Life Style

Investasi Saham Syariah di aplikasi IPOT Syariah Indopremier, Ternyata Ora Susah Tanpa Ribet

Sebagai umat muslim sudah selayaknya aku lebih selektif dalam menentukan setiap pilihan, dari mulai makanan yang kita konsumsi, produk-produk yang kita gunakan termasuk menentukan jenis investasi yang akan kita pilih baik itu untuk jangka pendek ataupun jangka panjang

Saat ini kita dituntut untuk lebih melek investasi, selain melek investasi pastinya kita juga harus action, jangan cuma paham teori saja. Saat ini yang sedang ramai dibicarakan adalah Investasi Emas dan Investasi Saham.

Dari hasil ngobrol sama beberapa teman, aku bisa mengambil kesimpulan lebih banyak yang tertarik untuk investasi emas dari pada investasi saham. Kok bisa gitu Mud? Alasannya beragam sih, dari mulai investasi emas sudah biasa dilakukan, mudah dijual saat perlu dana, alasan lainnya karena gak paham tentang saham, ada juga yang takut tertipu, dan ada pula yang berargumen masalah agama.

Well, yang paling basic sih menurut aku banyak yang belum mau mencoba invest saham karna belum teredukasi atau mendapat informasi tapi dengan bahasa yang tidak mudah dipahami oleh masyarakat umum, sehingga belum apa-apa eh udah pusing duluan.

Padahal ya gaess pas aku coba langsung ternyata gak sesulit memecahkan rumus kenapa sampai sekarang aku belum nikah-nikah, loh malah curhat Mud.

Belajar Investasi Saham Bersama Indopremier Sekuritas Terbaik

Sekitar dua bulan yang lalu aku mencoba registrasi untuk menjadi investor. Investor adalah sebutan untuk orang perorangan atau lembaga baik domestik atau non domestik yang melakukan suatu investasi (bentuk penanaman modal sesuai dengan jenis investasi yang dipilihnya) baik dalam jangka pendek atau jangka panjang, di sebuah aplikasi bernama IPOTGO.

Aku iseng aja sih karena baca seorang temen yang suka buat status tentang investasi saham online di akun medsosnya. Aku ikutin aja alur registrasi di aplikasi IPOTGO tetapi belum sempat explore lebih jauh.

Lucky me, minggu lalu Mas Riyan share info di grup mengenai sebuah acara bergizi dengan tema ” Maximize Your Rupiah With IndopremierXRuphiah” yang berlokasi di Bursa Efek Indonesia, dan kebetulan acaranya weekend, langsung aku oke untuk datang ke acara tersebut.

Saat acara berlangsung Mas Marco Kawet perwakilan dari BEI memaparkan fakta bahwa data investor lokal di indonesia masih didominasi oleh investor asing, pada tahun 2019 persentasenya adalah 51.95% investor asing dan 48.05% Investor lokal.

Sayang banget ya, padahal kalau kita bisa merajai pasar saham di negeri sendiri akan lebih baik bagi pertumbuhan ekonomi indonesia.

Maka dari itu literasi keuangan terutama investasi harus benar-benar digalakan pada masyarakat indonesia.
Yang buat aku happy adalah saat Ibu Indah menjelaskan bahwa Indopremier mengembangkan Sharia Online Trading System atau simplenya Saham Syariah yaitu sistem perdagangan saham yang dapat mendeteksi transaksi yang tidak sesuai dengan prinsip syariah.

Berkenalan Dengan Saham Syariah

Seperti halnya Bank yang terdiri dari Bank Konvensional dan Bank Syariah, Saham pun bisa dibedakan menjadi saham Konvensional dan Saham Syariah.

Saham Syariah adalah Efek berbasis ekuitas yang memenuhi prinsip syariah

Dengan adanya Sharia Online Trading System kita sebagai muslim lebih tenang saat akan berinvestasi karena bisa dipastikan saham yang diperjualbelikan adalah sesuai syariah.

Agar saham perusahaan bisa masuk pada daftar Saham Syariah maka harus memenuhi beberapa kriteria. Ini adalah beberapa syarat Saham Syariah:

Mekanisme Perdagangan

  • No Margin Trading
  • No Short Selling
  • Hanya Transaksi Saham Syariah
  • Transaksi Berdasarkan Cash Basis

Business Screening

Perdagangan yang dilarang :

  • Jasa Keuangan Ribawi (Tidak ada unsur Riba)
    Usaha yang Halal dan Tidak Mengandung Mudharat : Produksi atau Distribusi Barang Haram atau merusak Moral dan Mudharat
  • Perjudian dan sejenisnya
  • Usaha yang mengandung Gharar
  • Transaksi SUAP

Financial Screening

  • Total Hutang berbasis bunga terhadap Total Aset tidak boleh lebih dari 45%
  • Pendapatan Non Halal dibanding Total Pendapatan tidak boleh lebih dari 10%

Bursa Efek Indonesia sudah membuat Indeks dari seluruh saham syariah yang disebut ISSI.

ISSI adalah indeks seluruh saham syariah yang berada di Bursa Efek Indonesia atau yang berada di Daftar Efek Syariah (DES).

Issi sendiri Diterbitkan pada tahun 2011

Keuntungan Investasi Saham Syariah

  • Capital Gain : Keuntungan investasi dari selisih harga beli dan jual
  • Deviden / Bagi Hasil : Keuntungan investasi dari pembagian keuntungan dari perusahaan
  • Rapat Umum Pemegang Saham: Rapat yang diadakan oleh emiten atau perusahaan yang sahamnya listing di bursa
  • Investasi Halal : Dengan berinvestasi di saham syariah secara otomatis akan terhindar dari investasi yang dilarang atau haram

Yuk Investasi Berkah Dengan Saham Syariah di IPOT Syariah

Buat teman-teman yang tertarik untuk berinvestasi di IPOTGO syariah berikut aku infoin ya cara registrasi aplikasi Ipotgo Indopremier :
1. Download aplikasi Ipotgo di playstore
2. Registrasi secara online
Isi data diri
– Isi alamat email dan no handphone
– Isi nama lengkap, nomor KTP, tempat & tanggal lahir, jenis kelamin, status pernikahan, dan alamat.
– Isi data pekerjaan, penghasilan & asset, sumber dana, tujuan investasi, nama gadis ibu, hingga rekening bank
– Buat username & password
3. Setelah semua data lengkap kita akan terima email konfirmasi pendaftaran rekening efek dari indopremier, dan apabila sudah disetujui maka akan ada email selanjutnya yang mengirimkan Nomor SID.
4. Selanjutnya menunggu proses pembuatan Rekening Dana Nasabah, Banknya akan disesuaikan dengan no rekening yang kita isi sebelumnya.
Apabila RDN sudah kita terima melalui email, berarti kita sudah bisa melakukan transaksi di aplikasi Ipotgo serta Ipotpay.
Untuk informasi Indopremier juga mempunyai aplikasi lain bernama IPOTPAY yang bisa digunakan untuk pembayaran tagihan rutin bulanan, pembelian pulsa serta transfer.

Untuk registrasi IPOTSyariah kita harus melakukan proses kedua yaitu :
1. Mengirimkan email ke support@indopremie.com
2. Selanjutnya akan diminta mengisi berkas kemudian print berkas tersebut. Tanda tangan sesuai dengan KTP serta siapkan copy KTP, copy buku tabungan, print foto selfie.
5. Pengiriman dokumen
– Gratis dengan memanfaatkan fasilitas pick up dokumen (max 20 km)
– Kirim via kurir ke Kantor IndoPremier Pusat di Jakarta. (alamat tertera di email)

3 Alasan Kenapa Harus Memilih IPOT Syariah

  • Sesuai dengan prinsip syariah
  • Tersertifikasi DSN-MUI No: 001.58.02/DSN-MUI/I/2018
  • Sharia Online Trading System pertama di dunia Terpercaya sejak tahun 2011

Nah buat teman-teman yang tertarik untuk investasi saham, baik saham konvensional ataupun saham syariah yuk bisa langsung download aplikasi IPOTGO dan IPOTPAY dari Indopremier Sekuritas ya, dan rasakan pengalaman investasi saham yang sangat mudah semudah kita berbelanja online.

3 Comments

  1. Sabda Awal 5 Juli 2019
  2. lovelyristin 12 Juli 2019
  3. Caroline Adenan 14 Agustus 2019

Leave a Reply

Follow Me on Instagram