Life Style

Yuk Girls, Kita Pahami Tanda-tanda Haid, Demi Kesehatan Kita Bersama

Untuk mendapatkan informasi seputar kesehatan di era digital seperti sekarang ini memang bukanlah hal yang sulit. Ya, terlebih saat ini sudah didukung dengan kehadiran aplikasi-aplikasi khusus kesehatan, seperti Klik Dokter. Download di sini.

Terlepas dari hal itu, biasanya wanita sebelum haid akan mengalami berbagai gejala atau tanda tanda haid beberapa hari sebelumnya.

Akan tetapi, sebenarnya setiap wanita mengalami gejala yang berbeda-beda. Namun, terdapat beberapa tanda-tanda umum yang biasa dialami oleh wanita sebelum haid seperti di bawah ini:

Tanda Tanda Haid

1. Kram di Area Perut

Gejala umum pertama yang akan dirasakan oleh wanita sebelum haid, yakni berupa kram di area perut. Biasanya kondisi ini akan datang sekitar 1 hingga 2 hari menjelang jadwal menstruasi.
Ketika mengalami kram di area perut, kamu pun tidak perlu khawatir karena kondisi tersebut akan hilang dengan sendirinya setelah haid atau di hari pertama saja.

2. Wajah Menjadi Berjerawat

Tak hanya kram di perut, munculnya jerawat di wajah juga merupakan salah satu ciri haid yang paling umum dijumpai. Menurut informasi yang didapat, munculnya jerawat tersebut akibat adanya peningkatan kadar hormon di dalam tubuh menjelang menstruasi.

Nah, karena peningkatan kadar hormon inilah yang membuat kulit wajah akan memproduksi sebum (minyak) secara berlebihan. Sehingga timbunan sebum tersebut akan menyumbat pori-pori kulit wajah dan memicu timbulnya jerawat.

3. Ukuran Payudara yang Membesar dan Terasa Nyeri

Apabila ukuran payudaramu tampak membengkak, lebih besar, dan terasa nyeri ketika sisi luarnya disentuh, maka bisa jadi kondisi ini merupakan pertanda haid akan datang dalam waktu dekat. Perubahan payudara tersebut dikarenakan adanya peningkatan kadar hormon prolaktin, yakni hormon yang meningkatkan produksi air susu.

4. Tubuh Terasa Lelah dan Sulit Tidur

Menjelang datangnya menstruasi, maka jangan heran jika kamu akan sulit tidur meski tubuh terasa sangat lelah. Pasalnya kondisi ini adalah kombinasi dari berbagai faktor penyebab, seperti perubahan hormon menjelang haid, stres fisik akibat tubuh yang lelah, serta stres emosional akibat kegiatan sehari-hari.

Guna meminimalisir kondisi sulit tidur ini, usahakan untuk membuat sensasi yang bisa membuatmu merasa lebih nyaman saat berada di dalam kamar.

5. Adanya Gangguan Pencernaan

Kebanyakan wanita kerap mengeluhkan masalah gangguan pencernaan yang berupa diare atau sembelit selama beberapa hari. Ya, kondisi ini menjadi pertanda bahwa menstruasi akan datang dalam waktu yang dekat.

Masalah gangguan pencernaan tersebut dikarenakan adanya peningkatan hormon prostaglandin, sehingga bisa memicu usus untuk berkontraksi yang menyebabkan diare. Sedangkan pemicu masalah sembelit dikarenakan meningkatnya hormon progesteron dalam tubuh.

6. Perut Terasa Kembung

Selain diare dan sembelit, perut yang terasa kembung juga bisa jadi salah satu ciri-ciri akan datangnya haid lho. Dalam mengatasi masalah perut kembung ketika haid terjadi, disarankan bagi kamu untuk mengurangi makanan-makanan yang tinggi garam.

Sebaiknya ganti makanan tinggi garam tersebut dengan buah-buahan, sayuran berdaun hijau, makanan olahan susu, dan makanan-makanan bergizi lainnya. Selain itu, usahakan juga untuk melakukan aktivitas olahraga secara rutin dan teratur.

7. Kepala Terasa Sakit

Sebagian wanita akan merasakan sakit di area kepala yang cukup berat menjelang haid datang. Usut punya usut, ternyata kondisi ini ada kaitannya dengan perubahan kadar hormone estrogen dalam tubuh sehingga bisa mengganggu kondisi otak. Alhasil, kepalamu akan terasa sakit yang cukup menyiksa ketika haid datang.

8. Mood Swing

Apa yang dimaksud dengan Mood Swing? Perlu diketahui, Mood Swing ini merupakan sebuah kondisi berupa suasana hati tidak stabil yang kerap dialami oleh wanita ketika haid.

Menjelang haid, maka kamu akan menjadi cepat marah dan mudah tersinggung. Tak cuma itu, bahkan kamu juga akan mendadak sedih meski sebelumnya dalam kondisi baik-baik saja.

9. Nafsu Makan Menjadi Bertambah

Gejala haid yang satu ini memang tidak dirasakan oleh semua wanita. Namun, tak sedikit juga wanita yang nafsu makannya semakin bertambah ketika haid maupun menjelang haid. Ya, lagi-lagi hal ini dikarenakan adanya perubahan hormon di dalam tubuh wanita ketika haid terjadi.

10. Premenstrual Syndrome

Premenstrual Syndrome merupakan sebuah kondisi yang kerap dialami wanita ketika haid, dimana kita akan merasakan lebih sensitif terhadap suara, cahaya dan sentuhan.

Kamu pun akan mudah gelisah ketika mendengar suara bising, mudah silau saat ada cahaya, serta merasa tidak nyaman saat disentuh oleh orang lain.

Menstrual Cup Sebagai Alternatif Pengganti Pembalut

Mungkin beberapa wanita ada yang belum terlalu familiar dengan istilah menstrual cup. Pada dasarnya, menstrual cup menyuguhkan solusi yang lebih simple serta ramah lingkungan sebagai alternatif pengganti pembalut.

Menstrual cup itu sendiri merupakan alat khusus untuk menstruasi, dimana ia berupa cangkir yang terbuat dari bahan karet sehingga aman digunakan. Dengan teksurnya yang lentur, tentunya dapat memudahkanmu cangkir tersebut untuk dimasukkan ke area vagina agar bisa menampung darah yang keluar selama haid.

Pada umumnya, menstrual cup ini bisa digunakan selama 6 sampai 12 jam. Namun, hal itu tergantung pada seberapa derasnya darah haid yang keluar. Dengan menggunakan menstrual cup, kamu pun tidak perlu bolak-balik ke toilet.

Lain halnya ketika menggunakan pembalut, yang mana kita harus bolak-balik ke toilet untuk mengganti pembalutnya.

Leave a Reply

Follow Me on Instagram