Life Style

5 Tanda Perusahaan Perlu Beralih ke Jasa Payroll Services

Setiap hari HRD dalam perusahaan selalu direpotkan dengan proses administrasi yang lama dan bersifat repetitif. Seringkali tugas ini membuat staff mengabaikan kinerja utamanya dan membuat memunculkan berbagai macam hambatan. JIka hambatan tersebut terus dibiarkan akan mengakibatkan munculnya masalah yang jauh lebih serius. Untuk mengatasinya, banyak perusahaan beralih kepada jasa payroll services.

Tanda Suatu Perusahaan Butuh Jasa Payroll Services

Solusi atas semua hambatan kegiatan administrasi payroll adalah beralih kepada payroll services. Namun, tak banyak perusahaan yang memahami dan menyadari bahwa perusahaannya membutuhkan jasa payroll services. Inilah tanda-tanda perusahaan  butuh beralih kepada payroll services:
1. Sistem Penggajian Terhambat
HRD dalam perusahaan akan memproses payroll atau penggajian untuk karyawan sebagai bentuk kompensasi atas kinerjanya selama sebulan penuh. Akan tetapi, proses payroll secara manual berjalan cukup lama untuk proses transfer ke rekening karyawan.

Jika sudah begini, karyawan akan terlambat menerima gaji. Keterlambatan gajian akan mempengaruhi penilaian dan loyalitas karyawan kepada perusahaan karena perusahaan dianggap tidak profesional dan kredibel dalam mengelola karyawan.

2. Sering Terjadi Human Error
Tanda-tanda lainnya yang menunjukkan perusahaan Anda membutuhkan pembaharuan dalam sistem payroll adalah terjadinya human error seperti kesalahan hitung dan input data. Gaji yang diterima karyawan melibatkan banyak komponen dari karyawan yang berbeda. Oleh karenanya staf HRD melakukan kesalahan dan kekeliruan karena banyaknya jenis komponen dari banyak karyawan.

3. Kinerja HRD Kurang Fokus
Proses payroll manual dikenal memakan waktu lama dan rumit. HRD dihadapkan dengan tumpukan dokumen fisik yang harus disortir dengan cara manual. Hal tersebut membuat staf HRD tidak fokus dan sering melewatkan hal yang jauh lebih penting yang ia harus lakukan, yaitu fokus kepada pengelolaan karyawan sebagai sumber daya manusia. Tanpa pengelolaan sumber daya manusia yang baik, perusahaan tak akan mampu menjalankan operasional dengan stabil.

Baca Juga : Tugas dan Syarat Menjadi Business Development

4. Format Laporan Payroll Berantakan
HRD akan membuat laporan payroll setiap periode tertentu, di mana laporan tersebut digunakan untuk analisis alokasi dana gaji dan keputusan strategis perusahaan. Selain itu, laporan payroll juga dapat menentukan apakah seorang karyawan mendapatkan gaji sesuai dengan performa kinerjanya atau tidak. Format laporan payroll yang berantakan dan tak akurat akan menghasilkan keputusan strategis yang tak tepat sasaran.

5. Kegiatan Pengembangan Karyawan Terbengkalai
Karena HRD menjadi kurang fokus, biasanya tugas lain seperti kegiatan pengembangan karyawan akan terbengkalai. Padahal pengembangan karyawan adalah kunci penting bagi perusahaan untuk menjaga produktivitas dan loyalitas karyawan kepada perusahaan. Tanpa kegiatan pengembangan karyawan, bisa saja karyawan akan merasa bosan dan tak memiliki motivasi untuk berkarir di perusahaan dan pada akhirnya memutuskan untuk resign untuk beralih ke perusahaan kompetitor.

Payroll Services LinovHR untuk Segala Hambatan Payroll Perusahaan

JIka perusahaan Anda mengalami tanda-tanda di atas, dapat dipastikan bahwa perusahaan Anda membutuhkan payroll services. Ada banyak vendor yang menawarkan payroll services, tetapi perusahaan dibuat bingung untuk memilih mana yang paling tepat untuk perusahaan. LinovHR adalah pilihan tepat bagi perusahaan untuk mendapatkan payroll services terbaik.

Dengan integrasi sistem yang sistematis antara satu komponen gaji dengan komponen yang lain. Dengan demikian hasil pengolahan dan perhitungan gaji berjalan efisien dan jauh lebih akurat dibandingkan cara manual. Human error seperti kesalahan input dan kesalahan hitung dapat diminimalisir sekecil mungkin karena seluruh proses terotomatisasi dalam sistem. Hasilnya proses payroll menjadi lebih cepat sehingga karyawan menerima gaji tepat waktu.

Integrasi sistem juga mempermudah HRD dalam pembuatan laporan payroll. Tak hanya integrasi, aspek keamanan juga menjadi hal utama dalam payroll services dari LinovHR. Data dan informasi pada laporan payroll services tidak dapat diakses dan dimanipulasi oleh oknum tak bertanggung jawab.

Jika sudah demikian, HRD dapat fokus kepada kinerja utamanya dalam mengelola dan mengembangkan program untuk sumber daya manusia yang berkualitas. Maka, tak ada lagi keraguan bagi perusahaan Anda untuk beralih ke payroll services dari LinovHR. Segera hubungi LinovHR dan konsultasikan keluhan perusahaan Anda kepada staff LinovHR yang berpengalaman di bidang payroll.

10 Comments

  1. Perempuan November 7 Agustus 2020
  2. tukang jalan jajan 7 Agustus 2020
  3. unggulcenter 7 Agustus 2020
  4. Susindra 7 Agustus 2020
  5. ruziana 8 Agustus 2020
  6. Pertiwi Yuliana 9 Agustus 2020
  7. Diah Kusumastuti 9 Agustus 2020
  8. Yesi Intasari 9 Agustus 2020
  9. Marfa 9 Agustus 2020
  10. Tika Samosir 10 Agustus 2020

Leave a Reply

Follow Me on Instagram