Life Style

5 Tips Agar Meningkatkan Produktivitas Kerja

Apakah kamu merasa tidak produktif dalam bekerja? Atau bahkan banyak target-target yang seharusnya mudah dilakukan tapi tidak tercapai sesuai temponya?

Mungkin hal-hal ini disebabkan oleh banyaknya faktor yang bisa terjadi. Mulai dari gangguan di sekitarmu, tidak adanya perencanaan, atau tidak bisa memilih mana pekerjaan yang urgen atau tidak.

Berikut ini ada beberapa tips yang bisa membuat produktivitasmu meningkat!

Lakukan perencanaan kerja

Perencanaan kerja yang baik akan lebih memudahkanmu untuk menentukan langkah-langkah strategis agar tercapainya suatu tujuan.
Perencanaan ini terdapat perkiraan waktu pengerjaan, metode untuk mengerjakannya, modal yang dibutuhkan, serta target yang ingin didapatkan.

Dengan melakukan perencanaan yang sudah dibuat bisa mendapatkan hasil yang lebih memuaskan dan tertarget. Apabila tidak memiliki perencanaan maka biasanya tidak menghasilkan pekerjaan yang optimal.

Kamu bisa membuat perencanaan yang sederhana untuk mencapai target yang kecil dahulu sebelum membuat perencanaan untuk menyelesaikan pekerjaan yang lebih besar.

Fokus pada prioritas

Setelah rencana kerja kamu buat maka langkah selanjutnya adalah membagi skala prioritas dalam setiap tindakan atau pekerjaan. Skala ini tentu berbeda tergantung urgent dan tenggang waktu yang tersisa.
Jika sudah membaginya maka tinggal melakukan prioritas yang paling tinggi saja. Lakukan dengan cepat dan cermat agar tidak ada pengulangan terhadap pekerjaan tersebut.

Jika pekerjaan yang urgen sudah dilakukan maka tekanan pekerjaan akan lebih menurun sehingga bisa fokus menyelesaikan pekerjaan lain dengan tingkat urgen rendah.

Hindari adanya gangguan

Saat melakukan pekerjaan sebaiknya hindari semua kemungkinan yang dapat mengganggu aktivitasmu. Mulai dari faktor internal sampai faktor eksternal yang bisa membuat pekerjaan menjadi tidak maksimal.
Faktor internal biasanya karena dipengaruhi perasaan (mood), beban pikiran, sampai ketakutan jika target tidak terpenuhi. Sedangkan faktor eksternal yang mempengaruhi seperti kebisingan, orang lain yang tiba-tiba datang, atau bahkan mati lampu dadakan.

Banyak hal yang tidak bisa dikontrol karena bukan dari diri sendiri, maka dari itu perlu sebisa mungkin mengantisipasinya agar tidak menjadi masalah saat menyelesaikan pekerjaan.

Identifikasi jenis gangguan apa saja yang sekiranya bisa terjadi dan bagaimana cara untuk menghindarinya.
Untuk menyelesaikan gangguan akibat faktor internal, sebaiknya gunakan cara-cara pendekatan untuk mengenali apa yang menjadi masalahnya dan bagaimana cara meredamnya sesaat.

Selesaikan target kecil

Dalam satu waktu bisa saja ada banyak pekerjaan yang berdatangan. Mulai dari pekerjaan yang kecil hingga pekerjaan yang besar.

Apabila sebelumnya sudah memilah mana pekerjaan yang harus diselesaikan dengan cepat dan mana yang tidak, maka langkah selanjutnya bisa mengerjakannya dari yang terkecil dahulu.
Biasanya waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan kecil ini lebih cepat sehingga bisa melanjutkan ke pekerjaan lebih besar dalam waktu yang singkat.

Jika mengerjakan pekerjaan yang besar terlebih dahulu bisa terjebak dalam masalah yang memakan waktu lebih lama sehingga pekerjaan kecil tidak terurus.
Rutin evaluasi
Setelah menyelesaikan pekerjaan entah itu berhasil atau tidak, tetap harus melakukan evaluasi rutin. Evaluasi ini untuk mengetahui efektivitas dari strategi yang kamu lakukan, penyelesaian masalah, serta perencanaan yang lebih sesuai dikemudian hari.
Dalam evaluasi ini, kamu harus menyusun kembali strategi untuk menyelesaikan pekerjaan yang jauh lebih besar atau lebih optimal lagi.
Bisa juga bertanya kepada sesame rekan kerja atau atasan untuk mendapatkan metode yang lebih efektif.
Itulah beberapa cara agar dapat meningkatkan produktivitas dengan hasil yang maksimal.
Kamu bisa terus melatihnya hingga dapat beradaptasi dengan strategi baru untuk menyelesaikan pekerjaan apapun ke depannya.

Jika dirasa beban pekerjaan terlalu banyak mungkin bisa jadi saatnya untuk mencari lowongan kerja baru. Salah satu situs untuk mencari kerja adalah TopKarir yang memungkinkan kamu menemukan pekerjaan yang salama ini kamu impikan.

Leave a Reply

Follow Me on Instagram