Life Style

Jenis-Jenis Bahan Penambalan Gigi Berlubang

Jenis tambal gigi ternyata ada banyak jenisnya. Jenis ini berhubungan dengan bahan yang digunakannya. Apa saja?

Bahan berwarna silver atau abu-abu

Salah satu bahan yang paling banyak digunakan untuk keperluan tambal gigi berlubang adalah bahan yang memiliki warna silver atau abu-abu. Bahan ini adalah bahan yang memiliki nama Amalgam. Bahan ini merupakan jenis bahan yang sangat populer dalam penambalan gigi. Keberadaan dari bahan ini sudah ada sejak dahulu dan bisa disebut sebagai pilihan satu-satunya dalam penambalan gigi.

Bahan ini merupakan bahan yang banyak dipercaya salah satunya karena ia memiliki daya tahan yang tinggi. Biasanya jenis bahan tambal ini digunakan untuk menambal gigi bagian belakang seperti gigi geraham. Untuk kelebihannya sudah disebutkan bahwa bahan ini adalah bahan tambal yang kuat sedangkan untuk kekurangannya bahan ini memiliki nilai estetika yang rendah. Selain itu bahan ini juga memiliki kandungan bahan merkuri sehingga penggunaan bahan Tambal gigi berlubang saat ini sudah dilarang berdasarkan dengan peraturan kementrian kesehatan RI.

Resin

Bahan lain selain amalgam yang bisa digunakan untuk menambal gigi anda berlubang adalah bahan resin. Bahan ini merupakan salah satu pilihan terbaik dari segi daya tahan dan juga estetiknya. Ya, bahan resin adalah bahan yang memiliki daya tahan yang tinggi dan memiliki warna yang bisa disesuaikan dengan warna gigi anda sehingga tidak terlalu terlihat.
Kelebihan lain dari bahan resin sebagai bahan tambalan gigi adalah karena ia dapat dibentuk dengan muda dan dapat dikeraskan dengan menggunakan penyinaran. Karena memiliki warna yang dapat disesuaikan dengan warna gigi, bahan resin ini juga bisa digunakan untuk menambal gigi bagian depan anda.

Bahan GIC

Bahan GIC atau Glass Ionomer Cement atau dalam bahasa Indonesianya adalah semen ionomer kaca merupakan salah satu jenis bahan penambalan yang memiliki banyak kelebihan dari segi tampilannya. Hal ini disebabkan karena bahan ini memiliki warna putih sehingga dapat menyamar pada gigi anda. Selain itu bahan ini juga memiliki kelebihan berupa kemampuannya untuk melepaskan fluoride sehingga selain menutup gigi berlubang ia juga dapat mencegah munculnya lubang pada gigi lainnya.

Sayangnya penggunaan dari bahan GIC ini tidak bisa bertahan lama dan tidak bisa juga digunakan dalam jumlah yang besar. Untuk daya tahannya, Daya tahan bahan Tambal gigi berlubang ini kurang dari 5 tahun dan penggunaannya hanya untuk penambalan bagian lubang gigi yang kecil saja.

Emas kuning

Bahan ini adalah bahan penambalan gigi yang paling mahal hal ini disebabkan karena bahan ini dibuat dari emas yang dicampur dengan menggunakan logam lain. Namun dari segi daya tahan, kemampuan bahan emas kuning ini tidak kalah dengan bahan Amalgam yang mampu bertahan hingga 20 tahun. Untuk bahan ini kemampuan daya tahannya adalah sekitar 15 tahun. Kelebihan lain dari Tambal gigi berlubang ini adalah kemampuannya yang kuat untuk mengunyah seperti gigi asli.

Leave a Reply

Follow Me on Instagram