  accesoris.

Kalau bicara tentang belanja online, gak akan lengkap tanpa perusahaan ekspedisi atau jasa pengiriman yang berjasa mengantarkan produk yang kita beli sampai dengan selamat sampai tujuan.

Saat acara pasar idEA selain para marketplace ada juga perusahaan jasa pengiriman seperti J & T, Lion Parcel, Ninja Express, Tiki, JNE, Lalamove pun tak kalah seru memanjakan pengunjung dengan layanan free ongkir dan kemudahan lainnya, beberapa perusahaan logistik dan jasa pengiriman juga memberikan kesempatan kepada pengusaha-pengusaha baru untuk menjadi mitra bisnis.

Yuk Berburu Perintilan OOTD dari Produk Lokal di Pasar idEA

Aku memang sudah berniat ingin beli pakaian di pasar idEA, tapi kalau ada produk lain yang menarik sepertinya boleh juga. Aku, Teh Dian, Yesi, Manda dan Alex, akhirnya borong belanjaan terutama pakaian.

Aku, Teh Dian dan Yesi yang bawa pulang seperangkat pakaian dari Boot ZM miliknya Zaskia Adya Mecca, Manda yang beli kemeja summer ala G-D idolanya dan alex yang bawa pulang boneka lucu.

Untuk transaksi bisa dilakukan secara tunai , tetapi ada juga yang harus melalui aplikasi. Jadi kita order dulu melalui aplikasi kemudian produknya nanti dikirimkan ke alamat kita.

Banyak sekali diskon yang diberikan, seperti tunik yang aku beli biasanya dijual dengan harga 300K di pasar idEA hanya senilai 100K.

 

Ada juga Kopi Terenaknya Mas Kaesang, Produk kecantikan Raiku dan Bodyshop, serta camilan-camilan yang sayang banget kalau dilewatkan.

***

Mumpung masih ada waktu, ayoo pada dateng ke JCC buat berburu produk lokal berkualitas dengan harga terjangkau di Pasar idEA. Tiketnya hanya 35K loh. Selamat berbelanja ya teman-teman.

7 Comments

  1. Mbak Ruroh MyID 3 September 2019
  2. Mbak Ruroh MyID 3 September 2019
  3. Marfa 3 September 2019
  4. lendyagasshi 4 September 2019
  5. Anisa Deasty Malela 4 September 2019
  6. Dian Ravi 4 September 2019
  7. Tika Samosir 4 September 2019

Leave a Reply

Follow Me on Instagram