Life Style

Tips Memilih Pinjaman KTA yang Aman dan Terpercaya Bagi Yang Pemula

Sejak bekerja di kantor kelurahan aku merasakan berbagai hal baru yang sebelumnya tidak aku dapatkan saat bekerja di tempat kerjaku yang sebelumnya, salah satunya mengenai proses pinjaman KTA bagi masyarakat desa. Dulu aku hanya menyapa nasabah melalui saluran telpon call center tanpa bertatap muka langsung dengan mereka, cukup hanya berada dibelakang layar komputer dan laporan pun selesai.

Sedangkan sekarang aku bisa bertemu langsung dengan warga masyarakat yang ada keperluan di kantor kelurahan (selanjutnya aku sebut kantor desa aja ya). Saat ini aku sendiri bekerja sebagai bagian keuangan di desa, tapi aku juga belajar hal lain seperti membuat surat rekomendasi bagi warga masyarakat yang membutuhkan.

Ternyata warga yang datang itu bermacam-macam keperluannya, ada yang akan membuat KTP, Kartu keluarga, hingga membutuhkan surat rekomendasi untuk peminjaman dana ke Bank dan lembaga lainnya.

Oww.. aku baru tahu loh ternyata banyak banget lembaga-lembaga pinjaman yang sudah menyasar ke masyarakat desa.

Sempat aku berbincang sama teman kerja, bahwa sekarang sudah banyak sekali lembaga yang mendatangi langsung rumah-rumah warga untuk menawarkan pinjaman. Dari mulai yang menawarkan limit jutaan rupiah hingga puluhan juta rupiah, hanya saja memang disesuaikan dengan kemampuan pembayaran warga.

Kebutuhan setiap orang memang tidak bisa ditebak, tidak muda tidak tua, yang single atau yang sudah berkeluarga apa lagi yang sudah mempunyai putra-putri. Setiap orang pasti punya kebutuhan masing-masing baik itu besar ataupun kecil.

Pinjam dana dimanapun yang penting kita paham terlebih dahulu tentang syarat dan ketentuan peminjaman, jangan sampai kita dirugikan dikemudian hari.

Pengalaman ditawarkan Pinjaman KTA

Aku pun dulu sering sekali ditawarkan pinjaman baik berupa Kredit Tanpa Agunan (KTA), kartu kredit, dan beberapa jenis pinjaman lainnya. Jujur saat itu aku tergoda, kondisi sedang meneruskan kuliah, kuliah sambil kerja, dan butuh biaya yang cukup banyak untuk ongkos sehari-hari serta biaya kuliah pastinya.

Tapi untuk pinjaman KTA aku belum tertarik, karena belum terlalu butuh juga sih, alhamdulillah masih bisa aku handle biaya buat kuliah.

Tapi balik lagi yang namanya kebutuhan kita gak tau kan ya, siapa tahu besok ada keperluan mendesak. Tapi meskipun saat kita terdesak tetap harus cermat dalam memilih pinjaman KTA yang akan kita gunakan.
Berikut ini adalah beberapa hal yang harus kita perhatikan sebelum memutuskan untuk mengajukan pinjaman KTA.

pinjaman-kta

5 Hal yang harus kita perhatikan dalam memilih pinjaman KTA yang aman dan terpercaya :

1. Kredibilitas Bank

Saat ini hampir semua Bank, baik Bank pemerintah ataupun swasta mempunyai program pinjaman dana tunai. Tapi jangan asal apply ya, aku sarankan sih pilih Bank yang terpercaya. Beberapa ciri-ciri Bak terpercaya adalah : mempunyai banyak kantor cabang, mempunyai Mesin ATM di banyak wilayah, mempunyai no call center yang bisa dihubungi, serta mempunyai nasabah yang cukup banyak.

2. Limit Pinjaman

Sebelum mengajukan pinjaman kita juga harus sudah menghitung-hitung berapa pinjaman yang akan kita ajukan, serta kemampuan pembayaran kita setiap bulannya. Jangan sampai penghasilan kita perbulan tidak cukup untuk membayar cicilan dan bunga.

3. Suku Bunga

Kita juga harus pastikan suku bunga yang digunakan oleh penyedia pinjaman. Pastikan apakah suku bunganya flat atau berubah, karena ada beberapa penyedia pinjaman yang mempunyai bunga yang berubah di bulan ke sekian. Kalau turun sih bagus, nah kalau malah semakin naik, kan rugi buat kita.

4. Jangka Waktu Pinjaman

Jangka waktu pinjaman pun harus sudah kita rencanakan, makin lama biasanya semakin kecil nominal cicilan, tetapi kita juga harus berhitung berapa total yang kita bayar selama jangka waktu pinjaman.

5. Biaya Pengajuan KTA

Dari awal kita harus pastikan juga selama proses pengajuan, proses verifikasi, hingga cicilan sudah berjalan, biaya apa saja yang akan mucul dan harus kita bayar. Misal saat kita telat melakukan pembayaran berapa nominal denda yang dikenakan, serta apakah ada biaya materai atau tidak setiap bulannya.

Hal-hal tersebut mungkin terlihat sepele, tetapi untuk masalah pinjaman dana tunai hal-hal kecil tersebut harus kita perhatikan, karena jangka waktu pinjaman yang tidak sebentar, bahkan ada yang sampai bertahun-tahun.

Karena hal yang berhubungan dengan uang biasanya lebih sensitif, jadikita harus paham sebelum mengambil keputusan dlam keuangan, termasuk memutuskan untuk melakukan pinjaman KTA.

Bagi teman-teman yang membutuhkan pinjaman dana cepat untuk berbagai kebutuhan, hingga modal usaha kecil maupun menengah sampai skala besar. Bisa ajukan pinjaman Kredit Tanpa Agunan (KTA) dari berbagai bank dan lembaga keuangan terbaik di Indonesia melalui CekAja.com secara online. Untuk informasi lebih lengkapnya bisa langsung kunjungi link berikut ini ya https://www.cekaja.com/kredit-tanpa-agunan

Leave a Reply

Follow Me on Instagram