Life Style

Tips Mengatur THR Untuk Mama Muda ala Mama Mude, Biar THR Tidak Berlalu Begitu Aja

Enggak terasa, sudah setengah bulan Ramadan berlalu. Ramadan tahun ini tuh rasanya jadi tantangan tersendiri buat aku. Ada banyak hal yang berbeda di Ramadan tahun ini. Ramadan kali ini adalah Ramadan pertama dengan kehadiran Ziyad. Jadi, selalin aku harus menyiapkan makanan buat suami, tahun ini aku juga harus menyiapkan makanan buat Ziyad.

Demi keluarga, buat suami dan anak aku, sekarang ini aku jadi lebih rajin buat masak sendiri di rumah. Pokoknya yang terpenting saat ini adalah kesehatan mereka berdua. Jujur, enggak mudah mengatur waktu antara bekerja dan mengurus rumah. Tapi pelan-pelan aku belajar untuk terbiasa.

Padahal kalau mengingat masa-masa sebelum nikah, aku tuh cuek banget. Makan seadanya aja, kadang memilih jajan biar praktis. Sebisa mungkin kalau punya waktu luang pulang bekerja ya lebih baik dipakai buat tidur aja. Sekarang mendadak berubah drastis.

Ternyata ya, menikah dan menjadi seorang ibu tuh benar-benar bisa mengubah seseorang. Sekarang ini aku jadi gampang khawatir. Takut banget kalau suami dan anakku sampai sakit. Makanya aku sampai jadi rajin masak sendiri, sebisa mungkin memastikan kebutuhan nutrisi buat anakku tercukupi, begitu juga dengan suami.

Tapi itu bukan satu-satunya yang berubah dalam Ramadan kali ini. Aku juga jadi belajar untuk bijak dalam mengelola THR. Padahal ketika awal-awal puasa, isi kepala aku masih seperti biasa, membayangkan kalau THR nanti turun ingin beli beberapa baju lebaran buat Zi, juga membuat baju seragam buat kami bertiga. Selain itu tentunya aksesoris pelengkap seperti sepatu, kerudung, serta perhiasan. Pokoknya belum-belum aku merasa kalap deh.

Tips Mengatur THR Untuk Mama Muda ala Mama Mude

Namun, ketika akhirnya THR diterima, aku mulai berpikir ulang. Kok rasanya terlalu boros ya? Bukan enggak boleh membeli keperluan lebaran sih, tapi biar gimanapun aku harus bisa mengelola THR ini biar enggak abis begitu aja. Dipikir-pikir sayang juga kalau sampai habis untuk pakaian lebaran. Apalagi mengingat badan Zi masih akan terus bertambah besar, kemungkinannya enggak akan dipakai lama.
Demi keluarga, tahun ini aku belajar untuk mengatur THR. No boros-boros, tapi keluarga harus tetap nomor satu. Itu prinsip aku.

Ini dia tips mengatur THR Untuk Mama Muda ala aku

semoga aja bisa diterapin sama kamu juga.

1. THR untuk kebutuhan lebaran

Seperti yang tadi sudah aku bilang, bukan berarti enggak beli baju lebaran. Tetap beli dong. Hanya seperlunya saja. 1-2 baju untuk Zi, aku dan suami. Dan untuk aksesoris pelengkap, gunakan saja yang sudah ada, enggak pelu semua baru.

2. THR untuk zakat dan sedekah

Jangan lupakan zakat dan sedekah. Apalagi zakat kan wajib hukumnya. Bukan sekadar zakat fitrah aja, tapi kalau misalkan ada utang puasa, jangan lupa bayar fidyahnya.

3. THR untuk jaminan kesehatan

Kesehatan keluarga jadi prioritas nomor satu aku sekarang ini. Mendengar keluhan suami enggak enak badan sedikit aja, aku langsung waspada. Apalagi ketika Zi uring-uringan, aku langsung takut dia sakit.

Apalagi beberapa minggu terakhir ini memang kesehatan Zi agak menurun. Beberapa kali aku dan suami membawa Zi berobat ke dokter. Saat ini sih kami menggunakan BPJS, tapi demi kenyaman aku putuskan untuk menyisihkan THR tahun ini untuk asuransi kesehatan rawat jalan. Biar proses berobat lebih nyaman dan enggak perlu antri lama.

Keluarga Prioritas Utamaku, Garda Healthtech Pilihanku

Tentunya aku enggak boleh sembarang dalam memilih asuransi kesehatan rawat jalan. Dalam memilih asuransi juga harus bijak dan berhati-hati dong. Dan pilihanku jatuh pada Garda Healthtech dari Asuransi Astra.

Salah satu alasan pertama aku memilih Garda Healthtech ini adalah karena kita bisa konsultasi dengan dokter bukan hanya melalui offline aja, tapi juga bisa secara online, baik dokter umum maupun dokter spesialis. Untuk obat-obatannya juga langsung dicover, meski kita membelinya di apotek luar rumah sakit. Ini tuh menguntungkan banget untuk aku yang tinggal bukan di daerah besar.

Ada 3 paket pilihan Garda Healthtech yang bisa disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan kita:
1. Paket FIT, premi Rp 500.000/tahun dan total perlindungan hingga Rp 3.200.000
2. Paket Classy, premi Rp 900.000/tahun dan total perlindungan hingga Rp 6.600.000
3. Paket Ultima, premi Rp 1.200.000/tahun dan total perlindungan hingga RP 8.700.000

Alasan lainnya karena proses beli Asuransi Astra ini enggak pakai ribet. Nih, aku kasih tahu cara beli asuransi Garda Healthtech ini:

1. Masuk melalui website https://www.gardaoto.com/garda-healthtech/product-info klik tombol “Beli Sekarang”
2. Isi informasi data diri
3. Pilih paket asuransi sesuai kebutuhan dan kemampuan
4. Lakukan pembarayan
5. Tunggu e-polis terbit.

Praktis banget kan cara belinya? Aku enggak perlu kemana-mana, bisa langsung dilakukan dimana pun aku berada. Memudahkan banget. Apalagi untuk penggunaannya juga enggak kalah mudahnya, semua dilakukan dalam 1 aplikasi aja. Ini sih asuransi rawat jalan cashless yang recommended banget.

Buat aku yang perjalanan ke pusat kota butuh waktu 1 jam, Garda Healthtech ini jelas bermanfaat banget. Tinggal di daerah enggak jadi halangan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan terbaik untuk keluarga. Gimana menurut kamu?

Leave a Reply

Follow Me on Instagram