Life Style

Langkah Kecil Untuk Menghentikan Pembajakan Film

Berapapun cerita menarik film bioskop terbaru yang dibuat oleh anak bangsa tidak akan membuat industri perfilman tanah air maju jika masih ada pembajakan. Sayangnya upaya-upaya yang selama ini dilakukan sulit untuk menghentikan kegiaan pembajakan tersebut.

Salah satu upaya paling sering yang dilakukan sekarang ini adalah dengan membuat undang-undang anti pembajakan, tidak hanya untuk film tapi juga industri seni lainnya seperti lagu. Akan tetapi, apakah upaya ini 100% bisa menghilangkan pembajakan? Sangat diragukan. Karena dalam pelaksanaannya nanti cukup sulit.

Gambarannya seperti ini. Dulu, mudah sekali untuk menghentikan peredaran film bajakan. Pasalnya, dulu film bajakan diperjualbelikan melalui CD. Produsen dan juga penjual CD bajakan ditangkap saja. Masalah selesai.
Akan tetapi, eranya sudah berubah. Orang tidak lagi membeli CD bajakan tapi mendownload.

Jika ada orang yang mengatakan pembajakan semakin berkurang lantaran semakin sedikit penjual CD bajakan, itu salah besar. Karena sekarang ini era digital. Mereka tidak perlu membeli CD bajakan tapi bisa download sendiri. Kemudian film di copy ke banyak device lainnya.

Lalu, apa yang harusnya dilakukan? Langkah kecil tapi harus dilakukan secara masif. Yaitu mengedukasi generasi muda. Silakan saja mereka yang sudah tua menonton film bajakan ata download film ilegal. Tapi, yang harus dilakukan adalah membentengi anak-anak muda agar tidak melakukan hal tersebut.

Bagaimana caranya? Dengan membuat bioskop di setiap kota. Anak-anak muda punya lifestyle sendiri. Meskipun mereka tinggal di kota kecil, mereka punya gaya hidup layaknya anak muda di kota besar. Mereka suka hangout di kafe, main di mall, dan nonton bioskop. Dan dengan membuatkan bioskop di setiap kota, maka semakin banyak anak muda yang tidak lagi berpikir nonton film bajakan.

Tentu tidak hanya itu saja. Hal lain yang perlu juga untuk dilakukan adalah memberikan edukasi kepada anak-anak yang masih kecil. Orang tua yang usianya baru 25-40 tahun yang sadar pentingnya memberikan penghargaan kepada sebuah karya seni harus memberikan edukasi kepada anak-anak mereka.

Salah satunya dengan mengajarkan mereka untuk menonton film di bioskop, bukan membelikan CD bajakan yang sering dilakukan oleh orang-orang tua zaman dahulu. Langkah kecil ini benar-benar akan memotong rantai kebiasaan menonton film bajakan yang selama ini susah untuk dihentikan.

Jadi, bukan kebijakan atau undang-undang yang bisa menghentikan hal buruk ini melainkan langkah kecil yang perlu dilakukan secara masif. Dan tujuan besar menghentikan penyebaran film bajakan semakin tercapai ketika langkah kecil tersebut sudah dibarengi dengan semakin banyaknya film bioskop terbaru karya anak bangsa yang semakin berkualitas di situs www.lazone.id.

Leave a Reply

Follow Me on Instagram