Women Talks

Tips Menjadi Blogger Profesional Di Acara Kumpul Blogger BPK

Beberapa waktu yang lalu, timeline sosial media ku sempat dipenuhi oleh beberapa tulisan mengenai “Kawal Harta Negara” aku yang sempat bekunjung ke beberapa tulisan kemudian menemukan suatu fakta bahwa ini adalah tulisan lomba yang diadakan oleh BPK dengan tema “BPK Kawal harta negara”. Oke mataku langsung sedikit membulat saat membaca kata lomba, aku langsung menuju ke akun official BPK untuk mencari informasi lombanya, aku baca dengan seksama dan dalam tempo yang sedetail-detailnya semua syarat dan ketentuan dari lomba ini, aku coba memikirkan ide apa yang bisa aku gunakan, lama kelamaan aku nyerah sendiri, karna rasanya tidak terlintas sedikitpun ide untuk menulis dengan tema yang sudah ditentukan.

Ini tuh rasanya kek ketemu sama someone yang bikin kita terpesona, tapi saat udah kenal lebih dekat malah bikin gak nyaman, ya sudahlah mau tidak mau gak dilanjut, nominal hadiah yang ditawarkan BPK tetap tidak bisa membuat aku meneruskan semua ini. Emang kamu males mud anaknya, jangan pake alasan gak ada ide.
Tapi tidak disangka tidak dinyana, Kamis 15 Maret 2018 aku berkesempatan menyaksikan penganugrahan pemenang dari lomba BPK tersebut, tapi tenang teman-teman ini bukan seperti membuka luka lama, tapi ini membuatku membuka mata bahwa semua rezeki sudah ada yang mengatur, saat ini rezekiku sebagai penonton bisa jadi next event aku bisa ikut menjadi salah satu pemenang lomba.. aamiin.
Bertempat di auditorium BPK, aku bersama teman-teman Blogger menghadiri acara Kumpul Blogger BPK dengan tema : Blogger Kawal Harta Negara.
Kenapa yak aku selalu ciyut kalo dengar harta negara, seolah dalam alam bawah sadar aku tuh udah terpatri, ini bukan bidang aku, aku gak akan ngerti masalah kayak ginian. Tapi teman, saat menghadiri acara ini ternyata istilah mengawal harta negara tuh luas artinya gak mentok semuanya dipikul sama BPK, kita juga sebagai masyarakat bisa ikut andil didalamnya.

Acara yang diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan doa ini berjalan khidmat dan lancar.  Dalam sambutannya Sekretaris Jendral BPK RI, Bpk. Hendar Ristriawan mengatakan bahwa BPK berkomitmen untuk menggandeng blogger dalam mengawal harta negara. Karna saat ini kita sudah berada di era tekhnologi informasi, yang dengan cepatnya segala informasi bisa langsung menyebar melalui fasilitas internet. Nah BPK juga gak mau dong ketinggalan untuk memanfaatkan tekhnologi ini secara positif, melalui para blogger BPK ingin mengajak semua masyarakat untuk ikut berpartisipasi mengawal harta negara, dan informasinya ini bisa disampaikan melalui tulisan kami para blogger. Hadir juga Ketua BPK, Dr. Moermahadi Soerja Djanegara, S.E, Ak. M.M, C.P.A di acara kumpul blogger BPK ini.
Selanjutnya acara yang pastinya sangat ditunggu-tunggubagi para nominasi lomba BPK Kawal Harta Negara. Akhirnya setelah melalui seleksi yang ketat, muncullah nam-nama para pemenang.
Juara Utama 1
Alexander Arie Sanata Dharma
Juara Utama 2
Yesi Hendriani Supartoyo
Juara Utama 3
Lalu Alfian Rifa’i
Juara Favorit 1
Lalu Alfian Rifa’i
Juara Favorit 2
Bayu Satria Utama
Juara Favorit 3
Saiful Rijal Yunus
Congrats Ya teman-teman, kalian memang layak berada di posisi pemenang dengan karya yang luar biasa. 
Keseruan hari ini gak cuma sampai di pengumuman pemenang aja teman-teman, karna hari ini kita bisa mendapatkan ilmu lebih dari para expert dibidangnya yang tentunya sangat berkaitan dengan kerjaan kami sebagai blogger.

Kali ini kita bakalan ngobrol seru sama Mas Farchan Noor ( Travel Blogger ) yang bakalan ngasih tips ” Menjadi Blogger, dari gagasan menjadi tulisan”, lalu ada mbak Olli sapaan akrab dari Aulia Halimatussadiah yang bakalan kasih tips mengenai ” Personal Branding Melalui Sosmed dan Blog, dan yang terakhir ada mas Dimas Novriandi yang akan ngomongin gimana sih “Cara menghasilkan Uang dengan menjadi Influencer di Blog”, gimana dari temanya aja udah menarik banget kan.
Mas Farchan atau yang lebih dikenal dengan @efenerr disemua sosmednya, dan saat ini aktif sebagai Travel Blogger memberikan beberapa tips : 
1. Tentukan Niche tulisan 
Ini nih yang jadi pe er dari jaman blog aku masih gratisan sampai sekarang udah pake bayar-bayaran, konsisten di satu niche tulisan itu gak gampang gaess, butuh perjuangan yang tingkat dewa. Padahal si Niche tulisan ini yang nantinya bakal berkaitan sama personal branding kita nih dimasa depan,, eaa.
2. Langsung Tulis Ide Tulisan
Pe er aku juga nih mas Farchan, udh tau anaknya suka lupaan, kalo ada ide tuh gak langsung aku tulis, malah didieumin aja, sampe kadang-kadang banyak terlupakan. 
Jadi seharusnya kalau kita punya ide tulisan langsung realisasikan, jangan sampai ide itu hilang menguap begitu aja, atau malah keduluan sama orang lain idenya.
3. Survey dan Perbandingan
Setelah kita menuliskan ide-ide kita, coba lakukan survey kecil-kecilan dengan cara cari data di internet apakah ide kita sudah pernah ada yang gunakan atau belum, apabila belum ya amanlah ya, tapi kalau sudah pernah ada yang gunakan kita bisa explore lagi ide kita tetapi dengan cara penyampaian yang baru.
4. Editing
Kek-nya dalam hal ini mas farchan sama juga kayak aku, lebih lamaan ngedit tulisan daripada pas nulisnya. Karna saat edit pasti kita bakalan nemuin banyak kejanggalan dalam tulisan kita, mulai dari typo yang tak berkesudahan,  penyebutan aku-saya-gue, yang kadang sesuai mood, sehingga gak konsisten, serta emosi yang kadang sangat berpengaruh sama gaya tulisan kita. Belum lagi milihin foto yang mana yang bakal dipakai, pokoknya proses editing tuh juarak banet deh.
4. Publish and Share
Setelah melalui proses yang menjelimet bak menemukan jarum dalam jerami, lebay wooii, marilah kita sama-sama mengucapkan basmalah kembali untuk menekan tombol publish, agar tulisan kita yang kece badai cetar membahana itu gak hanya dinikmati oleh kita sendiri, tapi bisa juga menjadi informasi bagi orang lain. Setelah publish jangan lupa share tulisan kita di sosial media, agar laebih mudah ditemukan oleh teman-teman lain yang mungkin sedang menunggu tulisan kita, jangan diam-diam aja gak ada kabar ya menunggu gak bisa sebercanda itu gaes.
Gimana nih Tips dari mas farchan, bisa banget kan buat kita realisasikan, kuy lah.
Selanjutnya ada mbak cantik yang dari awal aku lihat sudah mencuri perhatianku, dan ternyata benar aja ini lhoh yang jadi narasumber hari ini temen tentang personal branding. Jadi apasih Personal Branding itu Personal Branding dapat diartikan sebagai bagaimana orang-orang mengenal kamu seperti apa. Contoh misal saat kita mendengar kata “Raisa” kalo dipikiran aku sih muncul kata, penyanyi, cantik, ramah. Berarti kurang lebih Raisa itu adalah seorang penyanyi wanita yang cantik dan ramah. 
Jadi untuk membangun personal branding ada beberapa tips yang diberikan olli
1. Kenali Diri Kita
Pastinya sebelum kita membranding diri kita seperti apa, kita harus tau dulu dong ya kebiasaan kita apa, apa yang kita sukai dan gak kita sukai, yang terpenting adalah harus tau kemampuan kita apa.

2. Konsisten
Nah ini pemirsa yang sulit, kadang kan kita sebagai manusia sangat mudah tergoda dengan perubahan-perubahan atau hal baru, boleh sih ngikutin tren tapi jangan sampai kita kehilangan jati diri ya.
3. Sesuaikan Branding Dengan Kemampuan
Jangan memaksakan membranding diri kita menjadi seseorang yang bukan diri kita, jadi harus sejalan lah sama kepribadian kita.
Last but not least, mas dimas sudah siap nih buat kasih bocoran gimana caranya menghasilkan uang dari Blog. Tapi sebelumnya kita harus tau sebagai Blogger kita bisa menghasilkan uang dari apa saja sih ??
  • Iklan di Blog
  • Kolaborasi dengan Brand
  • Marketing Campaign
  • Konten Sponsored (Sponsored Post)
  • Pembicara di Acara

Nah ini dia tips-tips dari Dimas Novriandi untuk menghasilkan uang dari Blog:
1. Pilih Niche Tulisan
Kek-nya niche tulisan memang jadi hal penting ya gaes, mas farchan sm mas dimas satu suara nih buat hal ini, baeklah, harus direalisasikan. 
2. Be Yourself
Jdi diri kita sendiri dan jangan meniru orang lain, kita harus menciptakan gaya kita sendiri, inget gaes personal branding yes.
3. Buat Konten yang berkualitas dan konsisten
Content Is King, huufft.. satu kalimat dengan berjuta makna. Intinya buatlah tulisan sebaik mungkin, kapanpun dan dimanapun.
4. Jangan selalu berorientasi pada penghasilan
Jadi jangan cuma ngblog untuk mengharapkan uang ya, ada atau tidak nya penghasilan dari blog harus tetep konsisten menulis, kesian kalau blog kita gak di update, kesepian nanti dia, gak ada yang berkunjung juga.
5. Promote Diri dengan Media Kit
Media kit adalah suatu media yang berisi informasi tentang data kita, serta portofolio pekerjaan, biasanya ditujukan untuk kerjasama pada perusahaan.  Kalau istilah mas Dimas sih Jual Diri kita melalui Media Kit, jangan nunggu Brand atau perusahaan nyari kita buat kerjasama, tapi kita harus inisiatif kirim data kita pada calon klien. 
Dalam media kit tuliskan apa kelebihan dan hal-hal yang kita kuasai, apabila pernah kerjasama dengan brand lain sertakan juga sebagai bukti bahwa kita bisa bekerjasama secara profesional, dan juga jangan lupa update terus media kitnya.
Jangan bosan ya menyebar media kit kita pada calon klien, karena pastinya butuh kesabaran menanti kabar baik datang.

Gimana Gaess, ilmunya mantep-mantep bangetkan, jangan lupa direalisasikan ya, siapa tau rezekinya mengalir terus dari ngblog.
Oke cerita aku tentang Kumpul Blogger BPK, dicukupkan ya, kalau ada yang mau sharing ilmu boleh banget lho ditulis di kolom komentar. 

18 Comments

  1. Dunia Faisol 18 Maret 2018
  2. Rani Yulianty 23 Maret 2018
  3. Ruli retno 23 Maret 2018
  4. Marfa U 23 Maret 2018
  5. Diah Kusumastuti 23 Maret 2018
  6. Ali Muakhir 23 Maret 2018
  7. Zefy 23 Maret 2018
  8. April Hamsa 24 Maret 2018
  9. William Giovanni 24 Maret 2018
  10. Jiah 24 Maret 2018
  11. Tarry Kitty 24 Maret 2018
  12. Dikki Cantona Putra 24 Maret 2018
  13. Widya Herma 24 Maret 2018
  14. Sally Fauzi 24 Maret 2018
  15. Yesi Intasari 24 Maret 2018
  16. unggulcenter 24 Maret 2018
  17. Ajen Angelina 24 Maret 2018

Leave a Reply

Follow Me on Instagram