Traveling

Nikmati Liburanmu Di Tempat Wisata Pangandaran Dengan Melakukan 7 Aktivitas Ini

Pangandaran, sebuah kota di ujung selatan Jawa Barat yang mempunyai banyak sekali keindahan alam yang makin lama makin mempesona.

Daerah yang saat ini sudah memisahkan diri dari Kabupaten Ciamis ini, sedang gencar-gencarnya mempercantik tempat wisata pangandaran agar semakin menarik hati para wisatawan, baik wisatawan lokal maupun wisatwan mancanegara.

Sudah 2 bulan terakhir ini tempat kerjaku mengadakan pelatihan di pangandaran, sehingga aku hafal dengan progess pembangunan disana. Bagian tepi pantai sedang dalam tahap pembangunan, yang katanya desainnya nanti akan seperti di Hawaii.

Aku belum terbayang nanti akan menjadi seperti apa cantiknya pangandaran setelah pembangunan, tapi yang pasti aku suka sekali dengan pangandaran, gak pernah bosan deh pokoknya main ke pangandaran.

Selain wisata pantainya pangandaran juga memiliki beberapa tempat wisata lain yang wajib buat dikunjungi, seperti Grand Canyon, Citumang, Jojogan, Batu Hiu, Batu karas dan juga masih banyak tempat indah lainnya.

Bagi yang tidak punya banyak waktu dan hanya bisa mengunjungi daerah pantai utama pangandaran, banyak juga kok aktivitas yang bisa kita lakukan di area pantai.

Misal teman-teman masih bingung mau ngapain aja kalau udah sampai di pangandaran, nih aku kasih rekomendasi hal apa aja yang bisa kita lakukan untuk menghabiskan liburan di tempat wisata pangandaran.

Baca Juga : Wisata Pantai Anyer Banten

7 Aktivitas Yang Bisa Dilakukan Di Tempat Wisata Pangandaran

1. Melihat Sunrise di Pantai Timur

Melihat matahari terbit biasanya menjadi salah satu moment yang ditunggu-tunggu saat main ke pantai, nah kita bisa melihat momen matahari pagi ini di bagian pantai timur sambil menikmati perahu-perahu nelayan yang belum lama tertambat setelah usai melaut.

2. Bermain Pasir dan Menangkap Klomang di Pantai Pasir Putih

Kali terakhir aku ke pangandaran kemarin, benar-benar happy banget, soalnya aku beru pertama kali menikmati pantai pasir putih di pagi hari.

Sekitar jam 06.30 WIB aku dan beberapa teman menyebrang menggunakan perahu, dan bisa menikmati keindahan pantai pasir putih yang masih dalam keadaan surut.

Sambil menyusuri pantai kita nyari klomang dan aku merasa amzing banget menemukan banyak sekali jenis hewan laut yang muncul diantara terumbu karang.

Ada klomang kecil, ulat laut, cacing laut, ikah hias, dan banyak jenis rumput laut yang bisa kita lihat.

3. Berkeliling Pantai Menggunakan ATV, Kuda, atau Motor Mini

Untuk berkeliling pantai kita bisa menggunakan beberapa kendaraan sewaan yang banyak disediakan di tepi pantai. Ada ATV, Motor Mini atau jika ingin lebih bersantai bisa menunggang kuda sebagai tunggangan mberkeliling pantai.

4. Berenang di Area Pantai Barat

Saat main ke pantai rasanya gak afdhol kalau gak main air laut ya teman, tetapi tidak semua bagian pantai pangandaran diperbolehkan untuk berenang, area dengan ombak besar pastinya tidak boleh untuk berenang.

Area yang aman untuk berenang adalah pantai barat pangandaran, disana ombaknya cukup aman untuk dipakai berenang.

5. Menikmati Taman Laut Dengan Perahu

Jika tidak mau berenang bisa juga loh melihat-lihat taman laut dengan menggunakan perahu, lalu nanti diantar sampai ke pantai pasir putih. Harga naik perahu perorang 25 ribu rupiah, pulangnya bisa minta di jemput atau kita bisa pulang jalan kaki melalui cagar alam.

6. Wisata Alam dan Wisata Sejarah di Cagar Alam Pangandaran

Pantai pangandaran juga memiliki wisata sejarah yang wajib untuk dikunjungi, yaitu kawasan cagar alam.
Selain untuk penangkaran rusa, banteng dan kera, kawasan cagar akam ini punya beberapa situs sejarah yang tidak kalah penting untuk dijelajahi.
Ada situs batu kalde, gua jepang, gua rengganis, dan juga beberapa gua lainya.

tempat wisata pangandaran

Situs Batu Kalde

7. Menikmati Sunset di Pantai Barat Pangandaran

Rasanya hampir semua orang menunggu moment syahdu ini, saat matahari mulai kembali keperaduannya. Melihat sunset di tepi pantai juga salah satu favorite aku, ditambah lagi di pantai barat pangandaran suka ada pemandangan menakjubkan lainnya, yaitu rusa-rusa yang juga ikut menikmati indhnya senja di tepi pantai.

pantai pangandaran

Buat teman-teman yang berasal dari luar kota, apabila ingin lebih tenang bisa menggunakan sewa mobil saat berkunjung ke pantai pangandaran. Salah satu alternatif yang bisa digunakan adalah sewa mobil di situsĀ https://www.trac.astra.co.id/ , untuk pilihan kendaraan tidak perlu khawatir, karena tersedia banyak pilihan yang bisa kita pilih.

Nah jadi kapan nih kalian mau ke pantai pangandaran bareng aku ?

Leave a Reply

Follow Me on Instagram