Life Style

8 Tips Cara Mencegah Gangguan Prostat Pada Pria Dewasa Diatas 40 Tahun

Hai, apa kabar semuanya? Semoga semuanya pada sehat-sehat selalu ya. Beberapa bulan terakhir ini kesehatan terasa makin berarti, iya enggak sih? Kalau boleh meminta sama Allah aku pengen bisa sehat selalu. Semoga kalian juga gitu ya. Aamiin.

Satu minggu terakhir ini aku rasanya sibuk banget. Bukan cuma sibuk karena pekerjaan yang menumpuk aja, tapi karena bapak juga lagi sakit. Udah beberapa waktu bapak mengeluh sakit saat buang air kecil, akhirnya aku memutuskan untuk bawa bapak berobat ke Puskesmas.

Agak kaget sih waktu dijelasin kalau bapak ternyata mengalami gangguan prostat. Memang berdasarkan informasi yang aku dapatkan, gangguan prostat umumnya menyerang pria berusia 50 tahun ke atas, kemungkinan penyebabnya adalah karena adanya perubahan hormon seksual seriring bertambahnya usia.

Dari penjelasan dokter aku pun mengetahui kalau yang dialami bapak kondisinya adalah kelenjar prostat membesar sehingga membuat saluran kemih menyempit. Besar kemungkinan bapak harus menjalani operasi. Sayangnya untuk mengobati bapak tidak mungkin dilakukan di Puskesmas.

Bapak pun hanya diberi obat untuk sementara waktu, sambil diberi surat pengantar untuk USG di rumah sakit. Karena sudah menjelang weekend, aku pun harus bersabar menanti datangnya hari Senin untuk melanjutkan proses pengobatan bapak.

Selama akhir pekan rasanya tuh aku enggak tenang. Memang sih, bapak sudah terlihat berkurang rasa sakitnya, mungkin akibat obat pereda nyeri yang diberikan dokter. Tapi tetap aja, aku ingin segera membawa bapak berobat sampai tuntas. Biar ke depannya bapak enggak perlu sakit lagi.
Begitu Senin datang, aku pun minta ijin untuk masuk kantor siang, karena ingin mengantarkan bapak ke rumah sakit dulu.

Sayangnya, setibanya kami di rumah sakit, ternyata alat USG sedang rusak, dan kami diminta untuk ke rumah sakit lain dulu. Lagi-lagi aku terpaksa menunggu ganti hari, karena rumah sakit yang lain itu jaraknya jauh, harus ke luar kota.

Namun belum juga hari berganti, Senin sore bapak mengeluh keluar darah. Akhirnya saat itu juga kami pun bergegas ke rumah sakit lagi. Alhamdulillah kali ini bisa ditangani sama rumah sakit. Mulai dari pemeriksaan, perawatan, hingga tindakan opearsi. Sekarang ini bapak tinggal menjalani proses penyembuhan.

Aku bersyukur sih melihat kondisi bapak sekarang. Hanya saja aku jadi teringat ketika aku sakit di Jakarta dulu. Aku berobat ke Mayapada Hospital Jakarta Selatan. Enggak perlu repot untuk pindah-pindah tempat seperti bawa bapak berobat sekarang ini. Cukup mendatangi rumah sakit itu saja, dan semua tindakan bisa langsung dilakukan di sana. Mungkin dengan adanya rumah sakit dengan fasilitas lengkap, enggak perlu buang-buang waktu untuk menentukan tindakan yang harus dijalankan. Udah gitu, aku juga ga perlu berlama-lama merasa cemas.

Cara Mencegah Gangguan Prostat

Alhamdulillah sekarang kondisi bapak pelan-pelan mulai membaik pasca operasi. Masih di rumah sakit memang, tapi tinggal masa pemulihan aja.

Melihat kondisi bapak ini, aku jadi mulai berpikir, bisa enggak sih gangguan prostat ini dicegah? Memang ini kondisi yang umumnya terjadi seiring bertambahnya usia pria. Tapi bukan berarti enggak bisa dicegah dong ya?

Aku pun mulai mencari tahu cara mencegah gangguan prostat ini, biar bapak enggak kambuh lagi, biar suami aku juga enggak mengalaminya. Mencegah kan selalu lebih baik daripada mengobat. Nah karena aku tuh sayang sama kalian, jadi aku mau berbagi tips cara mencegah gangguan prostat yang aku dapatkan, yaitu:
1. Berhenti merokok
2. Olahraga yang teratur
3. Jaga berat badan, jangan sampai mengalami obesitas
4. Perbanyak mengkonsumsi sayuran yang kaya akan antioksidan
5. Rutin ejakulasi
6. Batasi konsumsi Vitamin E dan suplemen, jangan berlebihan
7. Batasi makan daging dan susu

Nah, itu tadi 8 tips yang aku dapatkan untuk mencegah gangguan prostat. Semoga bermanfaat untuk menjaga tubuh kita dari penyakit ya. Doa aku semoga kita semua selalu diberi kesehatan. Aamiin.

Kalau kamu merasa enggak sehat, ada baiknya langsung segera periksakan diri ke dokter ya. Sekarang kan lebih mudah juga untuk berobat. Kamu bisa mendaftar melalui Halodoc. Udah tahu dong mengenai Halodoc ini?

Halodoc merupakan sebuah terobosan yang memanfaatkan teknologi terkini yang menawarkan kemudahan dan mempersingkat waktu guna mengakses kesehatan penggunannya.

Hanya lewat smartphone,kita sudah bisa mendapatkan akses kesehatan melalui aplikasi Halodoc. Kita bisa berkonsultasi dengan dokter, mendaftar untuk pengobatan, membeli obat, bahkan bisa untuk melakukan pendaftara rapid test pun lho.

Halodoc memang memberikan kemudahan ya. Kamu sudah punya aplikasi Halodoc di smartphone kamu?
Stay safe and healty ya.

3 Comments

  1. lendyagasshi 11 Agustus 2020
  2. Rindang Yuliani 12 Agustus 2020
  3. Sugi Siswiyanti 13 Agustus 2020

Leave a Reply

Follow Me on Instagram