Life Style

5 Cara Berwisata Menikmati Keindahan Alam Indonesia Tanpa Harus Merusak Alam! Liburan Tetap Seru, Alam Tetap Terjaga

Indonesia negeriku, orangnya lucu-lucu
Macam-macam budayanya
Indonesia tercinta, orangnya ramah-ramah
Gemah ripah loh ji nawi

Aku tumbuh besar dengan mendengarkan lagu Trio Kwek Kwek yang berjudul “Katanya” itu. Semakin bertambah besar aku semakin bisa melihat dan menyadari betapa indahnya alam Indonesia ini.
Dulu aku berharap kalau suatu aku akan mendapatkan kesempatan berkeliling Indonesia, berwisata menikmati kecantikan Indonesia. Alhamdulillah, meski belum sampai berkesempatan ke seluruh Indonesia, tapi paling enggak sampai saat ini aku sudah cukup bahagia menikmati wisata ke beberapa wilayah di Indonesia.

Bukan sekadar di Pulau Jawa saja, tapi juga beberapa tempat di luar pulau. Bangga banget rasanya jadi orang Indonesia, karena semuanya selalu menawarkan keindahan alam dan keragaman budaya.
Kalau ditanya tempat wisata mana di Indonesia yang pernah aku kunjungi yang menurut aku paling indah, susah banget jawabnya.

Semuanya punya daya tarik tersendiri, meninggalkan kenangan dan cerita-cerita tersendiri. Seperti Bromo yang tampak begitu gagah ketika matahari mulai terbit, atau bagaimana pantai-pantai di Malang menjadi saksi bisu aku menghabiskan waktu bersama sahabat-sahabat terbaik aku, juga Pontianak yang mengenalkan aku pada ragam kuliner baru yang sebelumnya belum pernah aku coba.

Tapi bukan cuma tempat-tempat yang jauh-jauh dari aku kok yang memesona. Tak jauh dari tempat aku, Pangandaran juga menjadi bukti betapa indahnya Indonesia. Pangandaran bukan cuma menawarkan pantai lho. Tapi ada juga wisata alam lainnya seperti air terjun. Dan di Pangandaran ini juga terdapat cagar alam, tempat bernaungnya beragam flora dan fauna.

Sebagai warga Indonesia, tentunya aku wajib menjaga kelestarian semua keindahan alam Indonesia ini. Mulai dari menjaga alam, flora dan fauna, hingga budaya Indonesia. Kadang suka dilema, ketika ada tempat wisata yang viral.

Di satu sisi, tentunya semakin ramai pengunjung yang datang ke suatu daerah, pastinya ini akan baik untuk ekonomi daerah tersebut. Tapi sedih ketika akhirnya tempat wisata itu jadi kotor dan rusak akibat para wisatawan yang kurang bisa menjaga lingkungan.

Gara-gara enggak sedikit tempat wisata yang jadi rusak akibat tangan-tangan usil wisatawan, para traveler kadang jadi enggak suka memberitahu wilayah yang dia kunjungi dan berpontensi jadi tempat wisata baru. Padahal kalau dijadikan tempat wisata kan bisa membatu meningkatkan ekonomi. Serba salah kan?

5 Cara Menikmati Liburan Kamu Tanpa Harus Merusak Alam

Tapi sebenarnya enggak perlu sampai seperti itu. Yang paling penting adalah kita harus tahu bagaimana cara berwisata tanpa merusak alam. Kalau aku sih insya Allah selalu berusaha bijak setiap kali pergi-pergi ke suatu tempat. Gimana sih caranya biar kita tetap bisa berwisata tanpa merusak alam? Sini, aku kasih tahu beberapa caranya.

1. Patuhi aturan yang ada di lokasi wisata

Setiap lokasi wisata tentunya punya aturannya sendiri-sendiri. Umumnya aturan di lokasi wisata ini tertera di bagian depan lokasi wisata, kadang di dekat gerbangnya. Nah baca baik-baik peraturan yang tertera, dan patuhi.

Aturan-aturan yang dibuat bisanya bukan sekadar untuk membuat wisatawan aman dan merasa nyaman saja, tapi juga untuk melindungi kelestarian lokasi wisata.

2. Buang sampah sesuai kategori yang tertera di tempat sampah

Buanglah sampah di tempatnya! Jelas dong. Tapi sekarang, yang harus mulai diperhatikan adalah kategori sampahnya itu sendiri. Apakah itu sampah plastik, sampah basah, atau sampah kering.

Terus bagaimana bila di lokasi wisata itu tidak ditemukan tempat sampah? Biasakan bawa kantong untuk membawa kembali sampah-sampah kita sampai ketemu tempat sampah dong. Jangan pernah membuang sampah sembarangan. Termasuk puntung rokok. Sekecil apa pun sampah yang kita tinggalkan, bisa membuat alam jadi kotor dan rusak.

3. Jangan merusak

Take nothing but footprints, take nothing but memories. Sekarang tulisan-tulisan seperti itu mulai sering dipasang di tempat wisata. Setuju banget. Jangan pernah merusak apa pun, seperti mencoret-coret, mencabut tanaman, menginjak terumbu karang, hingga membawa pulang terumbu karang untuk kenang-kenangan. Jangan ya.

Cukup bawa pulang kenangannya aja. Kan bisa buat foto-foto yang banyak untuk kenangan. Liburan kamu tetap akan seru kok dengan menikmati pemandangan alam aja, tanpa harus merusak.

4. Tak perlu memaksakan diri ke tempat yang sedang viral dan ramai

Pernah enggak pulang liburan justru merasa bad mood karena tempat wisata yang kamu kunjungi dipadati banyak wisatawan? Makanya, enggak perlu memaksakan diri untuk liburan ke tempat yang sedang viral dan ramai.

Bukan saja bikin kita jadi BT karena enggak puas menikmati tempat wisata, tapi kondisi tempat wisata yang terlalu ramai juga cenderung membuat lokasi tersebut jadi rusak dan kotor. Cari saja tempat-tempat wisata baru. Indonesia kaya akan keindahan alam.

5. Ikut kegiatan wisata konservasi alam

Bantu jaga kelestarian alam dengan mengikuti kegiatan wisata konservasi alam. Seru lho. Seperti melepas tukik, menanam bakau, atau revitalisasi terumbu karang. Seru banget pastinya itu. Dan yang lebih penting, kita turut membantu melestarikan alam.

Indonesia penuh dengan keanekaragaman budaya, flora, fauna, alam yang harus kita jaga. Jangan sampai rusak atau hilang, hingga nanti anak cucu kita tidak dapat menikmatinya. Yuk, selalu berwisata tanpa merusak alam. Semoga 5 tips dari aku ini bisa bermanfaat ya.

Leave a Reply

Follow Me on Instagram