Life Style

Bicara Santai Mengenai Investasi Reksa Dana di Acara IPOTPAY Fund Talk with Millennials

Saat masih bekerja di salah satu Bank BUMN di jakarta, beberapa kali aku pernah mendapatkan sosialisasi mengenai produk reksa dana. Sebenarnya bagian kerjaku tidak terlalu berhubungan dengan reksa dana, tapi mungkin perusahaan ingin memberikan insight bagi karyawannya agar minimal tahu informasi mengenai produk-produk perbankan.

Sempat beberapa kali juga ditawarkan oleh staff marketing reksa dana tetapi kebetulan aku belum tertarik, eh dilalahnya beberapa bulan yang lalu aku malah tertarik untuk membeli Reksa Dana Pasar Uang, karena ngobrol-ngobrol sama teman yang udah beli reksa dana pasar uang duluan.

Emang yah the power of kongkow itu bisa mensugesti pikiran kita, aku aja langsung tertarik buat coba, padahal temen aku ini bukan marketing loh, as teman ngobrol ajah.

Sayangnya setelah punya reksa dana aku belum belajar untuk memanintainnya dengan baik, jadi aku biarkan aja tanpa aku perhatikan lagi. Dipikir-pikir sayang banget kan udah dimulai tapi gak dikelola dengan baik.

Bersamaan dengan itu aku juga mulai berkenalan dengan Indo Premier Online Technology atau IPOT sebuah perusahaan penyedia jasa keuangan terintegrasi di pasar modal.

IPOTPAY Fund Talk with Millennials

Dan kali ini IPOT mengadakan IPOTPAY Fun(d) Talk with Millennials dengan tema “Waktu yang Tepat Investasi Reksa Dana”. Acara ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang produk pasar modal khususnya reksa dana.

Kegiatan IPOTPAY Fun(d) Talk with Millennials ini diadakan dalam bentuk workshop, talk show, dan sharing seputar reksa dana yang dihadiri oleh expert yang sudah berpengalaman di bidang pasar modal khususnya reksa dana.

Udah gak sabar banget nih buat serap ilmu sebanyak-banyaknya dari para expert di acara IPOTPAY Fun(d) Talk with Millennials. Kita kenalan dulu ya dengan Narsum yang hadir :
1. Mattheus Raharja, S.E, M.Si. (Brand Manager Produk Reksa Dana Indo Premier)
2. Liyanto Sudarso, CSA. (Penulis, ahli di bidang keuangan pasar modal)
3. Ipan Hutabarat, SE. (Fund Manager, MNC Asset Management)

Awalnya aku agak keki nih, duh pasti aku gak paham nih sama bahasannya, tapi balik lagi namanya juga kan belajar ya, kalau udah pinter mah gak usah belajar lagi.. hhee

Acara talkshow dan sharing ini berjalan serius tapi santai, para peserta yang hadir kayaknya antusias banget nih dengerin para narsum cuap-cuap, termasuk aku yg excited banget siang itu.

Pengertian Reksa Dana

Reksa dana adalah wadah untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal (investor). Dana yang telah terkumpul tersebut nantinya akan diinvestasikan oleh manajer investasi, ke dalam beberapa instrumen investasi seperti saham, obligasi, atau deposito.

Biasanya jangka waktunya sekitar 1-3 tahun.

Jenis-jenis Reksa Dana Yang Bisa Kita Pilih

Ternyata jenis reksa dana cukup banyak ya, yuk lah kita kenalan dulu sama beberapa jenis-jenis reksa dana, siapa tahu abis kenalan eh bisa langsung sayang.
1. Reksa Dana Pasar Uang
2. Reksa Dana Pendapatan Tetap
3. Reksa Dana Saham
4. Reksa Dana Campuran

dll

Sebelum kita memutuskan jenis reksa dana mana yang akan kita pilih, serta menentukan kapan akan mulai berinvestasi ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu faktor-faktor yang bisa mempengaruhi kinerja reksa dana. Nah salah satu faktor yang cukup berpengaruh pada kinerja reksa dana adalah indikator ekonomi.

Beberapa Indikator ekonomi yang berpengaruh pada kinerja reksa dana, diantaranya :

1. Gross Domestic Product (GDP)

GDP adalah total nilai produksi barang dan jasa di dalam suatu negara selama satu tahun. Lalu gimana caranya kita bisa tahu info GDP di suatu negara Mud? Nah Mas Liyanto memberikan informasi yang cukup penting, bahwa untuk meengecrk GDP kita bisa buka website TradingEconomics.com . Untuk tampilannya kurang lebih seperti ini ya


Jadi kita bisa pilih negara yang ingin kita ketahui datanya, seperti contoh : Indonesia, Atau bisa juga cek di menu Indicator.

 

Banyak hal yang bisa mempengaruhi GDP ini, diantaranya : tingkat konsumsi suatu negara, investment, dan juga aktivitas ekspot import.

2. Tingkat Inflasi
Inflasi sering digunakan untuk mengartikan peningkatan persediaan uang yang terkadang dilihat sebagai penyebab meningkatnya harga.
oke, aku baru paham, berarti kalo inflasi naik harga-harga semakin naik, dan sebaliknya saat inflasi turun harga-harga juga akan turun.
Untuk mengecek tingkat inflasi kita bisa cek di website Bank Indonesia

3. Purchasing Manager Index
PMI ini bukan Palang Merah Indonesia ya teman-teman, tapi Purchasing Manager Index. Nah PMI ini adalah indikator ekonomi yang dibuat dengan cara melakukan survey terhadap sejumlah Purchasing Manager di berbagai sektor bisnis.

Semakin tinggi angka PMI suatu negara, artinya para pelaku bisnis optimis dengan pertumbuhan ekonomi di negara tersebut.

PMI Manufaktur (Manufacturing PMI), dan sektor jasa yang disebut indeks PMI sektor Jasa (Services PMI).

Reksa Dana Pendapatan Tetap

Di acara sharing kali ini Mas Liyanto gak bahas semua jenis reksa dana, tapi fokus di Reksa Dana Pendapatan Tetap. Pengertian dari Reksa Dana Pendapata Tetap adalah jenis reksadana yang menginvestasikan sekurang-kurangnya 80 persen dari asetnya dalam bentuk surat utang atau obligasi. Obligasi atau surat utang ini bisa yang diterbitkan oleh perusahaan (korporasi) maupun obligasi pemerintah.

Sampai sini gimana man-teman, udah mulai pusing ?? haha.. enggak dong ya, malah makin tercerahkan.

Bicara soal surat utang, ada 3 jenis surat utang :

1. Surat Utang Milik Negara
2. Surat Utang Perusahaan Swasta
3. Surat Utang Syariah

Dan untuk Reksa dana pendapatan tetap ini adalah jenis reksa dana yang surat utangnya mempunyai tenor lebih dari 1 tahun.

Cobain Beli Reksa Dana di IPOTGO yuk

Saat acara IPOTPAY Fund Talk Millenial juga hadir Mas Ipan, Fund Manager, MNC Asset Management. Beliau menerangkan salah satu produk unggulan dari MNC Asset Management, yaitu MNC Dana SBN.

MNC Dana SBN ini portofolionya dialokasikan ke Surat Berharga Negara atau SBN.

Buat yang mau coba langsung atau cek dulu info tentang produk-produk reksa dana bisa langsung download dulu aplikasi IPOTGO atau IPOTPAY di handphone ya. Cara gunainnya mudah banget, kita tinngal registrasi dulu dengan mengisi data-data diri.

Dengan modal investasi 100 ribu kita sudah bisa mencoba berbagai kemudahan transaksi reksa dana. Aku udah daftar loh, dan udah coba transaksi pembelian beberapa saham. Nextnya insya alloh pengen coba reksa dana, untuk investasi jangka menengah.

 

Leave a Reply

Follow Me on Instagram