Beauty Talks Life Style Skin Care

6 Hal Sepele Ini ternyata Bisa Jadi Penyebab Wajah Tampak Kusam, Lho!

Mungkin kamu pernah merasa bingung kalau dalam keseharian rutin membersihkan wajah dan pakai pelembab, namun kulit wajah tetap terlihat kusam. Sebetulnya, bukan cuma menggunakan skin care saja untuk mengatasi kulit wajah yang kusam. Tapi, kamu juga perlu mengubah kebiasaan yang dapat menyebabkan wajah jadi kusam. Masih banyak orang yang gak menyadari jika kebiasaan tertentu dapat membuat kulit tampak kusam. Lantas, kebiasaan seperti apa saja yang menyebabkan kulit jadi kusam, ya? Simak ulasannya di bawah ini yuk!

1. Wajah Sering Terpapar Polusi dan Sinar Matahari


Sumber: pinterest.com

Saat beraktivitas outdoor, kamu tentu tidak dapat menghindari paparan polusi dan sinar matahari. Sebenarnya, wajah yang terkena paparan polusi dan sinar matahari menjadi faktor kulit wajah tampak kusam. Belum lagi kalau kamu tidak memakai sun protection, bukan cuma wajah saja yang jadi kusam, tapi juga bikin kulit wajah jadi gelap. So, sebisa mungkin gunakanlah sun protection saat memakai make up sehari-hari.

2. Kurangnya Nutrisi pada Tubuh


Sumber: halodoc.com

Ternyata tubuh yang kurang bernutrisi bisa membuat kulit wajah jadi terlihat kusam, lho. Untuk itu, penting sekali untuk mencukupi asupan nutrisi yang baik pada tubuh. Kamu bisa mengkonsumsi sayuran dan buah-buah yang kaya akan zat antioksidan untuk mendapatkan nutrisi yang baik buat tubuh. Tak hanya itu, kamu juga perlu membatasi konsumsi makanan gorengan dan garam.

3. Waktu Tidur yang Kurang


Sumber: pinterest.com

Aktivitas yang padat terkadang bikin waktu tidur jadi berkurang. Padahal, waktu tidur bisa mempengaruhi kecantikan kulit wajah kamu. Jika tubuh kurang beristirahat, maka regenerasi sel kulit bisa terhambat sehingga bikin wajah jadi tampak kusam. Biasakanlah untuk tidur malam 7 sampai 8 jam sehari. Selain itu, tinggalkan kebiasaan begadang yang bikin waktu tidur kamu berkurang, entah itu main game di HP Realme C2, atau menonton film/drama hingga larut malam.

4. Penggunaan Produk Skincare yang Tidak Tepat

Untuk memiliki wajah yang sehat dan cerah, pilihlah produk skincare yang tepat dan khusus buat kulit kusam. Produk tersebut biasanya memiliki kandungan vitamin C atau acid yang bisa menjaga kecerahan kulit wajah. Jika kamu menggunakan produk skincare yang gak sesuai dengan jenis kulit wajah kamu, maka masalah wajah kusam maupun jerawat bisa saja timbul. Untuk itu, sebelum beli produk skincare, cari tahu dulu tentang produk buat kulit kusam di internet lewat gadget Samsung A10 milikmu. Sehingga kamu pun bisa mendapatkan produk skincare yang tepat untuk wajah kamu.

5. Jarang Mengeksfoliasi Wajah

Menumpuknya sel-sel kulit mati di wajah bisa menjadi salah satu penyebab wajah jadi kusam. Untuk mengatasi masalah ini, lakukanlah eksfoliasi wajah karena itu bisa membantu mengangkat sel kulit mati. Jika kamu tidak pernah melakukan eksfoliasi wajah, sel kulit mati di wajah kamu pun bakal semakin menumpuk dan membuat wajah jadi tampak kusam. Oleh karena itu, jangan malas buat mengeksfoliasi wajah , seperti saat setelah menggunakan makeup flawless untuk kulit sawo matang agar kulit wajah kamu sehat dan terawat ya, geng!

6. Sering Merasa Stres


Sumber: pinterest.com

Bukan cuma pengaruh dari luar saja, kulit kusam juga bisa disebabkan karena pengaruhi dalam diri kamu seperti stres misalnya. Stres yang berlarut-larut dapat meningkatkan hormon kortisol pada tubuh yang mempengaruhi aliran darah ke dalam kulit. Inilah yang membuat kulit jadi kusam dan membuatnya kehilangan cahaya alami kulit wajah.

Jadi, sudah tahu kan apa saja kebiasaan yang bikin wajah jadi tampak kusam? Yuk, segera hindari kebiasaan tersebut untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat dan cerah.

Leave a Reply

Follow Me on Instagram