6 Wisata Alam Jogja yang Eksotis dan Menenangkan

Wisata alam Jogja tidak pernah mengecewakan. Sebagai satu-satunya daerah istimewa, Yogyakarta memiliki berbagai wisata alam yang menarik. Karena itulah banyak pengunjung yang rela meluangkan waktunya untuk berlibur ke Jogja.

Bagi kamu yang tertarik ke Daerah Istimewa Yogyakarta, jangan lupa untuk berkunjung ke beberapa tempat wisata berikut. Tempat mana yang dimaksud? Yuk simak pembahasannya.

1. Goa Pindul
Siapa yang tidak kenal Goa Pindul? Wisata alam di Gelaran, Bejiharjo, Gunung Kidul ini menawarkan pemandangan goa yang dipenuhi stalaktit dan stalakmit seperti goa pada umumnya. Hal yang membuat beda dan menarik adalah kamu bisa mencoba kegiatan rafting.

Goa Pindul buka mulai jam 06.30 dan tutup pukul 5 sore, jadi pastikan kamu datang saat jam tersebut. Untuk biaya masuknya, kamu akan dikenai biaya masuk ke kawasan Goa Pindul (Rp 10.000,-), biaya ke Goa Pindul (Rp 35.000,-), dan biaya parkir (Rp 2000,- hingga Rp 5000,-). Harga bisa naik turun tergantung kebijakan yang ada.

2. Air Terjun Sri Gethuk
Air terjun Sri Gethuk yang terkenal dengan pemandangan indahnya ini terletak di Bleberan, Playen, Gunung Kidul. Untuk mencapai air terjun, kamu harus berjalan melewati sawah atau bisa juga menaiki rakit melewati sungai Oyo.

Biaya yang harus dibayar jika ingin ke air terjun mempesona satu ini hanya Rp 15.000,-. Biaya tersebut bisa digunakan juga untuk memasuki Goa Rancang Kencono.

3. Goa Kalisuci
Goa Kalisuci sudah digunakan untuk rafting sejak dulu, bahkan sebelum terkenalnya Goa Pindul. Goa yang terletak di Pacarejo, Semanu, Gunung Kidul ini menawarkan pemandangan mempesona bukit karst dan sungai bawah tanah yang mengalir di goa. Untuk bisa rafting di Goa Kalisuci, kamu akan ditarik biaya sebesar Rp 80.000,-.

4. Kalibiru
Jika kamu ingin ke tempat selain Gunung Kidul, kamu bisa ke Kulon Progo. Di Kulon Progo terdapat kalibiru yang memiliki spot foto hits. Kalibiru terletak di Jalan Waduk Sermo, Hargowilis, Kokap.
Pemandangan yang bisa kamu dapatkan di Kalibiru adalah pemandangan bukit Menoreh dan waduk Sermo. Biaya yang harus dikeluarkan saat ke Kalibiru adalah Rp 5000,- belum termasuk biaya parkir dan biaya spot foto.

5. Pantai Goa Cemara
Wisata alam selanjutnya adalah Pantai Goa Cemara. Pantai Goa Cemara sangat pas untuk refreshing dan melepas penat karena banyak pepohonan cemara yang bisa untuk berteduh sembari memandang lautan.

Pantai Goa Cemara terletak di Jalan Lintas Selatan, Gadingsari, Sanden, Bantul. Untuk memasukinya, anda harus mengeluarkan biaya sebesar Rp 10.000,-. Biaya masuk ini bisa naik turun tergantung hari (hari biasa turun, hari libur naik).

Biaya yang dikeluarkan tersebut termasuk biaya ke pantai lain yang sejalur seperti pantai Samas, Dewa Ruci, Pandansari, Kuwaru, Baru, dan Pandansimo. Jadi manfaatkan dengan mengunjungi pantai indah lainnya.

6. Lereng Gunung Merapi
Wisata alam erat kaitannya dengan lereng Gunung Merapi yang berlokasi di kabupaten Sleman (Kaliurang, Pakem). Di lereng gunung merapi kamu banyak spot wisata yang bisa kamu nikmati seperti Kaliadem, Bunker Kaliadem, makam mbah maridjan, Bukit Kali Kuning, Bukit Klangon, Batu Alien, dan masih banyak lainnya.

Bagaimana? Kamu tertarik berkunjung ke Jogja untuk menikmati wisata alamnya? Jika iya, kamu bisa langsung menginstal aplikasi TRAC. TRAC merupakan aplikasi rental mobil online dengan banyak pilihan kendaraan. Dengan aplikasi ini, kamu bisa rental mobil dengan mudah. Lalu bagaimana harganya?

Harga Rental Mobil di aplikasi TRAC to go sangat bersaing dan juga banyak promonya. Jadi, jangan lupa untuk menyewa mobil via aplikasi TRAC agar liburanmu ke wisata alam Jogja jadi lebih mudah.

14 thoughts on “6 Wisata Alam Jogja yang Eksotis dan Menenangkan”

  1. Wah aku baru pernah ke-2 dari 6 tempat wisata di situ. Aku pengen banget rafting di Goa Kalisuci. Kayaknya seru banget ya. Kalibiru juga oke sih. Duh bingung. Wahahaha. Setelah korona selesai, mungkin akan nyobain road tour pake TRAC ya biar mudah dan hassle free

    Reply
  2. Dari semua list, baru Merapi doang itu pun enggak sempet sampe Larva Tournya karena sampe kaliurangnya kesorean.

    Terus baca post dari Kak Mude ini makin pengin ke Jogja dong. Kayaknya selepas masa di rumah aja berakhir bakalan banyak list tempat yang mau dikunjungi nih

    Reply
  3. Jujur, ya, menurutku, Jogja itu sudah nampol dengan seni dan budaya. Jadi kalau ke Jogja ya cuma itu yang terbayang. Ga kepikiran wisata alam padahal pastinya banyak juga.
    6 pilihan di atas, semoga aku bisa mencobanya. Aamiin…

    Reply
  4. Asik niih…Ada Rekomendasi wisata Jogja.
    Secara kalau ke Jogja, ke situ lagi, ke situ lagi.
    Mana hayooo..?
    Hehee..malah nanya yaak..
    Ke Malioboro, keraton, Taman pintar.
    Kita belum eksplor keindahan alamnya.

    Reply
  5. Kangeeen wisata ke Yogya terlebih lagi ke wisata alamnya. Apa kabar Yogya ya mbak 🙁
    Semoga pandemi lekas usai dan bisa ke sana lagi yaa. Aku nih ada janjian ma sepupu mau ke sana, tapi blm jd, eh udah pandemi duluan 🙁

    Reply
  6. Dari keenam wisata alam jogja tersebut, saya baru sempat berkunjung ke lereng Gunung Merapi saja. Ikut Lava Tournya yang seruu!
    Kapan-kapan pengen ke Gua Pindul atau Kalibiru. Semoga pandemi ini bisa segera berakahir, aamiin

    Reply
  7. hah dari keenam daftar aku mencoba mencari yang pernah aku kunjungi dan ternyata aku belum mengunjungi keenam ini, kasihan sekali oo kasihan. Aku sudah lama sih ingin ke Kalibiru sama Lereng Gunung Merapi :’))) bismillah abis wabah kelar ke sini ah ayok ayoook

    Reply

Leave a comment