Life Style

Belajar Mengelola dan Mencegah Diabetes selama Pandemi Bersama Sun life Indonesia

Saat mendengar kata diabetes rasanya langsung terbayang bagaimana berbahayanya penyakit ini, sudah ribuan nyawa yang tidak tertolong karena penyakit diabetes. Penyakit yang juga dikenal dengan penyakit gula ini menjadi salah satu penyakit dengan risiko kematian tertinggi di dunia termasuk di Indonesia.

Pada Bulan November kemarin diperingati sebagai Bulan Awareness Diabetes, ini menjadi pengingat kita agar lebih aware lagi pada kesehatan dan sebisa mungkin menghindari yang namanya penyakit diabetes.

Seperti yang kita tahu sampai saat ini kita masih menghadapi pandemi yang belum tahu kapan berakhirnya, sehingga kita harus lebih waspada untuk menjaga kesehatan dan mengatur pola hidup.

Berdasarkan tulisan : Karyono, D.R., et al journal Of Community Empowerment For Health. 2020: 3(2) 77.
“ Data yang diperoleh dari 700 Pasien Covid-19 antara Maret-Mei 2020 Menunjukan ada 3 komorbid terbesar , yaitu :
1. Darah Tinggi (52,1%)
2. Diabetes (33,6%)
3. Penyakit Jantung (20,9%)”

Oleh karena itu perlu adanya pemahaman serta pengetahuan yang cukup untuk bisa membantu orang-orang mengendalikan dan mencegah diabetes, terutama selama masa pandemi.

Aku sendiri pun masih agak asing dengan cara pencegahan diabetes, hanya sekedar tahu bahwa ada diabetes basah dan diabetes kering tanpa tahu bagaimana penyakit tersebut.

Kadang secara tidak sadar gaya hidup kita bisa menyebabkan terkena diabetes, seperti : banyak mengkonsumsi minuman manis kemasan, makan junk food, dan jarang berolahraga.

Sun Life Indonesia Peduli Diabetes

Sun Life Indonesia, menjadi salah satu perusahaan yang memiliki kepedulian tinggi terhadap diabetes. Ditunjukkan dengan komitmennya melawan diabetes sejak tahun 2015. Beragam program sudah dijalankan, terutama melalui kolaborasi bersama RSCM.

Tahun ini, Sun Life Indonesia bersama dengan RSCM dan Tropicana Slim kembali berkolaborasi mengadakan webinar dengan tema: Mengelola dan Mencegah Diabetes selama Pandemi.

Ada tiga pembicara yang hadir di acara Webinar ini:
1. Dr. dr. Em Yunir, Sp.PD-KEMD
2. Rendy Dijaya, S.Si, Researcher dari Health & Nutrition Science Nutrifood Research Center, Nutrifood
3. Soraya Larasati, artis serta penggiat olahraga

Webinar : Mengelola dan Mencegah Diabetes selama Pandemi

Sebenarnya kalau kondisi normal aku lebih senang bisa hadir di acara talkshow secara langsung, tapi karna masa peandemi seperti ini diganti dengan webinar, tanpa mengurangi manfaat dari acara tentunya.

Tema-nya : Mengelola dan Mencegah Diabetes selama Pandemi. Dr. Em Yunir banyak memberikan informasi seputar mengenai rentannya infeksi covid-19 pada penderita diabetes.

Beberapa hal yang menjadi penyebab kerentanan tersebut adalah :
1. Fungsi Sel darah putih menurun
2. Respon Imun yang lambat
3. Gangguan pada sel Inflamasi
4. Badai Sitokin

Nah kita juga diinformasikan oleh Sun Life Indonesia cara mudah yang bisa Kita coba untuk mencegah diabetes pada diri kita, caranya adalah : ABC.

A = A1c Hemoglobin, periksa kadar gula darah
B = Blood Pressure, periksa tekanan darah
C = Cholesterol, periksa kadar kolesterol

Dengan melakukan pengecekan ABC secara rutin dan berkala, kita bisa mengetahui kondisi tubuh kita. Apabila ada gejala menuju Diabetes, kita bisa langsung mendatangi tenaga medis atau dokter untuk diperiksa lebih lanjut. Semoga dengan mendeteksi lebih dini gejala diabetes, kita bisa mencegah di awal fase perkembangan penyakitnya.

Saat webinar kami para peserta diajak untuk mengikuti polling games, tentang Mitos atau fakta seputar diabetes oleh Mas Rendy Dijaya. Ahh cara edukasi menggunakan games seperti ini memang seru ya, ternyata ada beberapa hal yang aku masih ketuker, aku kira mitos ternyata fakta dan sebaliknya, aku kira fakta ternyata Cuma mitos.. hahahaaa

Soraya Larasati juga berbagi cerita tentang hobinya dalam berolahraga, Soraya memberikan tips tentang olahraga yang cocok dilakukan khususnya selama masa pandemi.
1. Lakukan olahraga yang kita suka
2. Lakukan olahraga dengan memperhatikan kemampuan serta kebutuhan tubuh kita
3. Imbangi dengan makanan serta pola hidup yang sehat, seperti tidak sering begadang sehingga mempunyai kualitas tidur yang cukup terutama untuk yang menderita diabetes
Untuk lebih lengkapnya bisa dilihat disini https://www.youtube.com/watch?v=AfKvLS1BeWg

IGLive “Olah Makanan Sehat, Diabetes Lewat” bersama Chef Marinka

Selain talkshow cara Mencegah dan mengelola diabetes, Aku juga mengikuti acara IGLive dengan tema “Olah Makanan Sehat, Diabetes lewat” bersama chef Rinrin Marinka atau akrab disapa chef marinka.

Jadi lebih tau jenis Makanan apa yang cocok dan tidak bagi penderita diabetes. Chef Marinka sendiri menyarankan bisa mengkonsumsi Oatmeal, terutama oatmeal raw. Karna untuk penderita diabetes sangat menghindari gula, maka ada tips untuk mengolah oatmeal menjadi olahan makanan asin.

Kita bisa menambahkan kaldu, bawang dan juga telur untuk menambah sedap rasa makanannya.
Atau apabila kurang suka dengan olahan asin dan ingin mencoba diolah menjadi makanan manis, bisa menggunakan Stevia untuk pemanisnya dan ditambah campuran buah Berry.

Sebenarnya pandemi ini mengajarkan kita banyak hal, terutama masalah kesehatan. Kita diingatkan untuk mengatur ulang hidup kita, mulai terapkan pola hidup sehat bagi yang belum mulai dan bagi yang sudah menerapkan pola hidup sehat, bisa terus meningkatkannya dan juga mengajak lingkungan sekitar kita untuk menjaga pola hidup sehat.

Konsumsi makanan sehat dan juga berolahraga, serta tidak lupa menerapkan 3M : Memakai Masker, Menjaga Jarak serta Mencuci Tangan menggunakan sabun dan air mengalir.

Untuk masalah finansial kita pun disarankan jangan terlalu boros, serta mengatur pengeluaran. Dan yang tidak kalah penting adalah cek proteksi dan segera lengkapi proteksi diri kita.

Salah satu proteksi diri yang bisa kita pilih adalah asuransi dari Sun Life. Buat teman-teman yang ingin tahu lebih lanjut tentang asuransi dari sun life bisa cek langsung ya di https://www.sunlife.co.id/id/ , untuk hidup lebih tenang dan nyaman.

Semoga kita bisa terhindar dari berbagai penyakit dan bisa hidup sehat selalu.

Leave a Reply

Follow Me on Instagram