Life Style

Investasi Sekaligus Tolong-Menolong Sesama Bersama Mismart Insurance Solution Syariah Dari Manulife Indonesia

Adakah yang sudah merasa bosan dengan kondisi pandemi ini ? Atau malah sebagian dari kita sudah terbiasa dengan kondisi pandemi ini?

Hmm.. aku pribadi sih merasa dua-duanya, bosan sih, tapi mau bagaimana lagi dibuat enjoy aja.

Saat ini aktivitas sehari-hariku adalah sebagai pegawai di pemerintahan desa tempat daerahku tinggal.

Salah satu profesi yang dulu tidak sama sekali dilirik oleh masyarakat karena income nya yang dibawah rata-rata.

Tapi saat ini alhamdulillah sudah ada peningkatan masalah pendapatan, meskipun masih jauh dari kata sejahtera, jika dibandingkan dengan instansi pemerintahan lainnya.

Tapi lagi-lagi kalau bicara masalah income, tidak akan ada habisnya, pasti akan terus merasa kurang. Ya ya ya.. Rumput tetangga pasti akan lebih hijau kelihatannya.

Sebenarnya cita-cita aku adalah sejahtera di masa muda dan hidup nyaman di masa tua, ahh itu sih semua orang pasti mau Mud.

Tapi tidak semua orang punya cara atau tahu cara yang tepat untuk mewujudkan itu semua.
Banyak yang dimasa mudanya jaya, akan tetapi tidak memanage hari tuanya dengan baik, dan kemudian akhirnya terjebak di circle Sandwich Generation.

Apa itu Sandwich Generation? Ini adalah istilah yang digunakan untuk generasi muda yang harus menghidupi orang tua atau keluarga lainnya. Jadi selain menanggung biaya hidupnya sendiri, ia harus menanggung beban hidup keluarga lainnya.

Ini biasanya terjadi di negara berkembang, dan terlebih karena kurangnya perencanaan keuangan dari generasi sebelumnya.

Aduh jangan sampai deh kita termasuk pada sandwich generation. Dari sekarang harus atur perencanaan keuangan, mumpung masih usia produktif jadi masih bisa berusaha menghasilkan pundi-pundi rupiah.

Ini adalah beberapa cara pengaturan keuangan yang aku coba untuk mengatur keuangan masa kini dan masa depan :
1. Mencatat pendapatan dan pengeluaran rutin

Tujuannya adalah untuk mengetahui pola gaya hidup. Dengan adanya catatan seperti ini, aku bisa mengetahui kebutuhan pokok apa saja yang harus dipenuhi setiap bulannya, dan kebutuhan mana saja yang bisa disisihkan terlebih dahulu.

2. Membuat Rencana Pengeluaran Untuk Bulan Depan

Setelah mengetahui kebutuhan apa saja yang diperlukan, aku membuat RAB atau Rencana Anggaran Belanja untuk bulan selanjutnya, agar tidak terlalu menyimpang dari kebutuhan pokok.

3. Sisihkan Pendapatan Untuk Dana Tabungan

Tidak bisa dipungkiri menyisihkan dana untuk tabungan adalah salah satu hal yang cukup mudah diucapkan tapi sulit untuk direalisasikan. Godaan diskonan dan Flash sale akan selalu merongrong setiap bulannya. Makanya dana untuk tabungan harus disisihkan terlebih dahulu.

4. Menyiapkan Dana Proteksi

Tadi aku sempat bilang menabung adalah salah satu hal yang mudah diucapkan tapi sulit untuk direalisasikan. Dan ada yang lebih sulit lagi untuk dilakukan, yaitu menyiapkan dana proteksi.
Memang sih proteksi ini sifatnya tidak instan, karena bisa kita nikmati di masa depan atau saat kita terkena musibah, tergantung proteksi mana yang kita pilih.

Tapi percayalah, percaya atau tidak kita pasti akan sangat membutuhkan proteksi diri.

Kenalan dengan Mismart Insurance Solution Syariah Dari Manulife Insurance

Pada tanggal 18 Desember 2020 kemarin aku berkesempatan mengikuti webinar bersama manulife insurance tentang produk asuransi syariah manulife, yaitu Mismart Insurance Solution Syariah atau disingkat MiSSion Syariah.

Berawal dari kepedulian Manulife Indonesia untuk memprioritaskan karyawan, pelanggan, dan komunitas pada tahun 2020. Hal tersebut didasari hasil survei terbaru Manulife yang melibatkan nasabah asuransi di Indonesia selama masa pandemi.

Di indonesia ini terdapat 120 juta penduduk usia produktif, namun hanya 3,3 juta atau 5,34% yang memiliki program pensiun. Dan juga Indonesia memiliki penduduk muslim terbesar di dunia ada potensi besar yang dimanfaatkan salah satunya asuransi, sayangnya baru 1% orang memiliki asuransi syariah.

Alasan kenapa disarankan memilih asuransi syariah:
1.Sesuai prinsip syariah
2. Sesuai Manfaat Dana Tabarru’ yaitu tolong menolong
3. Adil
4. Transparan

Jadi apa sih Mission Syariah itu?

MiSSION Syariah adalah solusi 3in1 yang mengedepankan prinsip syariah sekaligus menyediakan perlindungan jiwa dan investasi, dimana dengan perlindungan kesehatan sebagai asuransi tambahan

MiSmart Insurance Solution (MISSION) Syariah sendiri menyasar berbagai kalangan nasabah, terutama para milenial, yg membutuhkan produk inovatif utk perlindungan jiwa dan kesehatan yang sesuai dengan prinsip-prinsip syariah.

Keunggulan Mismart Insurance Solution Syariah Dari Manulife Indonesia

1. Kontribusi terjangkau, karena premi asuransinya dimulai dari harga 300 ribuan perbulan
2. Santunan asuransi dan alokasi investasi optimal berbasis syariah
3. Manfaat loyalitas dengan total 750%, loyalitas ini akan dibayarkan pada akhir tahun ke-10 dan akhir tahun ke-25
4. Memiliki beragam asuransi kesehatan sebagai asuransi tambahan
5. Mempunyai prinsip tolong-menolong

Nah keunggulan lain dari Solusi 3in1 Mission Syariah Manulife adalah juga menghadirkan Asuransi Kesehatan Sebagai Asuransi Tambahan, yaitu:

– MiSmart Health Care Syariah
– MiSmart Critical Care Syariah
– MiSmart Waifer Syariah

Jadi Kapan waktu terbaik untuk memulai asuransi ?

” Tidak ada waktu yang tepat untuk memulai investasi selain kemarin, tapi kalau kemarin sudah lewat, waktu terbaik ya hari ini”

Jika sudah tahu waktu terbaik untuk memulai investasi dan solusi proteksi diri, yuk segera pilih asuransi mana yang cocok dengan kondisi kita. Sesuaikan juga dengan kebutuhan dan kemampuan teman-teman ya, agar pembayaran premi setiap bulannya selalu lancar.

Leave a Reply

Follow Me on Instagram