Life Style

5 Kelebihan Menggunakan Kompor Induksi

Perkembangan teknologi yang masif di dunia saat ini untuk membuat hidup yang lebih mudah, menyebabkan teknologi diaplikasikan hampir di seluruh segmen aktivitas sehari-hari manusia. Misalnya dalam kebutuhan memasak, yakni teknologi kompor induksi (electric stove).

Pertama kali diperkenalkan di Chicago, AS pada 1933, kompor induksi kini menjadi salah satu teknologi memasak yang banyak digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia, tidak terkecuali negara kita, Indonesia.

Popularitasnya dikarenakan kemampuannya yang dapat mempercepat proses memasak atau memanaskan dibanding kompor-kompor konvensional yang menggunakan gas hanya dengan menggunakan listrik.

Di Indonesia, pemasaran produk-produk kompor induksi sudah dapat ditemukan di seluruh toko-toko elektronik dan department store menengah dan besar hingga toko-toko berbasis platform online. Bahkan, arena popularitas alat memasak ini, beberapa hotel atau sewa apartemen harian untuk kebutuhan akomodasi pun kini banyak yang menyediakan kompor induksi untuk para penghuninya.

Meskipun dari sisi harga kompor induksi terlihat lebih mahal dibanding kompor-kompor konvensional dengan gas. Namun harga tersebut sudah lebih murah dibanding dengan zaman dahulu, karena produksinya yang sangat masif di zaman sekarang.

Bagi kalian yang tidak mengetahui kelebihan dari kompor induksi sebagai teknologi memasak ‘zaman now’ yang populer, berikut adalah sejumlah kelebihannya.

Cepat dan Presisi
Untuk memasak, kompor induksi dapat bekerja secara cepat dan presisi. Cepat dalam artian hanya membutuhkan waktu yang tidak terlalu lama untuk memanaskan masakan dari mode pemanasan yang ditawarkan. Presisi dalam hal ini dijelaskan dari kemampuan perangkat untuk mengatur tingkat panas yang dihasilkan. Dari aspek presisinya, kompor induksi dapat sangat membantu bagi Anda yang suka memasak hidangan yang menuntut suhu yang konsisten.

Mudah Dibersihkan
Berbeda dari kompor gas konvensional yang memiliki celah-celah untuk menaruh panci Anda di bagian permukaan atasnya, kompor induksi hanya memiliki satu bagian dengan permukaan datar. Tidak perlu sulit memastikan hilangnya lemak dan tumpahan dari aktivitas memasak Anda, karena pada permukaan datar tersebut semuanya akan sangat terlihat.

Tidak Membuat Suhu Dapur Panas
Api yang dimunculkan pada kompor konvensional ketika berada dalam tingkat pembakaran tertinggi sering kali memunculkan panas yang berlebihan tidak hanya di panci Anda, namun juga pada area dapur . Kondisi seperti ini seringkali membuat aktivitas memasak jadi tidak nyaman. Tidak seperti kompor konvensional yang ikut memanaskan suhu ruangan, reaksi elektromagnetik pada kompor induksi pada saat bekerja memanaskan, hanya terbatas memanaskan pancinya. Panci-panci Anda pun tidak akan terlalu gosong

Penggunaan Tergolong Aman

Menggunakan kompor induksi tentu akan menghilangkan kasus ketidaksengajaan meninggalkan kompor dalam kondisi menyala. Hal tersebut dikarenakan kompor induksi hanya dapat mengeluarkan panas saat panci diletakkan diatasnya dan akan segera mati secara otomatis segera setelah Anda mengangkat panci tersebut.
Penggunaan yang tergolong aman dari kompor induksi juga selain menjauhkan dari bahaya ‘kompor meleduk’ , kompor induksi tergolong sangat ramah dan aman dari jangkauan anak-anak.

Leave a Reply

Follow Me on Instagram