Seperti Inilah Tips Cerdas Saat Berwisata Yang Harus Kamu Ketahui

Pergi ke tempat-tempat wisata merupakan salah satu kegiatan hiburan yang sangat disukai oleh semua kalangan, mulai dari anak hingga dewasa baik itu laki-laki maupun perempuan.

Ya, hal itu memang benar adanya, dimana kegiatan berwisata ini sangat ampuh untuk mengusir rasa jenuh sesaat sehingga bisa membuat pikiran kita kembali fresh.

Nah, agar kegiatan berwisata menjadi lebih hemat dan menyenangkan, berikut di bawah ini ada beberapa tipsnya yang harus kamu ketahui :

Tips Cerdas Saat Berwisata Yang Harus Kamu Ketahui

1. Persiapkan Fisik

Sebelum kamu hendak melakukan traveling seorang diri, maka pastikan dulu bahwa kondisi tubuhmu dalam keadaan sehat-sehat saja. Pasalnya, kegiatan yang satu ini tentunya akan menguras energy terlebih jika kamu pergi ke tempat-tempat yang jauh seorang diri. Oleh karena itu, kamu harus pandai-pandai dalam menjaga kesehatan tubuh.

2. Persiapkan Budget

Selain mempersiapkan fisik, tentu saja kamu juga harus mempersiapkan budget. Ya, terang saja demikian, sebab budget ini memiliki peranan yang sangat penting selama kegiatan berwisata. Dalam hal ini, kamu jangan sampai membawa uang terlalu banyak atau pas-pasan.

Dengan kata lain, persiapkanlah budget sesuai kebutuhan selama liburan. Mulai dari makan, tiket pesawat padang Jakarta, hingga penginapan.

3. Melakukan Riset Terlebih Dahulu

Dalam hal ini, sangat disarankan bagi kamu untuk melakukan riset terlebih dahulu mengenai semuanya yang bersangkutan dengan kegiatan wisata. Ya, hal-hal tersebut mulai dari harga tiket menuju ke tempat tujuan, akomodasi, tarif & jam operasional transfortasi umum, rute & harga tiket masuk ke tempat wisata, dan sebagainya.

Agar lebih mudah lagi, kamu bisa memanfaatkan teknologi internet untuk melakukan risetnya. Selain itu, kamu juga bisa bertanya kepada teman atau kerabat yang memang pernah mengunjungi tempat wisata tersebut.

4. Membuat Daftar Anggaran

Sangat penting bagi kamu untuk membuat daftar anggaran. Mengapa demikian? Pasalnya, anggaran dan perencanaan ini bertindak sebagai panduan selama dalam perjalanan wisatamu lho. Mengingat akan hal itu, maka kamu harus memastikan bahwa kamu sudah membuat perincian rencana perjalanan dari awal bangun sampai kembali lagi ke tempat penginapan atau hotel.

Bukan hanya itu, perhatikan pula seputar transportasi untuk menuju dari satu tempat wisata ke tempat wisata yang lainnya. Setelah itu, coba hitung berapa uang yang harus disisihkan untuk makan, minum, dan lain sebagainya.

5. Pahami Cara Packing Yang Benar

Ketika akan melakukan traveling seorang diri, maka sudah menjadi kewajiban bagi kamu untuk mau membawa semua barang bawaan sendirian. Ya, terlebih saat berpindah dari satu tempat ke tempat yang lainnya. Sebab, untuk membawa beban sesering mungkin itu tentunya akan sangat melelahkan.

Maka dari itu, sebelum berangkat kamu harus memahami dulu cara packing barang yang benar, sehingga semua barang yang kamu butuhkan dapat tersusun dengan rapih dan mudah dibawa kemana-mana. Selain itu, usahakan juga untuk tidak membawa barang-barang secara berlebihan! Soalnya, hal tersebut justru akan membuat kamu kerepotan sendiri lho!

6. Rajin Mengecek Promo

Tips berikutnya yang harus kamu lakukan dalam berwisata agar lebih hemat dan menyenangkan, yakni rajin mengecek promo. Dalam hal ini, kamu bisa mencarinya melalui situs-situs yang ada di mesin pencarian. Tak hanya itu, bandingkan juga harga dari satu situs ke situs lainnya.
Itulah beberapa tips dalam berwisata agar lebih hemat dan menyenangkan. Selain itu, kamu juga jangan sampai lupa untuk membeli oleh-olehnya ya!

18 thoughts on “Seperti Inilah Tips Cerdas Saat Berwisata Yang Harus Kamu Ketahui”

  1. Kalau aku sebelum jalan-jalan nyari informasi sekaligus menyusun itinerary Mbak. Soalnya itinerary penting. Walaupun tau destinasi, tapi kalau gak ada itin, bisa-bisa rutenya berantakan. Habis deh waktu, biaya di jalan

    Reply
  2. Aku tergantung tempat yang dituju, kadang suka unplanned trip.
    Pingin jalan santai ga ambisius, yaudah dateng dan menikmati suasana.
    jatuhnya lebih irit karena kadang aku bisa aja seharian diem cuma di penginapan :))

    Reply
    • Bener banget nih tips tipsnya. Aku suka lupa ngecek promo jadi ketinggalan dan gak dapat tiket murah. Pas dapet eh pesawat cancel gara2 corona sedih aku tu. Btw mbak bikin tulisan khusus tips packing dong.

      Reply
  3. waaa kebetulan nih aku abis pandemi ini berallu pengen travelling, rencanaya bulan maret lalu mau berngkat hihih. tapi harus ditunda karena pandemi ini, semoga pandemi ini segera berlalu yaaa

    Reply
  4. wah cocok banget niy buat aku yang hobbynya traveling ka, tapi kadang aku tuh suka kebiasaan on the spot gitu jadilah bengkak mulu budgetnya ehhehe

    Reply
  5. Waaa… ini, pesan terakhir ini beratttt 😀 . Saya mah orangnya males repot-repot bawa oleh-oleh. Makanya kalo jalan-jalan saya lebih memilih bareng-bareng sekeluarga, sehingga sama-sama menikmati di tempat wisata. Dan enggak mikir beli oleh-oleh 😀 . Btw makasih banyak untuk tips-tipsnya, sangat bermanfaat 🙂

    Reply
  6. aku pengen bikin rencana liburan sekarang. tapi… tapi…. ah sudahlah. ngebayangin liburan sekarang mah bikin aku mellow dan sedih.
    makasih tipsnya, mud. kalau berdasarkan list tips dari mude ini, berarti aku sudah cerdas saat berwisata.

    Reply
  7. nah bener nih poit terakhir harus rajin cek promo,temanku tuh tiap tanggal cantik sampe begadang rebutan promo diskon pesawat dan bener dong dapet mulu, setahun bisa ke LN 4-5 kali modal promo.

    Reply
  8. Makasih tips cerdas berwisatanya yaa Mbak Mudrikah ^^. Saya juga biasa riset dulu kl mau ngetrip. Baca2in review dan testi2 teman2 juga. Jadi kita gak buta sama sekali dan bisa belajar dari pengalaman ga enaknya orang tanpa harus ngalemin juga kan ya

    Reply
  9. Memang kalo mau wisata itu penting banget mempersiapkan segala hal terutama memang duit dan fisik. Saya biasanya kalo mau liburan pasti olahraga ringan tiap sore terutama jalan dan untuk urusan budget sudah tentu disisihkan sejak beberapa bulan sebelum berangkat wisata.

    Reply
  10. Wah, setuju semua sama poin-poin di atas, aku kalau mau pergi berwisata emang selalu mempersiapkan dengan matang. Seperti kakak katakan, agar jalan-jalan lebih hemat dan menyenangkan.

    Reply
  11. Tambahin lagi tipsnya ya…jangan lupa bikin itinerary sendiri, jadi ketauan mau kemana-kemananya. Walau kalo solo traveller lebih fleksibel sih.

    Reply
  12. Yang paling penting sih budget yaa. Apalaah rencana liburan kalo ngga ada budgetnya. Bakal jadi rencana yang hanya sekadar rencana. Klo aku biasanya nabung yang lebih giat klo memang ada rencana traveling. Bikin itinerary dan financial planning. Dengan begitu bakal ketauan kita harus nabung berapa lama..

    Reply

Leave a comment