Life Style

Yuk, Ikutan Sedekah Daging dari Dompet Dhuafa. Ikut Berbagi Agar Masyarakat Kurang Mampu Bisa Merasakan Nikmatnya Daging Kurban


Waktu ini kok rasanya mendadak cepat sekali ya berlalunya. Sekarang sudah memasuki bulan Dzulhijah dalam kalender Islam. Tinggal hitungan hari saja umat Islam akan merayakan Iduladha. Agak sedih sih tahun ini, karena untuk pertama kalinya di Indonesia tahun ini enggak satu orang pun yang bisa melaksanakan ibadah haji.

Tapi meski begitu, ibadah kurban insya Allah akan tetap ada dan dilaksanakan dong. Iduladha, selain dikenal dengan hari raya haji, juga kita kenal dengan nama idul qurban. Karena di hari ke-10 di bulan Dzulhijah ini, Allah memberikan kesempatan pada kita, umat Islam di seluruh dunia, untuk lebih mendekatkan diri kepada-Nya, dengan cara menyembelih hewan kurban.

Berkurban bukan saja untuk meningkatkan ketaqwaan dan keimanan pada Allah SWT. Tapi berkurban juga merupakan bentuk rasa empati pada sesama.

Aku tuh selalu merasa terharu dengan hari raya Iduladha ini. Gimana enggak terharu coba, bagi yang mampu berkurban, menjalankan ibadah ini selain mendekatkan diri pada Allah, mendapat pahala, tapi juga bisa membantu orang-orang yang tidak mampu.

Bagi mereka yang mungkin ekonominya menengah ke bawah, bisa menikmati daging adalah sebuah kemewahan, bukan enggak mungkin mereka hanya menikmatinya satu kali dalam setahun, ketika mereka mendapat pembagian daging kurban. Ini yang bikin aku terharu.

Dua tahun yang lalu aku mendapat kesempatan untuk menyaksikan pemotongan hewan kurban di Gunung Kidul bersama Dompet Dhuafa. Usai pemotongan hewan kurban, aku pun ikut berkeliling dusun untuk membagikan daging kurban pada rumah-rumah warga. Rasanya terharu banget, melihat wajah-wajah bahagia dari warga-warga itu ketika menerima daging kurban. Salah satu momen yang mungkin enggak akan pernah aku lupakan seumur hidup.

Selain membagikan potongan daging kurban, aku juga sempat bercakap-cakap dengan warga setempat saat melakukan pemotongan hewan kurban. Menurut mereka, Dompet Dhuafa bukan sakadar memberi semata, tapi juga melakukan pemeberdayaan masyarakat. Lewat program yang ada dari Dompet Dhuafa, masyarakat diajarkan untuk lebih memahami tentang ilmu beternak, membuat laporan keuangan yang lebih baik, dan membantu pemasaran hewan ternak.

Yuk Ikutan Program Sedekah Daging Dompet Dhuafa

Tahun ini memang terasa berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Kondisi ekonomi ikut jungkir balik di masa pandemi ini. Membeli hewan kurban mungkin dirasa sangat berat. Padahal hati rasanya ingin turut berbagi kebaikan di hari raya Iduladha nanti.

Alhamdulillah, sepertinya Dompet Dhuafa mengerti sekali kondisi saat ini. Melalui program Sedekah Daging, Dompet Dhuafa mengajak #OrangBaik yang belum memiliki kesempatan untuk berkurban namun ingin ikut berbagi dan membantu masyarakat yang kurang mampu untuk bisa merasakan nikmat dan berkahnya daging kurban.

Mulai dengan Rp 100.000, kita sudah bisa memberikan sedekah untuk program Sedekah Daging ini. Nantinya, donasi yang terkumpul akan dikonversi menjadi hewan kurban untuk disalurkan ke pelosok nusantara.

Memang sih, program Sedekah Daging ini bukan kurban. Sesuai namanya, akadnya adalah sedekah. Tapi bukahkah lebih baik kita melakukan sedikit kebaikan daripada tidak sama sekali? Sambil berdoa, semoga kita akan terus diberi rezeki lebih, agar tahun depan bisa dapat kesempatan untuk melakukan kurban. Aamiin.

“Dan orang yang disempitkan rezekinya hendaklah memberi nafkah dari harta yang diberikan Allah kepadanya. Allah tidak memikulkan beban kepada seseorang melainkan (sekedar) apa yang Allah berikan kepadanya. Allah kelak akan memberikan kelapangan sesudah kesempitan.” [QS. At Thalaq: 7]

Gimana menurut kalian? Bila belum ada kesempatan untuk berkurban di tahun ini, yuk ikutan program Sedekah Daging!

Leave a Reply

Follow Me on Instagram