Life Style

5 Tips Menjaga Kesehatan Saat Umroh Agar Tetap Fit

Beberapa minggu yang lalu aku sempat melihat postingan sosial media teman yang akan menunaikan ibadah umroh, dalam hati kemudian aku berdoa ” Yaa Alloh semoga aku juga bisa segera memenuhi panggilanmu ke tanah suci”. Dan secara gak sadar aku mencari informasi tentang paket umroh, kemudian menemukan informasi tentang Paket Umroh Desember.

Pada dasarnya umroh memang tidak termasuk pada rukun islam, karena berhajilah yang menjadi perintah utama bagi umat muslim yang sudah sampai pada nisabnya. Tetapi umroh juga menjadi salah satu ibadah yang disukai oleh Alloh SWT.

Ibadah umroh ini harus dipersiapkan dengan matang, selain dari segi biaya yang tidak sedikit, waktu yang tidak tidak pendek, serta perbedaan cuaca mewajibkan kita untuk mempersiapan fisik yang prima.
Nah mumpung paket umroh yang tadi aku lihat masih cukup lama yaitu di bulan desember, aku bisa menyiapkan terlebih dahulu hal apa saja yang diperlukan untuk berangkat umroh.

Berbicara tentang cuaca, aku pernah baca informasi bahwa di daerah mekah cuaca tuh ekstrim banget. Kalau siang panas banget dan saat malem bisa dingin banget. Makanya harus pintar jaga kesehatan biar tubuhh bisa cepat beradaptasi.

5 Tips Menjaga Kesehatan Saat Umroh Agar Tetap Fit :

1. Persiapkan Pakaian Yang Cocok

Usahakan membawa pakaian dengan bahan yang bisa menghangatkan untuk di malam hari dan yang adem saat dipakai siang hari. Untuk pakaian wajib yaitu pakaian ihram, sisanya bisa kita sesuaikan saja. Bagi wanita memilih jilbab yang pas juga sangat penting agar bisa tetap nyaman saat beribadah umroh.

2. Mengkonsumsi Air Mineral

Ini sudah menjadi hal mutlak ya, harus cukup mengkonsumsi air mineral agar tidak dehidrasi. Minimal 2 liter atau 8 gelas per hari, kalau bisa dilebihkan, kan saat umroh kita banyak melakukan aktivitas diluar ruangan.

3. Sedia Obat-obatan Pribadi

Untuk kondisi badan memang kita tidak pernah tahu aka bagaimana disana, terlebih setelah perjalanan yang cukup panjang dari Indonesia menuju Mekkah. Meskipun di sana pasti tersedia bantuan medis, tapi sebaiknya kita membawa obat-obatan pribadi untuk pertolongan pertama apabila sakit.

4. Gunakan Skin Care Routine

Perubahan cuaca yang ekstrim pastinya juga berpengaruh pada kondisi kulit kita. Sinar matahari yang berlimpah bisa merusak kelembaba kulit wajah serta tubuh, Udara dan air baru juga terkadang bisa membuat wajah breakout.
Maka kita harus tetap merawat kulit minimal selalu melakukan double cleansing, mengaplikasikan moisturizer dan menggunakan sunscreen pada kulit wajah dan badan, serta menggunakan lipbalm untuk bibir.

5. Vaksin

Yang terakhir dan kayaknya ini paling penting, sebelum berangkat umroh jangan sampaii terlewat melakukan vaksinasi. Di mekah kita akan berkumpul dengan berbagai macam manusia dari berbagai negara, tentunya kemungkinan terjangkit penyakit cukup besar. Sehingga pemerintah indonesia mewajibkan melakukan vaksinasi untuk seluruh jamaah umroh dan juga haji.

Selain persiapan fisik seperti yang udah aku infokan yang terpenting kita juga harus siapkan hati yang bersih, niat dengan ikhlas untuk beribadah kepada Alloh SWT agar ibadah kita bisa diterima oleh Alloh SWT.

Mengenai biaya umroh sendiri kita tidak perlu khawatir karena ada banyak paket Umroh Promo yang bisa kita pilih sesuai kemampuan. Nah mumpung masih muda dan belum mempunyai banyak tanggungan aku mau mulai menabung buat biaya umroh. Semoga kita bisa disegerakan untuk memenuhi panggila ke tanah suci ya.

Leave a Reply

Follow Me on Instagram