Traveling

Anyer, Pantai Impian Di Ujung Barat Pulau Jawa

Banten, sebuah kota di ujung barat pulau jawa yang menyimpan banyak pesona alam didalamnya. Sebelumnya aku tidak pernah berpikir bisa menjelajah di kota ini, bahkan hampir sebulan sekali main ke daerah serah, Banten.

Cerita singkat aku bisa nyasar ke Banten adalah karena kakak bekerja di daerah serang, jadi dulu saat aku libur kuliah mainlah kesana. Setelah keponakan pertamaku lahir aku lebih sering main kesana, buat main-main sama baby tatha, dan dari situlah mulai penasaran untuk mengexplore kota banten lebih banyak lagi.

Karena gak mau jalan-jalan sendiri akhirnya aku mengajak teman kuliah buat backpackeran untuk menjelajah pantai di kota banten. Tujuan kami adalah pantai Anyer, salah satu pantai yang terkenal dengan keindahan alamnya.

Sumber: Travelmurah.com

Ini dia ceritaku saat pertama kali main ke pantai anyer banten. Dengan bermodalkan menaiki angkutan umum jurusan merak dari terminal bekasi aku bertiga bersama teman akhirnya memulai petualangan ala-ala anak kampus yg seadanya.

Dengan informasi dari kondektur bus kamipun berganti kendaraan dengan angkot berwarna ungu di terminal bayangan, disebut terminal bayangan karena ini hanya untuk ngetem angkot-angkot lokal saja. Sampai di daerah Cilegon kamipun berganti angkot berwarna silver, tidak sulit menemukan angkot ini, karena ada tempat khusus untuk mereka ngetem menunggu penumpang.

Setelah sekitar 2 jam perjalanan aku kira, akan segera sampai di kawasan pantai, ternyata tidak semudah itu kawan. Kami masih harus melewati jalanan berbatu di kawasan industri Krakatau Steel yang terkenal itu.

“Yaa ampun ini beneran ujung banget kali ya pantainya, kok gak nyampe-nyampe sih” batinku.
Dan finally setelah hampir 4 jam perjalanan akhirnya kami melihat pemandangan biru nan luas, disertai semilir angin yang sejuk.

“Sudah sampai neng” ucap pak supir sambil memarkirkan angkot silver di pinggir jalan.
Aku dan kedua temanku lekas beranjak turun dengan hati-hati dari angkot, kepala rasanya masih oleng dan belum kumpul benar nyawanya.

Tapi euforia kebahagiaan karna akhirnya bisa melihat pantai anyer mengalahkan rasa lelah dan oleng selama di perjalanan tadi.

Saat kami ke sana adalah di hari biasa bukan akhir pekan sehinga tidak terlalu ramai oleh pengunjung. Kami bisa lebih leluasa untuk mengeksplore kawasan pantai anyer ini.

Baca Juga : Pantai di Belitung

5 Aktivitas Yang Bisa Kita Lakukan Saat Liburan Di Pantai Anyer

Sebenarnya banyak banget yang bisa kita lakukan saat berwisata ke pantai anyer, tapi karna waktu yang terbatas aku pilih saja beberapa aktivitas yang paling seru saat berwisata di pantai anyer ya.

1. Menikmati Indahnya Pasir Putih Anyer

Pantai anyer terkenal dengan pasir putihnya yang indah, kita bisa jalan-jalan santai di tepi pantai sambil menikmati semilir angin dan deburan ombak. Saat matahari tebenam adalah momen favorite yang paling ditunggu-tunggu, kita bisa duduk manis di tepi pantai sambil menunggu matahari kembali ke peraduannya.

2. Berenang di Tepi Pantai

Saat main kepantai rasanya tidak lengkap kalau kita tidak berenang atau main air di tepi pantai. Aku dan teman-teman pun tidak menyia-nyiakan waktu untuk segera nyebur ke air, gak basah gak afdol.

3. Menikmati Wahana Air Di Pantai Anyer

Untuk yang suka aktivitas yang memacu adrenalin, kita bisa coba wahana Banana Boat atau jetsky. Menikmati sensasi nyebur di laut dengan cara dihempaskan dari banana boat. Aku sebenarnya sudah kapok main banana boat, tapi karna teman-teman mau naik banana boat akhirnya oke, aku ikut. Dengan membayar seharga Rp. 30000 kita sudah bisa menikmati sensasi di lempar dari banana boat di tengah laut.

Sumber : Tempastwisataseru.co.id

4. Menikmati Hidangan Seafood Di Tepi Laut

Main ke laut belum lengkap dong kalau belum menikmati hidangan kuliner khas laut, yaitu seafood. Duh favorite banget nih seafood ini, sayang banget aku punya alergi sama seafood jadi ya cuma bisa nyobain seafood sedikit saja.

Tapi yakin deh ini surga banget makan seafood yang fresh di tepi laut.

Baca Juga :  Pantai di Banyuwangi

5. Menikmati Pemandangan dari Mercusuar Anyer

Salah satu tempat yang jadi incaran aku adalah mercusuar anyer, sayangnya waktu aku kesana gak bisa berkunjung ke mercusuar karna terbatas waktu. Iya saat itu aku gak bisa nginep, karna harus pulang hari.

Padahal di anyer ini banyak sekali menyediakan penginapan dan villa yang bisa kita pesan jauh-jauh hari di https://www.traveloka.com/accommodation/villa/indonesia/area/anyer-100284, jadi gak kita gak perlu kesulitan saat mencari tempat menginap.

Aku jadi kangen pantai anyer, semoga bisa main lagi ke anyer dan menikmati keindahan pantai anyer dengan waktu yang lebih luang.

3 Comments

  1. Bang Dzul 27 Juli 2019
  2. Joe Candra 29 Juli 2019
  3. Barracuda 1 Agustus 2019

Leave a Reply

Follow Me on Instagram