Life Style

Jenis-Jenis Pipa Air yang Cocok untuk Saluran di Rumah

Pipa air yang biasanya digunakan untuk proses penyambungan paralon dan juga banyak digunakan di perkantoran, rumah, dan apartemen untuk instalisasi air yaitu pipa PVC (Polyvinyl Chloride). Penggunaan paralon atau pipa pastinya akan memudahkan untuk mengalirkan air ke dalam rumah.

Berikut jenis pipa yang bisa kamu gunakan untuk saluran di rumah.

  • Tipe Pipa AW

Pipa AW ditandai dengan strip biru sepanjang badan pipa. Kamu bisa memilih pipa ini yang berwarna putih atau abu-abu. Pipa ini menjadi salah satu yang terbaik dan paling banyak digunakan untuk penerapan air bersih. Pipa ini juga mampu menahan berat beban hingga 10 kg dan dipastikan tahan lama.
Ciri fisik pipa ini memiliki dinding yang tebal. Pipa kelas AW bisa digunakan untuk mengalirkan air dari pompa atau untuk air bersih yang diberi tekanan agar dapat terdistribusi dengan baik ke seluruh unit plambing dalam sebuah bangunan.

  • Tipe Pipa D

Tipe pipa D ini memiliki ketebalan yang lebih tebal dari pipa AW. Sedangkan untuk fungsinya sendiri biasanya jenis pipa ini banyak digunakan untuk instalisasi air limbah atau air dari talang rumah. Pipa jenis ini mampu menahan tekanan hingga 5 kg dan tetap tahan lama. Pipa ini memiliki dua pilihan warna, yaitu putih dan abu-abu.
Pada pipa tipe D terdiri dari banyak variasi. Pertama, pipa vertikal, gunanya untuk membuang air hujan dari talang di atap rumah.

Pipa air ini biasa disebut juga pipa PVC diameter 3″ tipe D. Sebaiknya untuk pipa pembuangan air kotor tidak menggunakan pipa PVC tipe C karena tipis dan mudah pecah akibat tekanan.
Kedua, pipa diameter 4″ tipe D untuk saluran dari kloset menuju septic tank untuk bagian yang horizontal. Terakhir ada juga tipe D diameter 2 untuk saluran pembuangan kotor dari wastafel dan kitchen sink tempat cuci piring.

  • Tipe Pipa C

Tipe dan jenis pipa C jarang sekali digunakan untuk proses instalisasi air bersih. Pipa ini paling tipis untuk saluran pembuangan yang tidak membutuhkan tekanan. Jenis tipe ini banyak digunakan untuk batas pelindung saja dan banyak digunakan untuk melindungi kabel listrik.

Jadi, minimal kamu harus memahami dan mengetahui karakteristik setiap pipa PVC yang hendak digunakan. Pipa air PVC dibuat dengan tiga kelas yang berbeda untuk penggunaan yang berbeda pula. Agar lebih mudah, kamu bisa menggunakan pipa Rucika yang memiliki semua jenis pipa. Lalu kamu bisa pergi ke toko dan mencari jenis pipa sesuai kebutuhan.

Leave a Reply

Follow Me on Instagram