Life Style

Kelebihan Cek Jadwal KAI Via Online

Kamu suka traveling? Sedang merencanakan perjalanan wisata untuk menghabiskan libur akhir pekan? Lalu moda transportasi apa yang ingin kamu gunakan? Apakah kamu akan menggunakan pesawat, bis atau kereta api? Apapun moda transportasi pilihanmu, sebaiknya booking tiketnya dari jauh-jauh hari. Sehingga kamu tidak akan kehabisan tiket dan perjalananmu bisa berjalan dengan lancar.

Bila kamu ingin menggunakan kereta, sebelum memesan tiket yang cocok tentunya kamu harus mengecek jadwal kereta kai disini. Pengecekan ini, sangat wajib dilakukan. Hal ini dilakukan agar kamu bisa mengetahui apakah ada jadwal keberangkatan kereta api Indonesia ( KAI )?

Selain itu, masih adakah kursi yang kosong atau tidak? Di hari, dimana kamu akan memulai perjalanan wisata tersebut. Jika ada kamu bisa langsung melakukan booking tiket. Namun, bila tidak ada tiket yang tersisa, kamu bisa beralih ke moda transportasi lain atau menyusun ulang rencana perjalanan wisata milikmu.

Akan tetapi, bagaimana sih cara untuk mengecek jadwal kereta api Indonesia? Apakah cara pengecekan tersebut, tergolong mudah? Atau malah sebaliknya? Lalu, ada berapa cara untuk mengecek jadwal kereta api? Dari berbagai cara manakah yang lebih direkomendasikan? Untuk menjawab seluruh pertanyaan tersebut, mari simak beberapa penjelasan berikut ini.

Baca Juga : Pembatalan Tiket Kereta Api

Cara Mengecek Jadwal Kereta Api Indonesia

Sebenarnya ada dua cara utama yang dapat digunakan untuk mengecek jadwal kereta api Indonesia. Cara-cara tersebut, meliputi :

1. Mengecek Jadwal Kereta Api via Offline

Cara mengecek jadwal kai via offline, tentunya dengan langsung datang ke stasiun kereta api. Kamu bisa ke bagian informasi maupun ke loket pembelian tiket secara langsung. Di sini, kamu dapat menanyakan tentang jadwal-jadwal pengoperasian kereta api. Tentunya hal ini akan sangat merepotkan. Terutama bagi kamu yang tidak memiliki banyak waktu luang.

2. Mengecek Jadwal Kereta Api via Online

Kebalikan dari mengecek jadwal KAI via offline, dengan mengecek jadwal KAI via online kamu tak perlu bersusah payah datang ke stasiun secara langsung. Kamu bisa mengecek jadwal hanya dengan menggunakan smartphone kesayanganmu. Kamu cukup menginstal salah satu aplikasi booking tiket online. Seperti halnya traveloka. Di sini kamu bisa dengan mudah mengecek jadwal tanpa perlu ribet.

Dari kedua cara di atas, tentu keduanya memiliki keunggulan serta kekurangannya masing-masing. Namun, di era globalisasi yang diiringi dengan perkembangan teknologi yang semakin meningkat tajam maka cara mengecek jadwal kereta api yang paling direkomendasikan adalah via online. Sebab ada banyak keunggulan yang bisa kamu peroleh dari cara tersebut.

Penasaran dengan keunggulan dari pengecekan jadwal KAI via online?

Mari, simak beberapa keunggulan mengecek jadwal KAI via online, khususnya melalui aplikasi traveloka yang terdiri dari :

Cara Pengecekan Mudah dan Cepat

Melakukan pengecekan jadwal KAI via online dinilai lebih mudah dan cepat dibandingkan pengecekan via offline. Hal ini, pastinya dikarenakan hanya dengan paket internet kamu dapat membuka aplikasi traveloka dan bisa mencari jadwal kereta secara tepat dan akurat. Tak hanya itu, dengan memasukkan stasiun keberangkatan, stasiun tujuan dan tanggal keberangkatan pada form awal maka kamu sudah bisa mengetahui seluruh jadwal perjalanan KAI pada tanggal yang kamu pilih.

Tersedia Rute Perjalanan Alternatif

Tidak semua perjalanan dengan kereta api langsung menghubungkan semua tempat dalam sekali perjalanan. Sehingga kamu harus mengecek beberapa jadwal KAI secara bersamaan. Pastinya hal ini akan membuat kamu kebingungan.

Namun, kamu tak perlu khawatir. Dengan aplikasi traveloka kamu dapat mengecek jadwal KAI secara bersamaan tanpa pusing. Hal ini, dikarenakan di dalam aplikasi traveloka tersedia rute perjalanan alternatif yang dapat mempermudah dalam menemukan jadwal dan rute perjalanan terbaik. Misalnya tidak ada rute langsung dari Semarang ke Yogyakarta, maka kamu akan disarankan dengan jadwal Semarang – Solo yang dilanjutkan perjalanan Solo – Yogyakarta. Selain saran, kamu juga akan diperlihatkan jadwal dari kedua rute tersebut.

Hemat Tenaga, Waktu dan Biaya

Pengecekan jadwal KAI via online juga sangan efektif dan efisien. Sebab dengan mengecek jadwal via online kamu tidak perlu datang ke stasiun lagi. Bahkan kamu bisa mengecek jadwal KAI kapanpun dan dimanapun kamu berada. Tentunya, hal ini akan sangat mempermudah kamu. Kamu juga bisa lebih menghemat tenaga, waktu dan biaya yang harus dikeluarkan.

Leave a Reply

Follow Me on Instagram