Life Style

Apa itu Asuransi Jiwa Berjangka? Dan Apa Keuntunganya?

Ada yang pernah mendengar istilah asuransi jiwa berjangka? Hmm aku pernah sih tapi belum paham betul, nah yuk kita coba bahas bareng-bareng tentang asuransi jiwa berjangka ini.

Asuransi jiwa berjangka biasa dikenal dengan term life insurance yang artinya adalah produk asuransi yang menyangkut jiwa yang dapat memberikan perlindungan terhadap jiwa dalam kurun waktu tertentu. Seperti 5 tahun, 10 tahun, 2010 tahun atau bisa juga sampai usia tertentu.

Asuransi berjangka ini sendiri memiliki karakteristik yang menjadi ciri utamanya. Seperti iuran premi yang tergolong rendah, asuransi yang dapat dikombinasikan dengan asuransi lain seperti asuransi kecelakaan dan kesehatan, polisnya dapat dikonversikan secara fleksibel menjadi dwiguna atau asuransi seumur hidup.

Agar informasi mengenai asuransi jenis ini bisa dipahami lebih jauh, berikut adalah serba-serbi mengenai life insurance serta keuntungan yang bisa didapatkan untuk Anda ketahui:

Pengertian Asuransi Jiwa Berjangka

Term life insurance atau asuransi berjangka ini memiliki fungsi sebagai pemberi proteksi kepada yang memiliki asuransi dalam jangka waktu tertentu saja. Biasanya, jangka waktu yang diberikan oleh asuransi ini ialah 5, 10, atau sampai dengan 20 tahun dengan premi tetap dan juga terhitung sangat terjangkau dibandingkan jenis asuransi yang lainnya.

Asuransi ini cocok untuk Anda yang memiliki keinginan akan biaya atau kompensasi asuransi besar namun terbatas pada kemampuan finansial. Jika Anda memiliki buah hati yang ingin diberikan pendidikan dengan layak sampai perguruan tinggi, Anda bisa memilih asuransi ini sebagai antisipasi.

Penetapan premi asuransi ini ditetapkan berdasarkan beberapa faktor seperti usia, jenis kelamin, pekerjaan, kondisi kesehatan orang yang akan memegang polis, riwayat penyakit dari keluarga, penggunaan obat-obatan tertentu dan juga statusnya sebagai perokok aktif atau pasif.

Keuntungan yang Didapatkan

Terdapat beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari jenis asuransi jiwa yang satu ini. Keuntungan yang pertama adalah Anda akan memiliki kebebasan dalam menentukan besarnya premi yang tentunya akan disesuaikan dengan kemampuan Anda secara finansial. Selain itu, uang tanggungan yang dapat Anda peroleh nantinya bisa mencapai angka hingga miliaran rupiah. Menggiurkan sekali, bukan?

Hal tersebut memiliki arti bahwa jika seseorang yang memiliki asuransi tersebut meninggal dunia pada saar masa kontraknya dengan perusahaan asuransi masih dalam keadaan aktif, maka keluarganya akan mendapatkan uang kompensasi atau pertanggungan yang sangat besar.

Contoh, jika seorang kepala keluarga meninggal dunia saat ia masih aktif dalam membayar premi asuransi, istri dan anaknya akan mendapatkan pertanggungan asuransi yang dimiliki sang ayah dalam kurun waktu beberapa tahun.
Itulah pengertian dan juga keuntungan dari term life insurance.

Jadi, bagi Anda yang memiliki kemampuan finansial terbatas namun juga sangat sadar akan pentingnya asuransi bagi diri sendiri dan juga keluarga, asuransi jiwa berjangka ini adalah pilihan yang tepat untuk Anda miliki.

One Response

  1. masirwin 17 Oktober 2019

Leave a Reply

Follow Me on Instagram