Life Style

PrimaKu, Aplikasi Tumbuh Kembang Anak, Sahabat Para Ibu

Sebagai new mom, aku tuh sering banget ngerasa khawatir sama tumbuh kembang Zi. Apalagi katanya 1000 hari pertama kehidupan seorang anak merupakan periode sangat penting dalam pertumbuhan dan perkembangan anak. Aku selalu dipenuhi rasa khawatir terhadap tumbuh kembang Zi. Aku kepikiran, berat badan Zi sudah proposional untuk anak seusianya belum ya? Terus perkembangan lainnya gimana?

Apalagi aku juga bekerja. Jadi tambah kepikiran takutnya aku kurang bisa memberikan waktu yang cukup buat Zi, kurang memperhatikan perkembangannya.

Jujur, kadang aku sampai panik dan merasa “Gini banget ya jadi ibu teh.” Orang lain merasakan yang sama juga enggak sih? Ada solusi enggak agar rasa khawatir aku bisa berkurang.

Alhamdulillah kekhawatiran aku sedikit berkurang setelah tahu kalau sekarang ada aplikasi PrimaKu, aplikasi tumbuh kembang anak yang bikin para ibu bisa bernapas sedikit lega. Tadi malam aku mengikuti webinar dengan tema Monitor Tumbuh Kembang Anak Bersama PrimaKu.

Mata aku tuh rasanya berbinar terang, senang banget aku jadi terbantu untuk bisa memotir tumbuh kembang Zi cuma melalui aplikasi di smarthphone. Praktis dan jadi bisa dilakukan dimana saja, kapan saja.

Webinar tadi malam menghadirkan dr. Miza Dito Afrizal, Sp.A, BmedSci, M.Kes , Dokter Spesialis Kesehatan Anak, serta Tania Ray Mina, seorang Moms Influencer. Biasanya kalau malam aku tidur cepat, tapi demi bisa menjadi ibu yang lebih baik lagi Buat Zi, aku bertahan melawan rasa kantuk dan mengikuti webinar sampai selesai. Lagipula, akhirnya rasa kantuknya hilang karena jadi semangat mengikuti materi.

PrimaKu, Aplikasi Tumbuh Kembang Anak, Sahabat Para Ibu

Sudah pada tahu belum tentang aplikasi PrimaKu? Aplikasi PrimaKu merupakan aplikasi digital yang didukung oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) sebagai upaya untuk membangun anak sehat Indonesia. Dengan adanya pplikasi PrimaKu orang tua di Indonesia jadi mudah dalam memantau tumbuh kembang anak sejak dini secara berkala dan berkelanjutan.

Berkat aplikasi PrimaKu ini aku jadi terbantu banget dalam memantau tumbuh kembang Zi. Kekhawatiran aku pun perlahan mulai berkurang. Senang banget deh. Gimana enggak merasa terbantu juga, PrimaKu memiliki 5 fitur unggulan yang memudahkan para orang tua baru dalam memantau tumbuh kembang anak. Penasaran 5 fitur itu apa saja? Aku review satu-persatu ya fitur yang ditawarkan melalui aplikasi PrimaKu.

1. Grafik Pertumbuhan dan Perkembangan Anak

Melalui fitur ini kita, selaku orang tua diminta memasukkan data tentang berat badan, tinggi badan, dan lingkar kepala. Tujuannya untuk mengetahui apakah ketika data tersebut sesuai atau dengan dengan usia serta jenis kelamin anak.

Data pertumbuhan ini akan terangkum menjadi satu grafik yang sangat mudah dipahami kita, selaku orang tua. Terkait perkembangan, orangtua dapat memonitor perkembangan anak dari segi motoric dan sensoric yang dilengkapi dengan kuesioner dan informasi singkat terkait rekomendasi stimulasi berdasarkan kelompok usia anak.

2. Imunisasi

Di aplikasi PrimaKu ini juga terdapat jadwal imunisasi IDAI 2020 yang disertai reminder. Jadi enggak ada kata lupa untuk jadwal imunisasi karena sudah diingatkan agar bisa tepat waktu. Tahu sendiri, kadang jauh-jauh hari ingat, tapi karena kepadatan aktivitas sehari-hari justru jelang hari H-nya malah lupa.

3. Konsultasi

Ini merupakan fitur terbaru dari PrimaKu. PrimaKu berusaha menjembatani pantauan perkembangan anak dari dua sisi: Orang tua dan dokter. Berkat ftur Konsultasi ini, aku jadi bisa berkonsultasi dengan dokter melalui chat, call, hingga video call dengan dokter anak. Mengingat lokasi rumah aku yang agak jauh dari dokter anak, sekarang semakin tenang deh. Kalau ada apa-apa aku bisa leluasa melakukan konsultasi dengan dokter secara online terlebih dahulu melalui aplikasi PrimaKu.

4. Komunitas

Di awal-awal aku menjadi ibu, aku tuh sering bingung sendiri. Belum adanya pengalaman sebagai ibu, dan bingung harus bercerita kemana. Untungnya di aplikasi PrimaKu ini juga ada fitur komunitas. Aku bisa menambah teman dan berbagi pengalaman dalam membesarkan buah hati.
Selain adanya fitur Komunitas untuk tempat berbagi, ada juga Artikel seputar kesehatan anak. Lagi-lagi ini akan sangat membantu ketika aku butuh informasi. Cukup buka aplikasi PrimaKu.

5. Rekam Medis

Menurut aku, secara keseluruhan aplikasi PrimaKu ini merupakan Buku Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) terangkum dalam satu genggaman. Karena semua data pertumbuhan dan kesehatan anak tersimpan dalam aplikasi ini. Semakin praktis untuk membacanya, karena sekarang ini smartphone jadi salah satu benda yang wajib selalu dibawa bukan?

Nah itu dia 5 fitur unggulan yang ditawarkan dalam aplikasi PrimaKu. PrimaKu juga aktif melakukan edukasi untuk masyarakat melalui akun Instagram @official.primaku yang berisi seputar tumbuh kembang anak.

Buat aku yang baru beberapa bulan jadi ibu, adanya aplikasi PrimaKu ini sangat membantu. Persis seperti yang dikatakan dr. Miza, bahwa aplikasi PrimaKu telah memudahkan para orang tua dalam memantau tumbuh kembang anak. Dengan selalu memperhatikan rekam medis, melaksanakan imunisasi secara berkala, dan melakukan konsultasi apabila dibutuhkan, menurut dr. Miza anak-anak akan terhindar dari masalah kesehatan.

Ketiga hal tersebut tentunya juga harus didukung asupan bergizi, seperti ASI eksklusif pada 6 bulan awal dan bisa dilanjutkan hingga anak berusia 2 tahun, serta memberikan Makanan Pendamping ASI (MPASI) dengan komposisi nutrisi yang seimbang, dan aktivitas fisik yang sesuai dengan usianya.

Yuk Mom, segera unduh aplikasi PrimaKu melalui App Store dan Google Play. Pantau tumbuh kembang anak melalui genggaman smartphone.

One Response

  1. Tetty 21 Desember 2021

Leave a Reply

Follow Me on Instagram